Studi Kasus: Positioning Produk Aqua

positioning produk aqua
sumber: republika.co.id

Sejarah Singkat Produk AQUA

Aqua adalah sebuah merek dagang untuk air minum dalam kemasan yang muncul pertama kali pada tahun 1973, perusahaan Golden Mississippi adalah perusahaan pertama yang memproduksi AMDK (air minum dalam kemasan) terkenal hingga saat ini.

Perjalanan produk AQUA berawal dari kebutuhan masyarakat yang menginginkan flexibelitas dalam mengonsumsi air minum dimana saja dan kapan saja, sehingga muncul-lah AQUA sebagai solusi kebutuhan tersebut.

Pada tahun 1984 perusahaan tersebut mendirikan cabang kedua dioperasikan sebagai pabrik di pandaan, Jawa Timur. (sejarah AQUA)

Positioning Produk AQUA

Dalam melihat produk AQUA, kita dapat melihat dengan jelas bahwa produk AQUA diposisikan sebagai:

  • Market Leader produk air minum dalam kemasan
  • Pioneer Air Minum Dalam Kemasan
  • Produk yang Memiliki Standar yang tinggi
  • Harga Produk AQUA Yang Terjangkau Oleh Banyak Segmen Pasar
  • Produk Air Mineral Yang Dekat Dengan Masyarakat

Strategi Yang Digunakan Oleh Produk AQUA Untuk Mencapai Positioning Produk Yang Diharapkan

#1 Dengan membangun pabrik pertama untuk memproduksi air minum dalam kemasan pertama

Membuat pabrik minuman dan memproduksi air minum dalam kemasan untuk masal pertama kali, karena banyak orang pada zaman dulu skeptis dengan produk AQUA, karena dianggap semua orang tidak membutuhkan air minum yang dikemas, mereka bisa langsung minum sehabis makan di rumah makan atau minum dari air minum yang mereka bawa.

Namun, pada kenyataannya, produk AQUA sukses untuk menjadi market leader dan pioneer dalam pasar persaingan air minum dalam kemasan karena inovasi dalam menemukan kebutuhan masyarakat akan air minum yang praktis.

#2 Dengan membangun sistem pabrik yang berstandar ISO:9001, 14001 (Tentang Lingkungan), 18001 (kesehatan, keselamatan, dan keamanan pekerja).

Dengan mengembangkan sistem Inline produk pertama kali dalam sistem perindustrian minuman, lalu menerapkan standar kualitas produk dalam setiap kemasan, menerapkan SOP untuk menjaga keselamatan, kesehatan, dan keamanan pekerja saat melakukan tugas di dalam pabrik, dan meluncurkan program-program lingkungan, seperti memperhitungkan dampak lingkungan limbah plastik yang telah diproduksi.

#3 Melakukan diferensiasi produk dan pengembangan produk AQUA

Menciptakan produk yang mudah dijangkau seperti menciptakan produk AQUA dalam kemasan gelas, galon, dan berbagai ukuran produk lainnya.

Disamping itu pula, AQUA melebarkan sayap dengan memproduksi minuman isotonik (Mizone) dan beberapa produk khusus yang memiliki perbedaan dengan produk utama AQUA.

#4 Dengan Melakukan CSR pada banyak bidang

CSR yang dilakukan oleh AQUA meliputi program daur ulang plastik mejadi produk yang baru di mulai pada tahun 1993, lalu program pendidikan dengan menyalurkan dana bantuan untuk daerah-daerah pelosok, membantu korban Tsunami pada tahun 2005, mengadakan danone cup untuk masyarakat yang hobi dengan olahraga.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter