Apa Yang Dimaksud Segmentasi pasar?

Pengertian Segmentasi Pasar

apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar? segmentasi pasar adalah usaha yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi bisnis untuk mengidentifikasi kelas-kelas pasar yang sebelumnya heterogen.

"Tjiptono (2014: 78) menyatakan Segmentasi pasar adalah proses mengelompokkan pasar keseluruhan yang heterogen menjadi kelompok-kelompok atau segmen-segmen yang memiliki kesamaan dalam kebutuhan, keinginan dan perilaku terhadap program pemasaran spesifik."

Sebagai contoh anda memiliki produk A, ketika anda jual, maka yang membeli produk A anda masih heterogen, tidak ada pola, misal lala, lili, lulu, dan lele membeli produk A dari anda, sedangkan dodi, didu, dadi, dode tidak, anda sebagai penjual ingin mencari tahu alasan mengapa lala, lili, lulu, dan lele membeli produk A, ternyata mereka yang membeli produk A adalah wanita semua dan yang tidak adalah cowok semua

Usaha mengkategorisasikan karakteristik pasar yang heterogen ini lah yang disebut dengan segmentasi pasar.

Bagaimana Melakukan Segmentasi Pasar Yang Baik?

Menurut Swastha ada lima faktor yang harus kita pikirkan baik-baik untuk melakukan segmentasi pasar
  1. faktor demografi, faktor yang berkaitan dengan rentan usia dan gender
  2. faktor sosilogis, faktor yang berkaitan dengan kebudayaan, ketertarikan sosial, adat-istiadat
  3. faktor geografis, faktor yang berkaitan dengan tempat tinggal, dataran daerah, iklim, dsb
  4. faktor psikologis, faktor yang berkaitan dengan kepribadian kategori pasar, seperti sifat narsistik, konsumtif, opportunis dsb
  5. faktor pendapatan, faktor yang berkaitan dengan jumlah pendapatan yang berhubungan dengan kelas sosial yaitu antara kaya, miskin, atau cukup.

Manfaat Segmentasi Pasar

segmentasi pasar bermanfaat untuk mendapatkan pola yang jelas akan konsumen yang telah tersaring, dan juga menjadi petunjuk bagi pelaku bisnis dalam mengukur target pemasaran ke depannya.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter