Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli

Sumber: Pexels.com

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah salah satu bidang dalam pemasaran, yang berbicara tentang pola dan sistem agar dapat diaplikasikan dalam proses pemasaran dalam keseluruhan, jika dianalogikan strategi pemasaran adalah sebuah tool yang dapat membuat pemasaran berjalan.

melihat history terdahulu, kata strategi biasanya digunakan dalam militer, mungkin kita sering mendengar kata strategi perang, strategi bertahan, dan menyerang.

seiring berjalannya waktu, perusahaan-perusahaan semakin banyak, mengakibatkan penawaran produk semakin tinggi, namun permintaan akan produk tidak bertambah, maka muncul-lah pemasaran agar menjadi stimulus atau pendorong terjadinya permintaan akan produk.

nah, agar mendiferensiasikan sebuah maksud pemasaran, perusahaan-perusahaan tersebut menggunakan strategi pemasaran agar calon konsumen tertangkap dan menangkap maksud dari perusahaan agar terjadinya pembelian.

namun, agar strategi pemasaran dalam pandangan anda semakin komplit, kami punya definisi strategi pemasaran menurut para ahli, silahkan disimak.

Strategi Pemasaran Menurut Ahli

Menurut Muhammad Syakir sula strategi pemasaran merupakan pernyataan (baik eksplisit maupun implisit) mengenai bagaimana suatu merek atau lini produk mencapai tujuan.

Menurut Tull dan Keble strategi pemasaran adalah sebagai alat yang fundamaental yang direncanakan untuk mencapai tujuan organisasi atau lembaga dengan mengembangkan keunggulan yang berkesinambunfan melalui pasar yang dimasuki dan program-program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut.

Menurut Kotler (2004) Strategi pemasaran terdiri dari prinsip-prinsip dasar yang mendasari manajemen untuk mencapai tujuan bisnis dan pemasarannya dalam sebuah pasar sasaran, strategi pemasaran mengandung keputusan dasar tentang pemasaran, bauran pemasaran, bauran pemasaran dan alokasi pemasaran.

Menurut Fandy Tjiptono (2000 :6 ) Strategi pemasarann merupakan suatu manajemen yang disusun untuk mempercepat pemecahan persolalan pemasaran dan membuat keputusankeputusan yang bersifat strategis.

Menurut Sofyan Assaruri Strategi pemasaran adalah rencana menyeluruh, terpadu, dan menyatu dibidang pemasaran yang memberikan pedoman tentang kegiatan yang akan dilakukan dalam mencapai tujuan perusahaan melalui periklanan, program promosi, penjualan, program produk, dan pendistribusian.

Menurut Buchari Alma, strategi pemasaran adalah memilih dan menganalisa pasar sasaran yang merupakan suatu kelompok orang yang ingin dicapai oleh perusahaan atau usaha dan menciptakan suatu bauran pemasaran yang cocok dan dapat memuaskan pasar sasaran tersebut.

Strategi pemasaran adalah serangkaian tujuan dan sasaran kebijakan dan aturan yang memberi arah kepada usaha dan pemasaran perusahaan dari waktu ke waktu, pada masing-masing tingkatan dan acuan serta lokasinya, terutama sebagai tanggapan perusahaan yang selalu berubah.

Agar dapat dituliskan dan disalin dengan baik dalam bentuk aplikatif seperti skripsi dan penelitian akademis, kami sudah menyertakan sumber kutipan dari pengertian-pengertian di atas.

Sumber Refrensi Bacaan

Syakir, Muhammad, (2006), Syari’ah Marketing, Bandung: Mizan Pustaka.
Tjiptono, Fandy, (2000), strategi pemasaran, yogyakarta, ANDI
Assaruri, Sofyan, (2007), Manajemen Pemasaran, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.
Buchari Alma, Kewirausahawan, (Bandung: Alfabeta, 2008), Cet. Ke-12, h. 195.




Related Posts

Subscribe Our Newsletter