Sumber: Pexels.com |
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran adalah salah satu bidang dalam pemasaran, yang berbicara tentang pola dan sistem agar dapat diaplikasikan dalam proses pemasaran dalam keseluruhan, jika dianalogikan strategi pemasaran adalah sebuah tool yang dapat membuat pemasaran berjalan.
melihat history terdahulu, kata strategi biasanya digunakan dalam militer, mungkin kita sering mendengar kata strategi perang, strategi bertahan, dan menyerang.
seiring berjalannya waktu, perusahaan-perusahaan semakin banyak, mengakibatkan penawaran produk semakin tinggi, namun permintaan akan produk tidak bertambah, maka muncul-lah pemasaran agar menjadi stimulus atau pendorong terjadinya permintaan akan produk.
nah, agar mendiferensiasikan sebuah maksud pemasaran, perusahaan-perusahaan tersebut menggunakan strategi pemasaran agar calon konsumen tertangkap dan menangkap maksud dari perusahaan agar terjadinya pembelian.
namun, agar strategi pemasaran dalam pandangan anda semakin komplit, kami punya definisi strategi pemasaran menurut para ahli, silahkan disimak.
Strategi Pemasaran Menurut Ahli
Menurut Muhammad Syakir sula strategi pemasaran merupakan pernyataan
(baik eksplisit maupun implisit) mengenai bagaimana suatu merek
atau lini produk mencapai tujuan.
Menurut Tull dan Keble strategi pemasaran
adalah sebagai alat yang fundamaental yang direncanakan untuk
mencapai tujuan organisasi atau lembaga dengan mengembangkan
keunggulan yang berkesinambunfan melalui pasar yang dimasuki
dan program-program pemasaran yang digunakan untuk melayani
pasar sasaran tersebut.
Menurut Kotler (2004) Strategi pemasaran terdiri dari prinsip-prinsip dasar yang mendasari
manajemen untuk mencapai tujuan bisnis dan pemasarannya dalam sebuah
pasar sasaran, strategi pemasaran mengandung keputusan dasar tentang
pemasaran, bauran pemasaran, bauran pemasaran dan alokasi pemasaran.
Menurut Fandy Tjiptono (2000 :6 ) Strategi pemasarann merupakan suatu manajemen yang disusun untuk
mempercepat pemecahan persolalan pemasaran dan membuat keputusankeputusan yang bersifat strategis.
Menurut Sofyan Assaruri Strategi pemasaran adalah rencana menyeluruh, terpadu, dan menyatu
dibidang pemasaran yang memberikan pedoman tentang kegiatan yang akan
dilakukan dalam mencapai tujuan perusahaan melalui periklanan, program promosi,
penjualan, program produk, dan pendistribusian.
Menurut Buchari Alma, strategi
pemasaran adalah memilih dan menganalisa pasar sasaran yang merupakan suatu
kelompok orang yang ingin dicapai oleh perusahaan atau usaha dan menciptakan
suatu bauran pemasaran yang cocok dan dapat memuaskan pasar sasaran tersebut.
Strategi pemasaran adalah serangkaian tujuan dan sasaran kebijakan dan
aturan yang memberi arah kepada usaha dan pemasaran perusahaan dari waktu ke
waktu, pada masing-masing tingkatan dan acuan serta lokasinya, terutama sebagai
tanggapan perusahaan yang selalu berubah.
Agar dapat dituliskan dan disalin dengan baik dalam bentuk aplikatif seperti skripsi dan penelitian akademis, kami sudah menyertakan sumber kutipan dari pengertian-pengertian di atas.
Sumber Refrensi Bacaan
Syakir, Muhammad, (2006), Syari’ah Marketing, Bandung: Mizan Pustaka.
Tjiptono, Fandy, (2000), strategi pemasaran, yogyakarta, ANDI
Assaruri, Sofyan, (2007), Manajemen Pemasaran, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.
Buchari Alma, Kewirausahawan, (Bandung: Alfabeta, 2008), Cet. Ke-12, h. 195.
Artikel Sebelumnya : Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli
Artikel Konsep Strategi Pemasaran : Strategi Pemasaran : Apa Itu Strategi Pemasaran, Konsep, dan Prakteknya
Bentuk Aplikasi Pemasaran Dalam Bisnis : 15 Strategi Pemasaran Produk Untuk Meningkatkan Pendapatan Bisnis