Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli


Pemasaran adalah salah satu ilmu dalam mikro ekonomi, yang berkaitan bagaimana cara kita mempromosikan produk, memikirkan bauran produk dan promosi, dan mengeksekusi terjadinya penjualan produk.

secara inti, pemasaran memiliki beberapa pokok, atau biasa disebut Bauran Pemasaran, yaitu:
  • produk
  • harga
  • tempat
  • promosi
atau biasanya disebut dengan 4P.

lalu apa sih, sebenarnya yang ahli-ahli katakan tentang pemasaran? yuk simak pengertian atau definisi para ahli tentang pemasaran, kalo mau ditulis untuk skripsi atau bahan penelitian, kita sudah tuliskan sumbernya ya, yuk kita simak pengertiannya.

Definisi Pemasaran Menurut Ahli

Menurut Kotler (1987: 8) Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.

menurut William J. Stanton, (1984:7) yaitu: “Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang memuaskan keinginan dan jasa baik kepada para konsumen saat ini maupun konsumen potensial”

Menurut  Basu dan Hani (2004:4) Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

menurut Harper W (2000:4) bahwa Pemasaran adalah “Suatu proses sosial yang melibatkan kegiatan-kegiatan penting yang memungkinkan indidvidu dan perusahaan mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui pertukaran dengan pihak lain dan untuk mengembangkan hubungan pertukaran”.

menurut American Marketing Association (1960), menyatakan “Pemasaran adalah hasil prestasi kerja kegiatan usaha yang berkaitan dengan mengalirnya barang dan jasa dari produsen sampai ke konsumen”

Menurut Stanton dalam Tambajong (2013:1293), pemasaran adalah suatu sistem dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan produk yang dapat memuaskan keinginan dalam mencapai tujuan perusahaan. 

Menurut Dayle dalam Sudaryono (2016:41), pemasaran adalah proses manajemen yang berupaya memaksimumkan laba (retutns) bagi pemegang saham dengan jalan menjalin relasi dengan pelanggan utama (valued customers) dan menciptakan keunggulan kompetitif.

Menurut Melydrum dalam Sudaryono (2016:41), pemasaran adalah proses bisnis yang berusaha menyelaraskan antara sumber daya manusia, finansial dan fisik organisasi dengan kebutuhan dan keinginan para pelanggan dalam konteks strategi kompetitif. Jadi dapat disimpulkan, pemasaran.

Sumber Bacaan

Kotler, Philip, (1997), "Manajemen Jilid 2", Jakarta, Erlangga
Stanton, William J. "Fundamentals of marketing" (1984), London, McGraw-Hill
Basu Swastha Dharmmesta, T. Hani Handoko, 2004, Manajemen Pemasaran “ Analisa perilaku konsumen “. Edisi ketiga cetakan ketiga. BPFEYogyakarta, Yogyakarta 
Boyd, Harper W, dkk, (2000), Manajemen Pemasaran Jilid 1, Jakarta, Erlangga.
American Marketing Association. (1960). Committe of Definitions, 21.(Journal)
Geraldy Tambajong, 2013, Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha Di PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado, Jurnal EMBA, Vol.1 No.3 September 2013, Hal. 1291-1301
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI

Artikel Lainnya :



Related Posts

Subscribe Our Newsletter