Cara Memulai Bisnis Pre-Order Online Untuk Pemula

Posting Komentar

Bisnis Pre-order ini sebetulnya lumayan menggiurkan, bukan karena tanpa sebab, banyak milenial sekarang yang lebih memilih memulai bisnis pre-order karena pastinya keuntungan yang dia dapat.

namun, ada hal lainnya yang menurut saya yang menarik dari bisnis pre-order ini, adalah keleluasaan kita dalam mengatur waktu dan pesanan, selain itu kita punya waktu untuk memberikan produk yang baik dan sesuai ekspektasi yang konsumen butuhkan, jadi pertanyaan sekarang bagaimana membuat bisnsi pre-order yang menguntungkan untuk pemula pun bisa melakukannya.

oke, saya memulai dengan 5 alasan, kenapa kamu harus memulai bisnis pre-order sekarang juga.

5 Alasan Memilih Bisnis Pre-Order

  1. Simple
  2. Lebih Bebas
  3. Mudah Untuk Dikerjakan
  4. Tidak Membutuhkan Modal Besar
  5. Bisa Disambi dengan kerjaan lain

Tantangan Dalam Bisnis Pre-Order

Waktu Dalam Mengatur Stock Barang

tantangan yang akan hadapi pertama adalah, stock barang yang anda janjikan kepada konsumen, garis besarnya adalah, ketika ada seorang konsumen yang membeli produk anda, maka mereka diberikan waktu menunggu agar mendapatkan barang yang anda janjikan kepada mereka, yang menjadi permasalahannya adalah apakah produsen anda mampu menepati janji? atau anda selaku produsen sendiri apakah sanggup memenuhi batas waktu yang telah ditentukan?

karena dari itu, ada sebuh trik untuk dapat membuat ini lebih simple dan lebih dipercaya yaitu dengan menjanjikan kepada konsumen dengan rentang waktu, misal anda tahu jika waktu produksi untuk 1 produk itu membutuhkan 2 hari, nah dalam menjanjikan barang itu anda beritahukan kepada konsumen dengan rentang waktu 2-5 hari karena memang tidak ada yang tahu bagaimana masa depan, maka kita harus mengantisipasi hal itu.

Harga Lebih Mahal Dari Grosir

kebanyakan yang dijual oleh pre-order biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dari pada jika mereka membeli secara grosir, misal anda menjual produk mug, maka mug di tempat grosir dan biasanya lebih murah.

Lalu apakah kita akan tidak kebagian kue konsumen? tentu tidak, sebagai enterprenuer atau pembisnis hal-hal macam itu bisa dicari solusinya, solusi untuk masalah ini ada di bagian tantangan ketiga.

Berciri Khas Personalisasi

untuk saat ini pre-order yang memiliki keuntungan besar sekaligus laku adalah produk yang melakukan pre-order yang menjual ciri khas personalisasi, jadi konsep yang diusung dalam bisnis pre-order pada masa kini adalah pre-order on demand, jadi konsumen mau apa anda sediakan.

mengapa harus produk seperti itu? karena kita sebagai pembisnis jika hanya menjual produk yang ada di pasar atau bisa ditemukan dengan mudah maka konsumen lebih cendrung mencari yang lebih praktis, sudah menjadi sifat konsumen yang mencari hal yang menguntungkan, maka untuk membuat persaingan lebih baik lagi adalah dengan menyediakan yang tidak ada di penjual-penjual offline atau pinggir jalan.

Pola Yang Jelas Untuk Meyakinkan Konsumen

kesalahan yang sering dilakukan oleh para penjual pre-order adalah salah satunya tidak settlenya pola mereka dalam menjual produk mereka, ada beberapa proses yang perlu diperhatikan untuk kelancaran bisnis pre-order anda yaitu:
  • sistem order
  • sistem pembayaran
  • sistem produksi
  • sistem packaging
  • sistem pengiriman
  • sistem konfirmasi

masing-masing sistem harus lah dibuat secara detail, seperti contohnya pada sistem order, anda coba tentukan bagaimana mereka mengorder produk yang anda sajikan, apakah mereka diberikan keleluasaan memilih warna produk yang diinginkan, apakah mereka leluasa untuk mendapatkan gambar yang mereka inginkan, dan cara untuk mengorder, melalu apa? dan sebagainya.

dan saya pikir itu semua tidak mudah, butuh konsen kepada pembangunan sistem di awal agar tidak terjadinya eror dikemudian hari. T&C atau ketentuan dan persyaratan menjadi hal yang sangat penting dalam bisnis pre-order untuk menghindari misleading content product, dan sebagai deklarasi hak dan kewajiban jual-beli yang anda tawarkan.

Return Yang Kecil (Tergantung Pemasaran)

biasanya bisnis pre order itu memiliki return yang kecil, mengapa? karena banyak yang tidak menghiting biaya operasional dengan detail, karena bisnis ini biasanya dimiliki oleh individu, mereka tidak menghitung biaya seperti biaya naik kendaraan untuk riset produk, tidak menghitung biaya kendaraan untuk mengirim barang, misal anda mengirimkan paket menggunakan JNE atau Pos ke luar kota, yang anda lakukan pastinya membawanya dengan mobil atau motor dll, dan itu tidak dihitung biasanya oleh anda, saya tidak menjudge kepada anda, tapi ini biasa dilakukan.

harusnya tetap dihitung untuk mengetahui ratio maksimal keuntungan yang anda akan dapatkan, sehingga tidak ada rasa kerja tapi cuma capek saja.

Target Pasar 

  • milenial (Anak Muda)
  • Bersifat Narsis
  • Sosialita
  • Yang Memiliki Pasangan
  • Konsumtif

Saluran Pemasaran Terbaik Dalam Menjual Produk Pre-Order

  • Instagram
  • Facebook Ads
  • Website (Direkomendasikan)
  • Testimoni
  • Viral factor


Modal yang Diperlukan 

  • Produsen Yang Dapat Mengerjakan Proyek Anda
  • Admin
  • Smartphone
  • Koneksi
  • Internet Marketing Knowledge


Frequenly Asked "Tentang Bisnis Pre-Order "

Barang Apa Yang Laku Untuk Dijual Pre-Order?

yang pastinya adalah produk yang tersier dan personalisasi, seperti casing hape yang digambar sesuai kemauan konsumen, atau undangan dengan desain unik yang dibicarakan dengan konsumen, banyak produk yang bisa anda jual, tapi jangan jual baju, yakin itu tidak terlalu bagus, karena saingannya banyak.

Bagaimana Mengatasi Masalah Produksi, Pengiriman, dan Pembayaran?

pertama untuk masalah produksi sebaiknya anda menggunakan dua produsen atau 3 produsen agar menghindari tumpukan orderan, selain itu ditetapkan juga rentang waktu yang mereka perlukan untuk produksi, harga produksi, dan kualitasnya, agar sama saat diterima ke tangan konsumen

kedua, untuk masalah pengiriman anda cari yang sudah settle dan bisa diandalkan, dengan melakukan perbandingan harga dan layanan untuk setiap kargo pengiriman, yang perlu anda lakukan adalah riset ke semua layanan pengiriman.

ketiga, untuk pembayaran, saya menyarankan untuk 100% full dibayar dimuka dengan garansi uang kembali jika ada janji yang anda langgar, pertama untuk memperlihatkan keseriusan dan keprofesionalan dalam bertransaksi, kedua adalah agar memberikan kepercayaan kepada konsumen dengan garansi 100%.

Banyak Penipu Di Medsos, Bagaimana Mengatasinya Agar Tidak Terkena Imbas?

memang sulit untuk memberantas penipu di medsos maka dari itu, saya lebih menyarankan medsos menjadi media pemberitahuan, dan diarahkan kepada website atau situs resmi yang anda miliki. selain itu kostumasi yang ada di situs pun lebih bagus dari pada anda hanya mengandalkan medsos.

Sistem Pembayaran Yang Bagus Bagaimana?

sistem yang bagus pake payment gateway, untuk menjaga keuangan anda dan keuangan konsumen, mereka, dan lebih bagus dibuat 1 rekening khusus untuk pembayaran dan berkenaan dengan garansi, untuk pembukaan rekening pun gratis hanya memerlukan beberapa persyaratan dan biasanya tidak dipersulit karena bank sangat suka dengan pembukaan rekening yang berkenaan dengan bisnis kok.

Jika Ada Retur Barang Bagaimana?

retur barang jika barang itu rusak, bukan karena tidak memenuhi ekspektasi, selain itu, retur juga dikenakan diberikan kewenangannya kepada konsumen, karena biasanya untuk retur membutuhkan biaya pengiriman ulang, hanya biaya pengiriman kembali untuk mengirimkan produk pengganti yang anda tanggung, seharusnya seperti itu untuk tetap mengusung fair deal, agar tidak ada rasa dibohongi dan tidak memuaskan bagi konsumen.

Berminat untuk bisnis lainnya? cek tips untuk memulai bisnis lainnya dari kami di sini: 


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter