15 Strategi Pemasaran Produk Untuk Meningkatkan Pendapatan Bisnis

Strategi Pemasaran Apa Yang Cocok Untuk Produk Saya?

Bahasan pemasaran sudah menjadi bahasan klasik untuk setiap bisnis, tidak hanya untuk para pembisnis pemula yang baru mengembangkannya, namun juga untuk perusahaan besar yang telah bermain dalam pasar yang sangat luas.

dua hal yang perlu diingat tentang pemasaran adalah unik dan indah, karena terdiri dari berbagai macam kombinasi faktor dan tentunya banyak cara untuk menuju kesuksesan dalam bidang marketing.

jika kita melihat kembali, sebenernya apa yang dihadapi oleh anda dalam bidang marketing?

pasti masalahnya adalah target pemasaran dan penjualan yang tidak sesuai ekspektasi, untuk mengatasi itu butuh usaha dan dipadukan dengan strategi-strategi untuk mencapai target.

maka pertanyaan selanjutnya adalah "strategi pemasaran apa yang dapat meningkatkan penjualan produk anda?"

cukup, sulit untuk dijawab sejujurnya, karena saya tidak tahu kondisi dari bisnis anda, namun jangan cukup dulu sampai di sini, coba saya uraikan terlebih dahulu yang menjadi kondisi bisnis anda, dan coba anda identifikasi informasi yang saya tuliskan.

anggap saja saya sebagai konsultan pemasaran pribadi anda.

yang pertama, saya ingin menanyakan kepada anda, apa yang anda jual kepada konsumen anda?

Kebutuhan Manusia Menurut Intensitasnya

dalam ekonomi kita sering dengar adanya kelasifikasi kebutuhan, yaitu;
  1. kebutuhan pokok
  2. kebutuhan sekunder
  3. kebutuhan tersier


apakah anda menjual beras? atau anda menjual baju? atau anda menjual mobil ? atau anda menjual barang elektronik?

tujuannya untuk mengetahui karakteristik pasar yang ada dan tersedia, dan strategi apa yang cocok untuk bisnis anda pastinya

jika anda menjual produk yang masuk dalam kategori kebutuhan pokok maka pasar cendrung ketat, bisa dibilang masuk ke dalam pasar persaingan sempurna, salah satu cara untuk unggul adalah dengan menyediakan advantage (keunggulan) yang tidak dimiliki oleh pesaing, seperti gratis pengantaran, diskon, dan berbagai cara lainnya yang sudah umum.

jika anda menjual produk dalam kategori kebutuhan sekunder seperti handphone, kemeja, atau TV maka pasar cendrung lebih longgar, anda hanya perlu menambahkan fitur, pilihan warna, personalisasi, dan cara-cara lainnya.

Jika anda menjual produk dalam kategori kebutuhan tersier maka pasar yang ada cendrung longgar, yang dapat anda lakukan adalah membentuk kesadaran akan produk anda, melakukan framing pemikiran dibenak konsumen, menciptakan image yang menyifati produk anda.

mungkin masih terlalu luas pembahasannya dan mungkin anda masih kurang puas dengan jawaban dari saya, jika "iya", lanjut untuk membaca agar secara teknis anda pun menguasai bidang strategi pemasaran ini.

dalam menentukan strategi pemasaran biasanya pemain besar seperti perusahaan atau korporat menjalankan sebuah proses yang lumayan rumit, yang pada teorinya sebetulnya tidak serumit itu.

apakah anda pernah dengar apa itu STP dalam strategi pemasaran? segmentasi, targeting dan positioning? jika belum anda bisa membaca apa itu STP disini : Strategi Pemasaran : Apa Itu Strategi Pemasaran, Konsep, dan Prakteknya

*Note : buka link-link yang ada untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam

secara singkat segmentasi adalah langkah riset untuk memisahkan berbagai kategori pasar sesuai dengan karakteristiknya, targeting adalah pemilihan sasaran pasar, dan positioning adalah tujuan akhir yang ada pada pikiran konsumen anda nantinya.

nah, bagaimana kita menuju hasil akhir, atau strategi apa yang bisa kita lakukan?

kebanyakan kita, saya juga begitu dulu, selalu memikirkan bagaimana menjual dan mendapatkan untung tanpa tau bagaimana membesarkan produk dengan tahapan-tahapan, karena saya tidak tahu persis posisi bisnis saya sebenarnya sudah pada tahap mana.

15 Strategi Pemasaran Produk Untuk Anda Coba


maka dari itu, belajar dari pengalaman, saya ingin membagi strategi pemasaran ini pada 3 tahapan yaitu:

  1. tahap pengenalan
  2. tahap membangun loyalitas
  3. tahap menjaga loyalitas
oke, kalo begitu langsung saja ke strategi pemasaran pada tahap pengenalan.

Strategi pengenalan

tahap pengenalan adalah tahap dimana posisi produk belum terkenal atau belum terlalu diperhatikan oleh pasar, dan masih membutuhkan jangkauan dan pengenalan. tahap ini berpusat kepada strategi untuk membuat konsumen mengenal, perhatian, dan ingin membeli produk kita.

pada tahap ini, saya bagi menjadi dua saluran pasar, yaitu offline dan online, langsung saja ke saluran yang pertama.

Offline

Menawarkan Kepada Lingkaran Terdekat

strategi pemasaran yang bisa anda lakukan adalah dengan memperkenalkan produk anda kepada orang-orang terdekat anda, bisa anda tawarkan ke keluarga, teman, kerabat, dan saudara anda, agar produk dan bisnis anda disupport oleh mereka.

bahasan lebih lanjut bisa anda baca di sini : Perlukah Kita Menerapkan Strategi Pemasaran Ke Lingkaran Terdekat kita?

Promo

strategi selanjutnya adalah dengan menawarkan promo menarik kepada konsumen anda atau siapa saja yang bisa anda tawarkan, misalnya dengan memberikan produk gratis untuk mereka coba dan meminta pendapat, bagaimana produk anda di mata mereka, atau memberikan diskon besar untuk mencoba bagaimana produk anda.

Brosur

strategi yang ketiga anda bisa menyebarkan brosur, memperkenalkan kepada calon konsumen anda tentang produk anda, value apa yang mereka dapatkan ketika mereka membeli produk anda, harganya berapa dan berbagai informasi berguna lainnya yang dapat mengedukasi mereka tentang produk anda.
Online

Membangun Website Untuk Informasi Terpusat

pada saluran online anda bisa membuat situs atau website sebagai pusat informasi, dan sebagai saluran mereka mendapatkan informasi tentang produk anda, selain itu membuat website resmi untuk produk anda dapat menjangkau calon konsumen anda yang berada jauh di luar jangkauan anda.

Membangun Akun-Akun Media Sosial

membangun sosial media adalah hal yang tepat untuk mengenalkan produk anda, terutama jika memang anda ingin menjangkau pasar anak muda atau milenial, terlebih lagi media sosial dapat menjadi saluran alternatif costumer service dan layanan pelanggan.

Beriklan di Internet

strategi online lainnya anda dapat beriklan di internet dengan mendaftar di google adwords, facebook ads, atau berbagai perusahaan yang dapat mengelola periklanan online anda.

Membuat Google Bisnis Untuk Meningkatkan Visibilitas di Internet

strategi lain yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat akun google bisnis untuk meningkatkan exposure produk anda di internet, berbagai informasi dapat dimuat pada google bisnis, seperti alamat kantor, jam operasi, review dari pengguna internet, lalu kontak yang bisa mereka hubungi untuk melakukan pembelian produk anda.

Endorsment

strategi terakhir agar produk anda pada tahap pengenalan sukses adalah dengan endorsment, mencari orang yang memiliki followers yang banyak dan engagement yang besar untuk mendorong calon konsumen dan followers mereka membeli produk anda atau sekedar memperkenalkan produk yang anda jual.

Tahap Membangun Loyalitas

tahapan loyalitas adalah tahapan dimana produk anda sudah dikenal kosumen, yang artinya anda sudah punya konsumen yang setidaknya pernah membeli produk anda, agar mereka melakukan pembelian berulang maka yang perlu dilakukan adalah membangun loyalitas mereka agar mereka tidak berpindah produk.

tujuan dari strategi pemasaran pada tahapan ini adalah untuk merangsang kenyamanan mereka untuk melakukan pembelian berulang dan agar kepercayaan diri mereka meningkat untuk membeli.

ya langsung saja disimak :

Cashback

cashback adalah program untuk merangsang pembelian berulang, semakin banyak mereka membeli produk anda, semakin banyak uang kembali yang mereka dapatkan, yang harus diperhatikan dalam memberikan layanan seperti ini adalah batas minumum pembelian dan batas maksimum cashback yang diterima.

Program Membership

strategi selanjutnya adalah program membership, program membership ini adalah program yang memberikan seperangkat fitur tambahan jika konsumen anda mendaftarkan secara suka rela ke dalam keanggotaan, biasanya diterapkan kepada produk-produk jasa, misalnya seperti produk penyewaan.

program membership ini sangat lah powerfull, karena biasanya dengan program membership mereka dapat keuntungan lebih dan pastinya harga yang harus dikeluarkan juga lebih murah.

untuk memanfaatkan program membership bagi pembisnis atau perusahaan, adalah identitas dari sang pembeli beserta dengan ketertarikan mereka terhadap produk, yang nantinya bisa menjadi bahan riset untuk meningkatkan penjualan di kemudian hari.

Program Late Fee

strategi selanjutnya adalah program late fee, program late fee ini adalah program yang menawarkan keterlambatan pembayaran, jadi konsumen anda bayar setelah mereka sudah merasakan produk anda dengan syarat memiliki penjamin.

maksud dari memiliki penjamin adalah, ada orang atau sesuatu yang dapat menjamin konsumen anda akan membayar dikemudian hari.

Reward Program

strategi selanjutnya adalah reward program atau program penghargaan untuk konsumen, seperti misalnya ketika mereka membeli produk anda, mereka mendapatkan beberapa poin untuk dikumpulkan, dan bisa ditukarkan dengan produk atau hadiah yang menguntungkan bagi mereka, seperti jalan-jalan ke luar negri atau voucher diskon pada produk-produk tertentu.

Tahap Penjagaan Loyalitas

Strategi selanjutnya adalah tahapan menjaga loyalitas, karena banyak yang bilang menjaga itu lebih susah dari pada mendapatkan, ya itu bagi saya wajar memang, karena tingkat kepuasan konsumen pun tidak stagnan pada tingkat tertinggi.

pada saat konsumen sudah memiliki loyalitas biasanya mereka akan menjadi pemasaran gratis, mereka menyebarkan tentang kebaikan produk kita kepada koleganya, temannya, atau keluarganya tanpa harus kita minta.

alasannya agar lingkaran terdekat mereka dapat merasakan apa yang dia rasakan untuk memenuhi kebutuhan dari orang yang direkomendasikan oleh mereka.

ada 3 program yang menurut saya cocok untuk dicoba saat anda sudah membangun loyalitas konsumen terhadap produk anda, yaitu:

Membangun Sistem Costumer Service yang Handal

salah satu yang membuat banyak konsumen pergi adalah buruknya pelayanan costumer service, ada lagi yang menurut saya lebih buruk.

ialah pekerja costumer service yang diganti dengan mesin penjawab otomatis, menurut saya itu adalah hal yang paling buruk dalam pelayanan kostumer service, mengapa?

  • pertama konsumen membutuhkan orang, manusia yang dapat menjawab sesuai kebutuhan mereka
  • kedua mesin penjawab otomatis tidak langsung menyelesaikan masalah malah menambah beban biaya, pulsa yang tersedot.
  • ketiga mesin penjawab otomatis membuat kita menunggu lebih lama, karena biasanya mesin penjawab otomatis dibuat secara sistematis untuk menyampaikan informasi kepada konsumen, dan dalam menyampaikan informasi, mesin penjawab otomatis ini berbicara dengan sangat lambat.
maka yang harus dilakukan itu membangun sistem layanan costumer service yang handal, seperti misalnya memberlakukan 3 shift agar semua jam tercover, dan tidak ada keluhan masalah dengan costumer service, atau memberitahu kepada pelanggan bahwa jam costumer service aktif dimulai dari jam berapa sampai jam berapa.

Personalisasi Program

strategi pemasaran selanjutnya yang bisa anda coba adalah menawarkan program personalisasi kepada pelanggan tetap anda, untuk menawarkan program ini anda harus melakukan riset, bagaimana melakukan riset agar dapat mempersonalisasikan layanan ke pelanggan anda? 

dibantu dengan program membership yang telah disampaikan di tahap kedua di atas, dalam program membership anda mencatat data diri mereka, termasuk pola pembelian, tanggal pembelian, dan ketertarikan pembeli dalam membeli produk, sehingga anda dapat mengolahnya dan menawarkan program yang sangat diinginkan oleh konsumen anda.

Program Garansi dan Maintance

strategi pemasaran selanjutnya adalah dengan menawarkan program garansi dan maintance untuk produk-produk yang memerlukan perawatan seperti produk sofa, produk elektronik, yang membutuhkan perawatan lebih, program garansi dan perawatan ini juga bermaksud agar konsumen anda percaya diri dan menggunakan produk anda dengan nyaman.

masalah klaim garansi yang sebenernya rada ribet untuk konsumen, kenapa? karena banyak yang tidak bisa mengklaim garansi akan produk mereka yang rusak dikarenakan mungkin terlalu berat untuk dibawa dan peraturan klaim yang ketat, ditambah dengan lama klaim yang lamanya tidak tertolong.

walaupun sejatinya program garansi dan maintance adalah program untuk menjaga loyalitas, tapi banyak yang malah jadi boomerang yang membuat pelanggan kabur, jadi sebagai pembisnis atau perusahaan kita koreksi strategi ini dan memperbaikinya untuk kemajuan ke depannya.

Tanggapan Anda Tentang Strategi Pemasaran Produk Yang Telah Saya Sampaikan


bagaimana ? apakah anda sudah mendapatkan solusi untuk strategi pemasaran produk anda? atau masih ada kendala atau rasa ingin bertanya-tanya tentang strategi pemasaran di atas?

jika masih ada hal yang ingin ditanyakan bisa anda berikan pertanyaan dan komentar dengan menggunakan kolom komentar di bawah, saya sangat terbuka dengan berbagai macam masukan yang akan anda sampaikan, jadi jangan malu untuk bertanya.

semoga produk anda dapat sukses dipasarkan dan meningkatkan pendapatan anda sesuai judul yang tertulis.

Artikel Lainnya : Pengertian Menurut Para Ahli, Beserta Sumbernya

Related Posts

Subscribe Our Newsletter