Apa Itu Positioning Produk?

Pengertian Positioning

secara harfiah positioning adalah memposisikan.

secara spesifik kata positioning digunakan dalam bidang marketing dan sering disebut juga positioning produk, positioning produk menjadi salah satu aktifitas pemasaran untuk mendapatkan keunggulan dan memposisikan produk di mata pelanggan.

Menurut para ahli

Menurut Kotler dan Keller

"positioning adalah seni merancang produk yang ditawarkan perusahaan dengan menempatkannya sebuah nilai produk pada pikiran konsumen yang telah ditarget"

Menurut Arif

"Positioning adalah tindakan merancang produk dan citra perusahaan agar dapat tercipta kesan atau tempat khusus dan unik dalam benak pasar sasaran sedemikian rupa, sehingga dipersepsikan lebih unggul dibandingkan para pesaingnya"
secara konsep positioning adalah sebuah usaha yang dilakukan oleh perusahaan melalui bidang pemasaran untuk menentukan posisi produk yang ditawarkan dengan tujuan menciptakan kesan atau image di benak sasaran konsumen yang tertarget sesuai keinginan perusahaan atau organisasi bisnis.

Bagaimana melakukan positioning secara prakteknya?

Menurut Manfaat

Sebuah langkah perusahaan dalam memposisikan produk yang dijual berdasarkan manfaat yang telah dirasakan oleh konsumen.

Menurut Kategori

adalah sebuah langkah perusahaan untuk melihat dan mengukur citra yang telah dibangun dan akan dibangun kepada sebuah produk yang ditawarkan oleh perusahaan, melalu pengkategorian kelas dalam market, apakah produk yang ditawarkan termasuk leader di dalam pasar? disesuaikan dengan masukan yang ada di pasar

Menurut Atribut

adalah sebuah langkah perusahaan memposisikan produk di mata konsumen atau pasar tertarget berdasarkan atribut yang menyifatinya, atau bisa dikatakan usaha perusahaan dalam membuat atribut-atribut yang ditentukan agar melekat kepada produk di mata konsumen, seperti atribut mewah (glamour), atribut lambang, atribut warna, dan sebagainya.

Menurut Nilainya

Adalah sebuah langkah perusahaan untuk memposisikan produk berdasarkan nilai yang diincar oleh perusahaan dengan melihat positioning produk perusahaan pesaing, guna mendapatkan citra yang diinginkan oleh perushaan.

Positioning Dalam Strategi Pemasaran

Dalam strategi pemasaran proses positioning produk biasanya dilakukan setelah proses segmentasi pasar, proses segmentasi bertugas untuk memecahkan kelas-kelas pasar yang heterogen sehingga memudahkan untuk melakukan penetrasi pasar, sedangkan positioning produk digunakan untuk membentuk citra yang diinginkan oleh perusahaan pada segmen-segmen pasar yang telah dipecah untuk kemudian diterget sesuai dengan keinginan konsumen dan berdasarkan citra yang ingin dibangun.

Apa Manfaat Dari Positioning?

Positioning sangat bermanfaat untuk menentukan arah image (pandangan) konsumen terhadap suatu produk, sehingga ke depannya target penjualan sebagai tolak-ukur keberhasilan pemasaran dapat tercapai secara berkesinambungan.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter