Pemasaran Langsung Untuk Bisnis Online Anda

Pengertian Pemasaran Langsung


pernah dengar kata pemasaran langsung? atau direct marketing, jika anda sedang semangat untuk membangun bisnis online anda sendiri, jangan lupa untuk belajar tentang pemasaran langsung, karena hal ini lah yang sangat berperan penting dalam penjualan bisnis online anda.

Pemasaran Langsung adalah ...

pemasaran langsung adalah bentuk promosi dengan menggunakan surat, telepon, fax-email, email dan berbagai alat penghubung non-personal untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan untuk mendapatkan tanggapan. (Shimp : 2000)

direct marketing adalah bentuk promosi langsung kepada pelanggan untuk mendapatkan tanggapan dan respon penawaran yang telah dihitung secara cermat untuk mendorong penjualan.

secara praktek kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam pemasaran langsung adalah:


  1. email marketing
  2. live support
  3. akun-akun media sosial
  4. sms marketing
  5. kotak respon di berbagai media (seperti google play store dalam di feedbacknya, rating website berdasarkan kepuasan pengguna, meminta tanggapan langsung berupa testimoni).

Manfaat Pemasaran Langsung Bagi Pembisnis Online dan Pembeli

pemasaran langsung memberikan manfaat kepada penjual dan pembeli yaitu berupa:

kenayaman

pemasaran langsung memberikan kenyaman bagi kedua belah pihak, karena alur komunikasi lebih lancar, sehingga pembeli dapat dengan mudah menyampaikan saran, umpan balik, komentar dan kritik untuk membangun bisnis lebih baik ke depannya.

personalisasi

perlu diketahui, dalam bisnis online khususnya personalisasi untuk pelanggan itu diperlukan, boleh dibilang sangat diperlukan, pertama untuk mengidentifikasi pelanggan anda guna menawarkan produk yang sesuai, di samping itu, personalisasi penjualan kepada pelanggan adalah bentuk kepedulian perusahaan (bisnis) dalam memberikan layanan.

update produk serta promonya

pemasaran langsung juga memberikan manfaat kepada pelanggan akan update produk terbaru, dan mereka mendapatkan akses yang paling awal untuk mencoba sebagai penawaran, beberapa perusahaan memberikan produk gratis kepada pelanggan setia untuk dicoba dan tujuannya untuk mendapatkan feedback dan pemasaran gratis kepada orang lain dalam bentuk rekomendasi.

hal itu hanya akan terjadi ketika pemasaran langsung diterapkan di bisnis online anda, karena sifatnya lebih personal, dari segi penjual, selain mendapatkan feedback dan rekomendasi akan produk yang dijual, pemasaran langsung dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pembeli.

kecepatan dalam merespon keluhan dan saran

pemsaran langsung juga dapat menjadi sarana untuk menanggulangi resiko di kemudian hari, pemasaran langsung yang baik seharusnya memiliki standar untuk merespon keluhan dan saran pelanggan mereka, seperti mengeksekusi keluhan secepat mungkin, dalam hitungan jam atau menit untuk memverifikasi masalah mereka.

saya jujur sering mengeluhkan produk-produk online karena lamanya dalam proses keluhan, walaupun dalam hal, termasuk beberapa unsur, bukan hanya dalam segi pemasaran tetapi dalam costumer service namun respon cepat dalam menangani keluhan juga menjadi indikator untuk dianggap bagus atau tidak kinerja perusahaan tersebut.

interaktif

selain itu dalam pemasaran langsung biasanya lebih interaktif karena tidak hanya menawarkan produk namun juga tanggapan yang kita berikan. ada orang yang merespon akan apa yang kita berikan kepada perusahaan atau bisnis tersebut, sehingga kita merasa diberikan jawaban untuk masalah kita.

karena saya yakin kita itu ingin berbisnis atau jual beli dengan manusia bukan dengan robot, karena apa? karena kita makhluk yang memerlukan interaksi, dan dari situlah tawar menawar dalam urusan jual-beli lebih mengasikan.

selain pemasaran langsung, saya punya bahasan asik dan seru lainnya tentang dunia bisnis, seperti strategi coca cola yang tidak masuk akal tapi sangat berhasil hingga saat ini dan data pribadi yang dihimpun oleh toko online untuk penetrasi pasar, bisa di cek di bawah ini.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter