Cara Memulai Bisnis Kuliner Online Untuk Pemula

Posting Komentar

Apakah anda berfikir untuk memulai bisnis kuliner dengan cara online? jika iya simak dulu kelebihan dan kekurangan serta apa saja yang perlu anda siapkan dalam memulainya.

dekade terakhir ini transformasi digitalisasi pasar sudah sangat pesatnya, mulai dari bisnis baju, bisnis makanan, bisnis transportasi hingga bisnis keuangan, dilakukan dengan cara online. bisnis kuliner atau makanan juga mendapatkan angin segar dengan adanya perkembangan teknologi ini, sebut saja grab food dan go-food yang menjadi pihak ketiga dalam menyambungkan antara konsumen yang jauh menjadi lebih mudah dalam menjangkau makanan yang mereka ingin rasakan.

sesungguhnya dalam membuat bisnis kuliner apalagi online memiliki banyak tantangan dan keuntungan, maka tak sedikit pembisnis di bidang ini yang juga mengalami kegagalan, salah satu yang mendukung kegagalan yang terjadi adalah harga, rasa, dan ketahanan makanan, lalu bagaimana cara kita untuk memulai bisnis kuliner online ini? 

5 Alasan Memilih Bisnis Kuliner Online

Jika anda memilih untuk memulai bisnis kuliner online ini dia alasan untuk memulainya:

  • Pangsa Pasar yang Besar
  • Makan Adalah Kebutuhan Pokok
  • Praktis Karena Online
  • Mudah Mendapatkan SDM
  • Bahan (Raw Material) Mudah Didapat


Tantangan Dalam Bisnis Kuliner Online

Rasa yang Disajikan

soal rasa memang tak pernah bohong!, salah satu penyebab orang tidak mau membeli kuliner yang anda buat adalah soal rasa, karena banyak yang membeli produk kuliner juga ingin merasakan rasa yang enak dan lezat, di samping itu rasa juga memberikan peranan penting dalam pemasaran dengan metode dari mulut ke mulut (word of mouths) yang juga memberikan kontrobusi dalam perkembangan bisnis anda.

Packaging yang Serius

tantangan serius lainnya adalah packing atau packaging dari bisnis kuliner yang anda tawarkan, karena anda mengejar pasar online maka akan ada proses pengantaran yang memakan waktu dan masalah fresh form the oven, pemilihan packaging yang salah membuat masakan yang anda jual mungkin berantakan dan tidak menggugah selera dalam penjualan berikutnya, maka dari itu dalam menentukan packing ini pun anda harus serius dan konsen agar mendapatkan hasil terbaik untuk disajikan ke kostumer

Perlu Penyimpanan Besar

tantangan lainnya yang anda harus perhatikan adalah masalah penyimpanan, sudah menjadi rahasia umum yang ditakutkan oleh para pembisnis kuliner adalah bahan mereka yang basi dan tidak fresh, untuk itu anda perlu memikirkan bagaimana cara melakukan stock bahan dasar produk kuliner anda bisa bertahan lama

Memerlukan Perputaran yang Cepat

selain tempat penyimpanan, perputaran yang cepat juga dapat membantu anda dalam menyelesaikan masalah penyimpanan, semakin cepat anda menjual produk anda, semakin baik juga barang masuk dan keluar, sehingga resiko basi dapat dihindari

Tidak Bisa Menjangkau Wilayah yang Luas

selain itu wilayah pemasaran dan penjualan produk tidak bisa dilakukan menjangkau
bisnis yang menggabungkan offline dan online, jadi tidak bisa hanya online karena membutuhkan dapur atau tempat untuk mengolah bahan dasar.

Target Pasar

  • pekerja yang tidak memuliki waktu untuk keluar
  • mahasiswa
  • anak muda
  • penggemar makanan 

Saluran Pemasaran Terbaik Dalam Menjual Produk Kuliner Online

  • menggunakan aplikasi gojek, grab dan layanan sejenis lainnya
  • instagram (recommended) untuk menampilkan etalasi produk
  • what's app
  • facebook page
  • brosur (untuk offline)

Modal yang Diperlukan

  • smartphone
  • pengetahuan tentang memasak
  • tempat untuk memasak
  • toko atau tempat makan
  • peralatan masak
  • tempat penyimpanan seperti kulkas
  • total modal Rp. 5.000.000 - Rp. 20.000.000

Frequenly Asked "Tentang Bisnis Kuliner Online"

Makanan Seperti Apa yang Laku Dijual Online?

itu anda yang memutuskan, yang menjadi trend akhir-akhir ini adalah produk kuliner yang memiliki brand tersendiri dan packing yang baik, seperti MYNUM, atau Munim atau talas bogor, atau cake artis atau pemain lama seperti Domino pizza, KFC, dan Mc Donald.

ini tegantung apa yang anda sajikan dan bagaimana kuliner itu diterima di tangan costumer dan bagaimana pola yang cocok dengan kuliner yang anda tawarkan.

Cara Agar Binsis Kuliner Banyak Pembelinya?

caranya dipasarkan, dibangun kesadaran akan produk kuliner anda di media online dengan menggaet endrosment untuk testimoni rasa dan bagaimana bentuk saat diterima dan dengan promo yang ditawarkan bisa berupa paket, berupa free ongkir atau berupa cashback.

Bagaimana Cara Mengatur Stock Bahan Agar Tidak Mudah Basi?

dengan melakukan perputaran penjualan yang cepat dan pemilihan storage penyimpanan seperti kulkas atau mesin pendingin agar tetap fresh.

Keuntungan Rata-Rata yang Dihasilkan?

keuntungan rata-rata yang dapat dihasilkan bergantung dengan penjualan yang anda lakukan, menghitung keuntungan dapat menggunakan margin dan seberapa banyak keuntungan yang ingin anda dapatkan di setiap sales yang terjadi.

perhitungan tersebut sebaiknya juga memperhitungkan keberlanjutan bisnis kuliner online anda ke depannya, misal dengan menyasar target frencaise agar pembukaan cabang dapat dengan mudah dan murah

Apakah Memerlukan Brand Sendiri Dalam Bisnis Kuliner Online?

iya, untuk sekarang, bisnis kuliner yang besar secara online biasanya menggunakan brand sendiri, seperti yang telah saya tuliskan pada jawaban dari pertanyaan pertama, brand sendiri juga membantu konsumen dalam mendefinisikan produk dan keuntungan yang mereka dapat ketika mereka membeli produk anda.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter