Cara Memulai Bisnis Logistik Untuk Pemula

Posting Komentar

Dekade Terakhir ini transformasi industri dan bisnis semakin cepat, dan dengan perkembangan moda transportasi yang hanya memiliki CC 100 saja hingga sekarang memiliki  CC 2500, semua perbaikan dan inovasi dalam bidang transportasi ini pada dasarnya ingin mendukung bisnis logistik juga, karena masalah logistik pada saat ini masih sama pada zaman dulu, yaitu masalah waktu pengiriman.

Masalah lainnya yang sering kita temui adalah susahnya untuk mendapatkan support dari perusahaan logistik setelah barang kita dikirim dan terkadang hal yang juga sering dialami adalah kehilangan barang.

sebagai calon pembisnis dan anda memutuskan untuk mencari artikel bagaimana cara memulai bisnis logistik, sebaiknya terlebih dahulu tentang maksud dari logistik dan tujuan logistik itu sendiri. karena setelah anda mengetahui mungkin ke depannya anda lah yang dapat menyelesaikan permasalahan waktu pengantaran, costumer service, dan klaim barang yang sering dikeluhkan.

logistik sesungguhnya pada awal mulanya dikhususkan pada bidang kemiliteran, jadi sebelum berkembangnya pengantaran oleh JNE, POS, TIKI, dan bermacam perusahaan lainnya, logistik sudah diterapkan di kemiliteran.

logistik sendiri bertujuan agar barang yang ada, (stock) barang di gudang untuk persediaan perang, latihan dan kebutuhan lainnya untuk militer tidak terganggu, karena zaman dulu logistik pula yang menentukan menang atau kalahnya perang.

oke, selanjutnya bagaimana dengan memulai bisnis ini? bisnis ini menurut saya memiliki 5 alasan baik untuk segara dimulai, yaitu:

5 Alasan Memilih Bisnis Logistik

  1. Banyak Yang Sudah Memulai (Mencari Mentor atau Guru Mudah)
  2. Biaya Driver Masih Murah
  3. Banyak Pilihan Channel Untuk Meneruskan dalam mengirit Biaya
  4. Pola Bisnis Konvensional Masih Menjadi Primadona
  5. Margin Dalam Mengambil Untung Yang Besar

Tantangan Dalam Bisnis Logistik

setelah mantap denagn 5 alasan di atas, atau mungkin anda memiliki alasan lain untuk membangun bisnis logistik, ada baiknya juga kita mengetahui tantangan apa saja yang akan dihadapi dalam bisnis ini, alasannya untuk mengkalkulasikan dengan tepat bagaimana kita menghadapi tantangan bisnis ke depannya, dan menyelesaikan masalah yang akan datang di kemudian hari.

Manajemen Driver

pertama, tantangan yang akan anda hadapi adalah soal driver atau SDM anda itu sendiri, karena untuk memilih driver yang tepat tidak bisa sembarang, karena banyak driver pun yang memiliki sifat malas yang akan merusak budaya organisasi bisnis yang anda kelola nantinya.

sejujurnya, saya sudah menjalani bisnis logistik selama kurang lebih 2 tahun, karena saya masih muda, jadi saya mulai saat umur 22 tahun untuk memulai bisnis logisitik, yang sangat menjadi tantangan adalah menemukan driver dan mengelola mood mereka, karena dengan gaji besar pun terkadang masih ada saja yang hanya bekerja secara main-main.

tips dari saya dalam mengelola driver adalah dengan memberikan dia gaji rendah dangan insentif / reward tinggi, yang artinya mereka akan mendapatkan gaji besar saat mereka bekerja lebih keras, karena kebanyakan driver memiliki sifat "ingin makan ikan saja dari pada mempelajari cara memancing".

Leadtime

berbicara leadtime (waktu optimal pengiriman) maka berbicara tentang kecepatan pengiriman dan pola operasi, jangan memakai kira-kira untuk ukuran leadtime, lebih baik menawarkan waktu yang lebih lama dari pada menjanjikan waktu paling cepat dan tidak bisa dipenuhi, misalnya adalah leadtime 1 hari tapi kenyataanya 2 hari, itu akan menjadi seperti boomerang untuk keberjalanan bisnis logistik anda, dan juga menjadi salah satu faktor mengapa banyak komplain ke perusahaan-perusahaan pengiriman logistik.

namun, tentunya berbicara tentang leadtime juga memerlukan pengetahuan dalam mengelola operasi, hal ini sangat sulit dijalankan jika anda belum terjun langsung ke dalam perusahaan-perusahaan besar logistik, maka akan memiliki pandangan yang tidak penuh.

pola operasi adalah pola yang dapat digunakan untuk dijadikan patokan dalam proses pengiriman, mulai barang diterima hingga barang sampai ditempat kostumer, pola ini harus settle diperhitungkan dengan moda transportasi yang anda miliki dan menghitung juga berbagai macam kendala ke depannya yang mungkin di hadapi, seperti macet, gagal take off untuk pesawat, kereta yang terlambat, dan sebagainya.

Tempat Penyimpanan

tantangan selanjutnya adalah tempatnya penyimpanan, karena semakin banyaknya anda memiliki kiriman maka tempat penyimpanan yang anda miliki juga harus besar, itu anda perhitungkan sesuai perkembangan bisnis, namun tempat penyimpanan juga dapat dijadikan hub agar menjadi titik poin untuk pengecekan, sehingga tidak ada barang yang hilang atau tertinggal.

Biaya Operasional Yang Besar

terkadang sebagai pemula dalam bisnis berpotensi besar ini kita lupa akan biaya operasional, biaya operasional ini layaknya boom waktu, dalam bisnis besar ada yang dinamakan variable cost dan fixed cost, keduanya bisa masuk ke dalam biaya operasional, dan kebanyakan dari bisnis logisitik adalah fixed cost, sebagai contoh, ketika barang kiriman anda sedikit tetapi anda akan mengeluarkan biaya driver yang tetap, maka lama-kelamaan anda akan merugi, ditambah jika anda malah melakukan pemberhentiaan saat barang belum memenuhi target pengiriman maka akan ada masalah baru yaitu pola operasi yang berubah.

saya melihat hal ini sebagai masalah bersama di bagian operasional dan bagian pemasaran, ketika hasil pemasaran baik maka operasional akan baik juga, tetapi jika hasil pemasaran terlampau baik, maka akan ada masalah overload, semua itu harus dikombinasikan dengan baik agar berjalan dengan lancar.

Masalah Kepercayaan

selama saya menjalani bisnis logistik ini, satu hal yang tidak bisa anda hilangkan adalah kepercayaan pelanggan anda. anda tidak akan tahu seberapa pentingnya kepercayaan untuk keberlanjutan bisnis logistik jika anda belum mengalaminya.

namun, saya taruh dalam list tantangan karena ini memang yang membuat anda bisa saja jatuh atau menjadi pemenang, model yang dilakukan pada bisnis logistik pada saat ini adalah "trust!!", "saya pecayakan barang saya kepada anda untuk anda sampaikan kepada dia" maksud dari bisnis ini seperti itu, dan karena semakin banyaknya bisnis logistik saat ini maka persaingan harga dan layanan juga tak kalah penting, ketika mereka mempercayakan barang mereka kepada anda, maka apakah itu memenuhi ekspektasi atau tidak? semua tergantung bagaimana kita dapat mengeksekusi hal tersebut.

Target Pasar 

Umum
Perusahaan 
Yang Memerlukan Distribusi Cepat
Bisnis UMKM
Pria

Saluran Pemasaran Terbaik Dalam Menjual Produk Logistik Anda

Brosur
Pemasaran Offline
Proposal
Door to Door
Pameran

Modal yang Diperlukan 

Moda Transportasi
Kantor Pusat
Gudang Penyimpanan
Team
Izin
Modal Operasional

Frequenly Asked "Tentang Bisnis Logistik "

Apa Yang Harus Saya Mulai Terlebih Dahulu?

yang harus anda mulai adalah knowledge anda terlebih dahulu, saat pengetahuan anda sudah mantap dan anda yakin dengan bisnis ini, silahkan dengan mengurus registrasi bisnis dan mulai mendirikan kantor logistik anda yang pertama.

Bagaimana Memaksimalkan Keuntungan Dan Mengecilkan Biaya?

ada berbagai macam cara untuk hal itu seperti:

  • menggunakan metode steping stone dalam menjalankan pola operasi, melihat jarak dan mengukur setiap titik pemberhentian dengan mengkalkulasikan biaya yang dikeluarkan.
  • dengan melakukan partnership dengan perusahaan logistik lain untuk mengefesienkan pengiriman, dalam dunia ekonomi kita sering mendengar keunggulan produksi, negara ini sangat memiliki kualitas dalam produksi barang A sedangkan negara itu sangat mahir dalam memproduksi barang B, begitu juga dengan logistik.

Apakah Harus Langsung Besar Dulu?

saya pikir tidak, begitupun saya, tidak harus besar dulu dengan kantor kecil dan moda transportasi cicilan pun sudah bisa menjalankan bisnis ini.

Apakah Izin Diperlukan Untuk Usaha Logistik?

sangat diperlukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, karena kita pasti sadar kalo masih banyak yang nyari kesempatan dalam kesempitan di derita orang lain.

Bagaimana Penanganan Barang Yang Rusak Saat Proses Pengiriman?

ada 3 cara dalam menyelesaikan permasalahan ini:
  • anda mencari perusahaan asuransi yang mau menanggung kerugian
  • anda memberitahukan kepada kostumer jika tidak ada asuransi
  • kosumen yang mencari asuransi sesuai kebutuhan pengiriman logistik mereka
Masih ada cara memulai bisnis lainnya akan membuat kamu tertarik juga loh, cek disini:


Cara Memulai Bisnis Start Up Untuk Pemula


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter