Strategi Email Marketing Untuk Bisnis Kecil


Banyak Pakar internet marketing, yang menyarankan untuk membangun email marketing sedini mungkin untuk menarik konsumen.

Saya sebelumnya pernah menuliskan tentang email marketing pada artikel ini : Cara Kerja Pemasaran Online : Menjangkau Pasar Yang Lebih Luas , pada artikel itu saya membahas tentang email marketing dan kapan kita bisa meluncurkan program email marketing.

Mengetahui Lebih Dalam Tentang Email Marketing

Sangat jelas jika email marketing tidak bisa menjadi starter untuk strategi pemasaran online, karena email marketing membutuhkan list email sebagai target kiriman promo dari produk bisnis kita, maka sebelum kita bahas akan hal-hal teknis tentang email marketing, kita bahas dulu konsep dan cara main dari email marketing itu sendiri.


Yang pertama adalah tentang konsepnya

Bagaimana sebuah pengiriman email dapat meningkatkan penjualan?, hingga banyak orang yang mengatakan bahwa email marketing menjadi salah satu strategi dasar untuk mendapatkan peningkatan penjualan produk.

Dalam ilmu pemasaran, email marketing dikategorikan sebagai pemasaran langsung atau direct marketing, direct marketing sesuai yang pernah saya tulis juga, adalah usaha yang dilakukan entitas bisnis untuk mencapai target pasar dengan sarana non-personal yang nantinya digunakan untuk kepentingan berkomunikasi dengan konsumen.
Contoh Email Marketing Yang Baik

Anda dapat melihat artikel tentang pemasaran langsung di sini : Pemasaran Langsung Untuk Bisnis Online Anda

Tujuan Email Marketing

Email marketing memiliki tujuan untuk :
  • mengingatkan akan brand atau produk
  • menjadi sarana umpan balik
  • menjadi sarana berkomunikasi antara entitas bisnis dengan konsumen
  • meningkatkan hubungan antara konsumen dan entitas bisnis
  • memberitahu lebih awal penawaran atau promo kepada konsumen
setelah ini, maka kita akan membahas tentang cara kerja dari email marketing.

Secara teoritis memang email marketing adalah salah satu bagian dari pemasaran langsung, namun praktek yang digunakan pada saat ini, sebenarnya dimulai ketika orang-orang sudah beralih menggunakan internet sebagai salah satu cara untuk menerima pesan.

Email adalah satu alamat pesan virtual yang bisa kita dapatkan ketika kita mendaftar di salah satu penyedia layanan email, seperti google, yahoo, microsoft, atau bahkan kita dapat membuat email sendiri dengan menggunakan domain yang kita inginkan.

Karena email adalah alamat virtual untuk orang mengirimkan surat elektronik, maka email layaknya sebuah alamat rumah atau sebuah kotak surat yang menjadi suatu hal pribadi untuk dimiliki oleh warga internet (warganet).

Maka, tak asing jika kita akan selalu dimintai alamat email untuk mendaftar ke dalam sebuah website ,seperti facebook, twitter, paypal, shoppe, amazon, atau berbagai website lainnya.

Mengharuskan untuk memberitahu email untuk mendaftar adalah hal yang lumrah dan salah satu strategi marketing, tujuannya agar para situs-situs tersebut dapat mengirimkan kepada konsumen mereka dengan personalisasi yang baik, maka tidak jarang, email kita dipenuhi dengan pemberitahuan dari situs-situs yang pernah kita daftarkan.

Berbicara tentang email marketing itu sendiri, sepertinya kita akan mendapatkan banyak keuntungan ketika kita sudah memiliki pelanggan dengan jumlah besar, karena menurut data, email marketing dapat meningkatkan penjualan hingga 38% hampir 40% dari total keseluruhan penjualan pada bulan-bulan umumnya tanpa email marketing.

Jika anda berfikir bahwa email marketing hanya lah sebuah strategi untuk mengirimkan sebuah email promo kepada konsumen anda, anda salah, mengapa? karena email marketing itu jauh lebih hebat lagi, bukan hanya sekedar untuk mengirim email.

Merancang Strategi Email Marketing Untuk Bisnis Kecil

Sumber Gambar dari : myemma.com

Seperti yang sudah saya bicarakan di arikel-artikel sebelumnya, bahwa untuk memulai alur strategi kita butuh rencana dan sasaran, maka untuk langkah tersebut saya akan lewati saja, anda yang penasaran dengan langkah perencanaan dan sasaran pemsaran, bisa anda lihat pada halama berikut : Panduan Lengkap Membuat Marketing Plan Untuk Bisnis Anda

Maka sebelum anda melakukan pengiriman, anda perlu desain email yang anda akan sampaikan kepada konsumen, entah itu email selamat datang, entah itu email penawaran, anda perlu sebuah template email marketing, semuanya harus berformat agar meningkatkan profesionalitas bisnis anda dan menentukan standar kualitas email yang anda kirimkan.

