Apa Yang Dimaksud Dengan Targeting Dalam Pemasaran?


Dalam strategi pemasaran kita mungkin pernah diberikan materi tentang STP (segmentasi, targering, dan positioning), jika anda berminat untuk mendalami lebih lanjut tentang apa itu segmentasi silahkan bisa mengunjungi : Apa itu segmentasi pasar ? dan jika anda berminat untuk mendalami apa itu positioning anda bisa mengunjungi artikel kami tentang positioning : apa itu positioning produk

bahasan kali ini adalah tentang targeting pasar, dalam strategi pemasaran targeting pasar bisa dikatakan sebagai langkah wajib untuk diimplementasikan ke dalam strategi pemasaran perusahaan, lantas apa yang dimaksud dengan targeting pasar?

Pengertian Targeting

Targeting secara harfiah adalah penargetan atau kegiatan mengincar sesuatu yang telah ditentukan.

dalam konteks ilmu pemasaran dan dikerucutkan lagi pada bagian strategi pemasaran, targeting adalah usaha yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi bisnis dalam memilih target pasar yang telah dibuat segmentasinya, sebagai salah satu langkah untuk mencapai tujuan yaitu penjualan dan kepuasan pelanggan.

ada banyak strategi yang dipakai untuk melakukan penargetan pasar, namun saya akan mengutip salah satunya saja yaitu dari Tijiptono.

Metode Penargetan Pasar

Menurut Tjiptono (2014:86) dalam melakukan penargetan pasar bisa dilakukan dengan 5 cara, yaitu:

Pemilihan Segmentasi Tunggal

pemilihan segmen tunggal adalah sebuah usaha yang lakukan oleh perusahaan dengan menawarkan berbagai produk kepada satu segmen pasar saja.

Spesialisasi Terpilih

spesialisasi terpilih adalah pemilihan target pasar dengan menawarkan berbagai produk kepada berbagai segmen pasar dengan interest yang sama, tidak menghiraukan faktor demografi seperti umur, gender, tempat tinggal, yang penting adalah pasar memiliki sebuah spesialisasi terpilih yang dapat dipenetrasi.

Spesialisasi pasar

spesialisasi pasar adalah pemilihan target segmentasi pasar yang heterogen namun masih dalam satu kategori pasar yang sama, dengan penawaran berbagai produk yang ditargetkan kepada satu pasar yang heterogen itu, sebagai misal adalah penargetan pasar elektronik dengan produk elektronik yang dimiliki oleh perusahaan.

Spesialisasi Produk

spesialisasi produk adalah usaha penargetan segmentasi pasar yang heterogen, seperti pasar elektronik, pasar tekstile, pasar otomotif dan bermacam pasar lainnya dengan satu produk, contohnya adalah usaha yang dilakukan microsoft, dengan menargetkan berbagai macam pasar, seperti pasar perkantoran, perumahan, dan pendidikan dengan menawarkan satu produk yaitu windows.

Full Market Coverage

full market coverage adalah usaha penargetan yang dilakukan oleh perusahaan dengan mengcover berbagai macam kebutuhan pasar dengan berbagai macam produk yang dimiliki, istilahnya "apa lu mau gua ada".

Praktek Targeting Pasar

semenjak manajemen adalah sebuah seni yang tidak dapat dikalkulasikan dengan matematis secara spesifik, sebuah ilmu yang bergantung dengan kondisi dan keadaan, dengan dipadukan normatif teori yang telah dipelajari, maka praktek targeting pasar pun juga begitu.

tidak ada aturan baku yang mengharuskan memilih sesuai urutan terkecil atau terbesar dalam memilih target pasar, yang membatasi hanya tujuan dari kegiatan organisasi bisnis itu sendiri.

Mixing method atau melakukan campuran metode untuk melakukan usaha penargetan pasar juga dapat dilakukan, bisa saja dengan mengambil 2 atau 3 metode penargetan yang telah disebutkan di atas, dengan batasan dapat mewujudkan target yang telah ditentukan.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter