Marketing Mix : Bauran Pemasaran Produk


Dalam pemasaran ada bauran pemasaran untuk memudahkan kita dalam menyusun strategi pemasaran, salah satu poinnya adalah bauran pemasaran produk

artikel ini akan membahas tentang bauran pemasaran produk, bagaimana produk dapat menjadi senjata ampuh, untuk mendorong penjualan dan menetapkan posisi produk di dalam pasar.

Apa itu Produk?

Produk adalah output yang dikeluarkan oleh perusahaan berupa barang atau jasa, yang ditawarkan kepada konsumen dengan harga yang benar.

Menciptakan Nilai Adalah Esensi Dalam Masalah Bauran Pemasaran Produk

inti yang sebenarnya yang dihadapi pada saat berbicara tentang bauran pemasaran produk adalah nilai yang ditawarkan, ketika tidak bisa menyelesaikan masalah nilai, artinya tidak ada yang bisa dijual untuk konsumen.

pada dasarnya konsumen membeli berdasarkan nilai yang akan didapatkan pada suatu produk, sebagai contoh: saya membeli sebuah komputer untuk menyelesaikan masalah pekerjaan agar lebih mudah, nilai yang saya dapatkan dalam membeli produk komputer adalah pekerjaan yang akan lebih mudah untuk diselesaikan.

pada celah itu pula lah pemasar akan menyusun strategi untuk memasarkan produk yang mereka akan jual.

Kotler dalam "principles of marketing" menawarkan gagasan untuk mengklasifisikan nilai tambah yang harusnya dipikirkan pemasar untuk disajikan kepada konsumen, yaitu:

Inti

inti dari nilai tambah adalah nilai spesifik yang menjadi inti nilai yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen, misalnya saya membeli handphone yang pada inti nilai yang ditawarkan adalah untuk menelpon atau menghubungkan saya dengan orang yang tidak dapat saya jangkau.

Faktual

nilai faktual yang ditawarkan pemasar dalam produk, secara singkat nilai faktual adalah fitur-fitur yang dimiliki oleh produk yang membedakan antara produk A dan produk B yang menjadi karakteristik produk tersebut, sebagai contoh saya membeli handphone Samsung yang memiliki nilai faktual:
  • dijalankan dengan sistem operasi android
  • sangat mudah digunakan
  • kamera 13 MP
  • RAM mencapai 8 GB
  • dan sebagainya

Augmented

adalah nilai yang ditambahkan kepada produk agar produk menjadi lebih baik lagi, sekaligus menjadi pembeda yang signifikan, misal saya membeli handphone Samsung, ketika saya membeli akan mendapatkan:
  • garansi selama 2 tahun
  • service gratis
  • layanan konsultasi gratis
  • Paper Bag Gratis

Bagaimana Membuat Produk Yang Tepat Untuk Konsumen?

konsep bauran pemasaran produk adalah mencocokan apa yang dibutuhkan pasar dengan produk yang kita produksi.

seiring dengan meningkatnya persaingan, fitur-fitur dan berbagai kelebihan banyak yang diperbaiki untuk memuaskan konsumen, tapi bukan hanya memperbaiki produk saja yang dibutuhkan, namun juga mencari inovasi agar produk tetap menjadi pilihan.

terkait permasalahan ini, divisi marketing perlu memutuskan sebuah strategi untuk membuat produk tetap diminati oleh konsumen, dengan memutuskan :

Keputusan Akan Desain Produk

membuat keputusan akan desain produk adalah hal yang sangat penting, karena terkait dengan bagaimana produk dilihat oleh konsumen, seperti:
  • bentuk fisik produk (untuk produk berupa barang)
  • Packaging (bentuk kemasan dari produk)

Keputusan Akan Kualitas Produk

Keputusan yang diputuskan adalah kualitas produk yang akan dijual kepada konsumen, bagaimana posisi produk berdasarkan kualitas di mata konsumen.

pada hakikatnya, konsumen akan memilih produk yang memiliki kualitas terbaik, namun semakin bagus kualitas produk, semakin mahal juga harga yang ditawarkan, sehingga masalah ini pun terkait dengan masalah produksi dan bauran pemasaran harga yang akan dibahas.

Keputusan Akan Fitur

Masalah fitur adalah salah satu masalah mendasar dalam bauran pemasaran produk, karena biasanya fitur menjadi salah satu strategi pembeda produk satu dengan yang lainnya.

berbicara tentang kualitas, maka berbicara tentang kualitas nilai inti dari produk, tapi jika berbicara fitur, maka berbicara tentang apa yang dibawa selain nilai inti, seperti yang telah dijelaskan di atas..
  • bagaimana spesifikasi yang ditawarkan produk?
  • keuntungan apa lagi yang didapat?
  • apakah akan ada biaya tambahan ketika mendapatkan fitur lebih dari produk yang dijual?

Keputusan Akan Branding

Branding adalah salah satu aktivitas pemasaran yang membuat produk tidak hanya dilihat sebagai barang atau jasa yang ala-kadar nya, branding membawa konsumen dapat mempercayai produk sehingga pada akhirnya mendorong konsumen untuk membeli.

dapat dilihat bagaimana Coca Cola membranding produk mereka menjadi produk yang diinterpretasikan sebagai minuman untuk diminum bersama orang-orang tercinta dan orang dekat.

artikel tentang produk coca cola dalam memenangkan pasar soft drink disini: Kesuksesan Di Balik Strategi Pemasaran Coca Cola yang Tidak Relevan

kesuksesan dari bauran pemasaran produk dapat dinilai dari beberapa poin ini:

  • produk dapat memberikan apa yang diinginkan konsumen
  • produk berapa pada harga dan kualitas yang tepat saat dijual
  • produk dapat menekan biaya produksi dan dijual dengan harga yang dapat memberikan keuntungan lebih besar pada perusahaan
  • produk diinterpretasikan oleh konsumen dengan baik, menarik untuk konsumen, dan sesuai karakteristik brand yang akan dibangun
  • produk dapat mengidentifikasi kebutuhan baru yang belum lengkap setelah berada pada konsumen, sehingga dapat menjadi bahan untuk mengembangkan produk berikutnya yang lebih baik.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter