Cara Kerja Pemasaran Online : Menjangkau Pasar Yang Lebih Luas

Target Pasar Online Semakin Besar

Sepertinya "marketing online boom" sedang gencar-gencarnya, tidak sedikit yang membahas tentang marketing online atau pemasaran online.

Tapi, menurut saya, intinya sama saja, tidak ada bedanya, hanya sedikit yang mau mengupas apa itu pemasaran online hingga ke dalam.

Perkembangan pemasaran online ini juga didukung oleh semakin bertambahnya user internet, di Indonesia perkembangan pengguna internet mencapai 107 juta pada tahun 2019, dan diproyeksikan akan berkembang mencapai 119 juta pada tahun 2020.
Dengan adanya perkembangan pengguna internet yang signifikan, maka para pelaku bisnis pun tidak menyia-nyiakan kesempatan .

Cara Kerja Pemasaran Online Untuk Perkembangan Bisnis

oke, mari kita berpindah ke topik inti saja, yaitu bagaimana cara kerja pemasaran online?

pada dasarnya pemasaran online memiliki dasar yang sama dengan pemasaran pada umumnya, yang dilakukan dengan cara konvensional.

yang membedakan adalah saluran yang dipakai untuk melakukan pemasaran.

cara kerja dari pemasaran online itu simple sebenarnya, hanya melalu 4 tahap, namun dalam praktek lapangannya yang susah.

mengapa susah? karena tidak berbentuk (virtual) dan memerlukan banyak media untuk menjangkau target pasar.

4 Tahap yang Saya Utarakan di Atas
  • Menjangkau
  • Beraksi
  • Mengonversi
  • Engagement

Menjangkau Audience dan Target Pasar


Jika mencari pemasaran dan bagaimana cara memasarkan secara online maka kebanyakan artikel  akan membahas cara menjangkau audience dan pasar saja.

Walaupun, saya yakin pemasaran adalah "suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan."

Tidak saja membahas cara menjangkau, tetapi juga membahas bagaimana jangkauan bisa menimbulkan aksi dari pengunjung, mengonversikan kunjungan menjadi pembelian, dan membuat mereka puas dan ikut melakukan pemasaran secara tidak langsung.

Bagaimana menjangkau audience atau target pasar?

Yang pertama kali harus lakukan adalah membuat sebuah saluran untuk tempat berkumpul para pengguna internet yang tertarik nantinya.

Membuat landing page atau sebuah website yang dapat memberikan mereka edukasi yang merangsang untuk membeli produk .

Secara singkat saya menyarankan untuk membuat sebuah website untuk menjadi tempat mereka masuk dalam jeratan marketing.

Setelah membuat website atau landing page, maka dimulai lah proses pemasaran.

Mencocokan Produk Dengan Pengguna Internet dengan SEO

secara singkat agar website banyak dikunjungi adalah dengan mengarahkan pengguna internet, kita bisa mengarahkan pengguna internet dengan dua cara yaitu, yang berbayar dan yang gratis.

Jika pemasaran online ingin bekerja maka SEO adalah materi yang tidak dapat dihindari, mengapa?

Karena hampir 80% pengguna internet menggunakan search engine untuk membantu mereka menemukan apa yang mereka cari.

Apa itu SEO?

SEO adalah search engine optimization atau secara bahasa adalah pengoptimasi-an mesin pencari, secara singkat adalah membuat mesin pencari mengarahkan pengguna internet untuk mengunjungi website kita.

Mungkin dimukan berbagai macam website yang menjelaskan bagaimana membuat website yang SEO, tapi ini salah satu website yang saya suka, karena membahas lengkap, dari SEO sampai cara mesin pencari bekerja : nihblogger

Tapi pada intinya, ada kegiatan-kegiatan utama yang dilakukan untuk sukses pemasaran online dengan SEO, apa saja?

1. keyword research
2. SEO On-Page
  • Membuat Judul yang Humanis dan Disenangi Oleh Mesin Pencari
  • Tidak Over Dalam Menerapkan Kata Kunci
  • Link Permanen Website yang Memuat Kata Kunci
  • Meta Deskripsi yang Menggambarkan Isi Konten dan Kata Kunci
  • Memuat Link Eksternal yang Mengarahkan ke Website Lain Sesuai Dengan Konteks
  • Memuat Link Internal untuk Jadi Refrensi Tambahan
  • Membuktikan Konten Yang Dimuat Website Sesuai Dengan Kata Kunci

3. SEO Off-Page
  • Membangun Kerjasama Dengan Website Lain yang Dapat Memberikan Otoritas Lebih di Mata Mesin Pencari
  • Membangun Backlink

4. Maintance SEO

Membangun Akun Media Sosial yang Ramah Untuk Pengguna Internet

Media sosial pada saat ini bisa dijadikan sebagai saluran penjangkau audience, pendorong tindakan calon konsumen, dan penjaga hubungan antara konsumen dengan entitas bisnis.

Alasan yang harus diperhatikan adalah media sosial menjadi penghubung antara konsumen atau calon konsumen dengan entitas bisnis.

Itulah sebabnya, mengapa harus membangun akun media sosial yang ramah untuk pengguna internet.

Dan bagaimana caranya mengajak pengguna internet dan mengarahkannya jika tidak ramah dan menarik?

Caranya membuat akun media sosial yang baik untuk bisnis

  • Logo
  • Nama Akun Media Sosial
  • Deskripsi Bisnis
  • Bio Menarik
  • Branding Akun Media Sosial
  • dan tekahir ....

"memposting hal-hal yang memberikan nilai kepada pengguna internet di setiap postingan yang dikeluarkan oleh entitas bisnis"
Tanpa adanya postingan yang memberikan nilai, pasar tidak akan beraksi sesuai keinginan, karena pengguna internet memiliKI karakteristik yang unik, ialah memiliki rasa bosan yang cepat, jika postingan yang dikeluarkan tidak berbobot atau berkualitas, maka mereka akan cepat berpaling.

Tapi, kebanyakan dari media sosial entitas bisnis yang ada, tidak maksimal menurut saya, apalagi yang besar-besar perusahaannya, mengapa?

Karena tidak bisa menjadi sarana untuk berkomunikasi dengan baik.

Lantas apa tujuan dari membuat media sosial bagi mereka? untuk memajang foto atau tulisan?, atau sekedar share promo? bukan itu.

Media sosial itu untuk berintraksi dengan masyarakat dunia maya atau netizen yang diarahkan agar membeli produk dan tetap membeli produk.

Email Marketing: Jadul Namun Powerfull

Email marketing salah satu saluran pemasaran online yang exist dan memiliki pengaruh besar, kenapa email marketing?

  • murah
  • langsung ke calon konsumen
  • bersifat personal

Masalahnya adalah bagaimana kita bisa mendapatkan kontak calon konsumen kita?

Menurut saya, sesuatau yang murah apalagi gratis memiliki waktu pengerjaan yang lama, seperti jika berfokus membangun website yang SEO, tidak langsung tiba-tiba website mendapatkan peringkat pertama di halaman Google.

Yang natural tanpa backlink saja kadang 1 tahun, tergantung kompetisi dan isi dari konten yang disajikan.

Begitu juga dengan email marketing, waktu pengerjaannya lama, perlu waktu lama untuk mengumpulkan kontak-kontak calon pembeli potensial untuk dipenetrasi.

bagaimana agar mendapatkan email calon konsumen?

Jawabannya adalah dengan memberikan bantuan kepada mereka, siapa yang tidak mau untuk dibantu saat memiliki masalah?

Jangankan mereka, saya pun mau jika memang itu dapat menyelesaikan masalah.

Maka dari itu, membuat website tidak hanya diperuntukan mendapatkan kunjungan, tetapi menjadi solusi bagi calon konsumen juga.

Untuk secara teknis, bisa meletakan kotak subscribe pada bagian side bar, header bar, atau di tengah konten website atau menawarkan fitur lebih jika mereka melakukan registrasi ke dalam website.

Banyak list email = banyak calon pembeli potensial.

Saya memberikan tips agar email marketing dapat mengonversikan 28% kunjungan menjadi penjualan.

  • Header 
  • Gambar Produk
  • Informasi
  • Penawaran
  • Kontak/ link menuju produk

berikut contohnya:

Jangan Beriklan di Internet Sembarangan

Saluran terakhir adalah beriklan di internet, dan itu berbayar.

Kenapa milih yang berbayar jika ada yang gratis? tidak ada salahnya jika berfikir demikian, tapi jika memikirkannya secara objektif beriklan di internet juga tidak menjadi masalah.

Yang membedakan antara berbayar dan tidak berbayar alias gratis adalah waktu pengerjaan dan efeknya.

Jika berbayar biasanya akan lebih instan.
tapi tidak konsisten, konsisten jika budget juga konsisten.

vs

Jika tidak bayar alias gratis lebih lama waktu pengerjaannya
tapi, pengunjung dari mesin pencari lebih konsisten

Berbayar bukan berarti kita lantas membuang uang dengan percuma, akan membuang dengan percuma jika tidak diriset, diukur, dan ditarget.

Membayar iklan juga butuh riset, hal mendasar dari semua sistem pemasaran online adalah mempertemukan kebutuhan konsumen dengan produk yang kita miliki, maka dalam memasarkan dengan iklan prinsip itu pun harus dipegang.

Misalnya, saat ingin menjual mobil maka kata kunci apa saja yang ada di internet yang dapat mengarahkan pengguna internet untuk mengklik website kita.

Jika tidak nyambung antara iklan dan konten yang mereka cari, hasilnya akan buruk, penjualan tidak terjadi, dan uang pun habis.

Time Frame Pemasaran Online

Untuk masing-masing saluran memiliki waktunya masing-masing, contohnya menaruh email marketing sebagai saluran pertama untuk mengonversi penjualan adalah hal yang konyol, karena pertama-tama harus memiliki kontak calon pembeli terlebih dahulu.

Maka, bagaimana agar pemasaran online bekerja dengan baik?

Menjangkau Audience dan Target Konsumen


  • SEO & Konten Marketing
  • Iklan Berbayar
  • Media Sosial

Tujuan:
Memperbanyak Pengunjung

Mendorong Aksi Konsumen


  • Konten Marketing
  • Social Media Marketing
  • Live Chat

Tujuan:
Mengakrabkan Calon Konsumen Dengan Produk Kita

Mengonversi Calon Konsumen Menjadi Konsumen


  • Email Marketing
  • Tombol Beli Yang Mudah dan Mencolok
  • Media Sosial

Tujuan:
Mendorong Penjualan Kepada Target Konsumen

Engagement


  • Email Marketing
  • Personalisasi (Personal chat, DM, dan phone marketing)

Tujuan:
Mengikutsertakan Konsumen Untuk Memasarkan dan Membesarkan Produk

Related Posts

Subscribe Our Newsletter