Strategi Pemasaran : Apa Itu Strategi Pemasaran, Konsep, dan Prakteknya

Pengertian Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran adalah Rencana, Pola, dan Kegiatan yang dijadikan sebagai panduan perusahaan atau organisasi bisnis untuk mencapai tujuan pesamasaran yaitu penjualan sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan pemasaran.

Konsep Strategi Pemasaran

Konsep strategi pemasaran menyangkut beberapa bidang yaitu:

  • bidang produksi
  • bidang produk
  • bidang penjualan
  • bidang pemasaran
  • bidang pemasaran sosial

ada dua penilaian untuk mengukur dan menentukan strategi pemasaran yaitu :

  • mengevaluasi strategi pemasaran dengan melihat keadaan internal
  • mengevaluasi strategi pemasaran dengan melihat keadaan eksternal

kedua faktor di atas sangat penting demi terwujudnya strategi pemasaran yang efektif dan efisen.

namun, strategi pemasaran lebih banyak melihat dan menganilisis bagian eksternal, karena faktor internal adalah faktor yang dapat dikondisikan oleh perusahaan atau organisasi bisnis, sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang harus diusahakan dan dibentuk agar penjualan sebagai tolak ukur tercapai.

Pratek Strategi Pemasaran Dalam Organisasi Bisnis

ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam melihat dan menganalisis strategi yang akan diterapkan, yaitu:

  1. segmentasi
  2. positioning
  3. targeting

Kotler dalam bukunya "prinsip-prinsip pemasaran" yang sangat terkenal di bidang pemasaran, lebih lanjut menuturkan dan membuktikan bahwa dalam menentukan strategi pemasaran kita tidak akan lepas dari 4 P:

1. Produk

apa dan bagaimana produk kita dipasarkan dan terkait kualitas produk, serta minimalisir biaya yang dikeluarkan agar dapat mendukung pemasaran yang lebih baik.

2. Price

adalah strategi pemasaran yang berdasarkan penentuan harga agar konsumen yang telah disasar tertarik dan membeli produk yang dikeluarkan oleh perusahaan atau organisasi bisnis

3. Place

adalah strategi pemasaran yang berdasarkan dengan melihat alur distribusi produk kepada pelanggan, bagaimana produk itu sampai ke tangan konsumen, berapa lama, dan sebaiknya ditempatkan dimana produk yang ingin dijual oleh perusahaan atau organisasi bisnis untuk mendorong penjualan.

4. Promotion

adalah strategi pemasaran yang lebih mengarah kepada keuntungan yang dapat ditawarkan kepada konsumen dalam rangka mendorong penjualan yang berkaitan dengan harga dan strategi lainnya yang berkaitan dalam membawa alam pikir konsumen untuk memilih produk, seperti membangun kesadaran akan produk, meningkatkan exposure produk di mata konsumen.

Artikel Sebelumnya : Pengertian Marketing

Related Posts

There is no other posts in this category.
Subscribe Our Newsletter