Pemasaran adalah salah satu ilmu dalam mikro ekonomi, yang berkaitan bagaimana cara kita mempromosikan produk, memikirkan bauran produk dan promosi, dan mengeksekusi terjadinya penjualan produk.
secara inti, pemasaran memiliki beberapa pokok, atau biasa disebut Bauran Pemasaran, yaitu:
- produk
- harga
- tempat
- promosi
atau biasanya disebut dengan 4P.
lalu apa sih, sebenarnya yang ahli-ahli katakan tentang pemasaran? yuk simak pengertian atau definisi para ahli tentang pemasaran, kalo mau ditulis untuk skripsi atau bahan penelitian, kita sudah tuliskan sumbernya ya, yuk kita simak pengertiannya.
Definisi Pemasaran Menurut Ahli
Menurut Kotler (1987: 8) Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial
yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka
butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan
mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.
menurut William J. Stanton, (1984:7) yaitu: “Pemasaran
adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan
barang-barang yang memuaskan keinginan dan jasa baik kepada para
konsumen saat ini maupun konsumen potensial”
Menurut Basu dan Hani (2004:4) Pemasaran adalah sistem
keseluruhan dari kegiatan-kegiatan usaha yang ditujukan untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan
barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli
yang ada maupun pembeli potensial.
menurut Harper W (2000:4) bahwa Pemasaran adalah
“Suatu proses sosial yang melibatkan kegiatan-kegiatan penting yang
memungkinkan indidvidu dan perusahaan mendapatkan apa yang mereka
butuhkan dan inginkan melalui pertukaran dengan pihak lain dan untuk
mengembangkan hubungan pertukaran”.
menurut American Marketing Association (1960),
menyatakan “Pemasaran adalah hasil prestasi kerja kegiatan usaha yang
berkaitan dengan mengalirnya barang dan jasa dari produsen sampai ke
konsumen”
Menurut Stanton dalam Tambajong (2013:1293), pemasaran adalah
suatu sistem dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan,
menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan produk yang
dapat memuaskan keinginan dalam mencapai tujuan perusahaan.
Menurut Dayle dalam Sudaryono (2016:41), pemasaran adalah
proses manajemen yang berupaya memaksimumkan laba (retutns) bagi
pemegang saham dengan jalan menjalin relasi dengan pelanggan utama
(valued customers) dan menciptakan keunggulan kompetitif.
Menurut Melydrum dalam Sudaryono (2016:41), pemasaran adalah
proses bisnis yang berusaha menyelaraskan antara sumber daya manusia,
finansial dan fisik organisasi dengan kebutuhan dan keinginan para
pelanggan dalam konteks strategi kompetitif.
Jadi dapat disimpulkan, pemasaran.
Sumber Bacaan
Kotler, Philip, (1997), "Manajemen Jilid 2", Jakarta, Erlangga
Stanton, William J. "Fundamentals of marketing" (1984), London, McGraw-Hill
Basu Swastha Dharmmesta, T. Hani Handoko, 2004, Manajemen Pemasaran “
Analisa perilaku konsumen “. Edisi ketiga cetakan ketiga. BPFEYogyakarta, Yogyakarta
Boyd, Harper W, dkk, (2000), Manajemen Pemasaran Jilid 1, Jakarta, Erlangga.
American Marketing Association. (1960). Committe of Definitions, 21.(Journal)
Geraldy Tambajong, 2013, Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda
Motor Yamaha Di PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado, Jurnal EMBA, Vol.1
No.3 September 2013, Hal. 1291-1301
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta:
ANDI
Artikel Lainnya :
Artikel dengan Pengalaman terbaik: 15 Strategi Pemasaran Produk Untuk Meningkatkan Pendapatan Bisnis