Format Template Yang Ideal

Hal penting yang harus anda taruh dalam email marketing anda adalah:
  1. Nama perusahaan
  2. Alamat dan deskripsi singkat perusahaan anda
  3. Konten
  4. Kontak yang dapat dihubungi : bisa berupa alamat website, nomor telp kantor, dan akun media sosial
Tapi, jika kita berbicara secara luas, tentang desain dari email marketing, kita akan banyak berbicara tentang visual yang harus kita taruh dalam email tersebut.

Fakta Tentang Email Marketing

Ada beberapa fakta yang dapat anda gunakan agar anda dapat meningkatkan performa email yang anda kirimkan :
  • gambar yang atraktif dapat memberikan tambahan interaksi lebih banyak dibandingkan yang tidak
  • email dibuka oleh pengguna hanya 10 detik sampai 1 menit, sehingga anda perlu mempersingkat email anda
  • email harus jelas dan padat tujuan dan isinya
  • tombol link untuk setiap informasi tambahan yang pelanggan butuhkan, dan buat tombol link menarik dan simple
  • hindari desain yang tidak menggambarkan karakteristik perusahaan, seperti asal saja membuat template email yang anda kirimkan

Strategi Pemasaran Email Marketing Yang Dapat Meningkatkan Engagement

Ucapan Selamat Datang

Oke kita akan berlanjut untuk merancang strategi email marketing, pada tahap awal mula ketika konsumen sudah bersedia untuk mendaftarkan email mereka dalam listing konsumen kita, maka kita perlu memberikan rasa bangga kepada mereka telah menjadi bagian dari bisnis kita.

Meningkatkan rasa bangga dapat kita berikan dengan memberikan email konfirmasi yang berisikan selamat kepada mereka, namun bisa juga anda berikan sebuah bonus poin misalnya dalam email yang anda kirimkan, agar mereka juga tidak sia-sia membuka email selamat dari anda.

Personalisasi Promosi Produk

Jika kita banyak melihat artikel tentang internet marketing, kita akan disuguhkan dengan data analisis berbasis digital dan big data, saya menulis hal tersebut dan menjadikan itu adalah sebagai keuntungan kita sebagai pembisnis agar dapat meningkatkan penjualan.

Anda dapat melihat studi kasus data analisis dan big data pada halaman ini: Data Privasi Pelanggan Dalam Big Data dan Toko Online (E-commerce)

Rasanya memang kita perlu memahami akan keinginan dari setiap konsumen, karena konsumen lah yang membuat bisnis kita besar, bagaimana kita dapat melakukan personalisasi?

Cukup jelas, kita perlu data - data digital yang masuk ke dalam website kita, kita dapat menggunakan Google analytics untuk mentrack aktivitas dan bagaimana konsumen kita berprilaku, atau anda bisa menggunakan beberapa tools atau program sendiri yang dapat mentrack aktivitas dari pengunjung website anda.

Namun, yang perlu anda sampaikan adalah transparansi dari data yang anda kumpulkan, jangan pernah sekali pun untuk membohogi pelanggan atau konsumen dalam arti apa pun, karena mereka tidak menerima alasan, mereka hanya terikat dengan jual-beli, maka email marketing harus juga bisa menjadi soslusi alternatif untuk membuat interaksi.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, anda perlu untuk membuat sebuah desain template dan format yang baik untuk dikirimkan ke email konsumen anda, dalam hal penawaran anda jangan pernah memberikan email marketing yang bertele-tele, karena yang tidak to the point akan semakin mudah ditinggalkan, mereka hanya ingin membaca email selama 10 detik - 1 menit saja.

Jadi jangan terlalu mempersulit di dalam email, tinggal berikan saja kata ajaib pemasaran "S&K berlaku (syarat dan ketentuan berlaku)".

Buat Jadwal Untuk Mengirimkan Email

Seperti yang saya katakan, kita bangun relasi dan hubungan antara entitas bisnis yang kita bangun dengan konsumen, layaknya orang spesial bagi kita, kita perlu memberikan perhatian khusus kepada mereka, entah itu siapa pun, yang anda tahu mereka adalah konsumen yang sangat berharga.

Untuk membuktikan bahwa anda memiliki perhatian kepada mereka, anda perlu buat jadwal di waktu-waktu yang tepat, anda tidak bisa membuat email dan megirimkan kepada mereka setiap hari, itu akan mengganggu mereka, layaknya marketing yang dilabeli pada saat ini.

Pada suatu keadaan, konsumen bisa melupakan brand atau produk yang kita jual, membuat jadwal untuk mengirimkan email menjadi solusi agar kita diperhatikan kembali oleh mereka, sehingga brand awarness produk kita tidak hilang menguap setelah mereka membeli produk dari kita untuk pertama kalinya.

Lantas jadwalnya kapan saja? tiap bulan kah? atau tiap seminggu kah? atau kapan?

Kita perlu melakukan listing hari-hari besar, agar mereka pun ingat di saat santai, walaupun kemungkinan besar mereka buka email bukan pada hari santai, karena kebanyak orang indonesia akan membuka email pada saat mereka sedang sibuk kerja, atau sedang ingin mencari hiburan, tapi sebagai pembisinis kita tidak usah pikirkan hal-hal seperti itu, yang penting kita dapat memberikan yang terbaik untuk konsumen kita.

Meminta Umpan Balik (Feedback)

Terkadang banyak juga yang tidak melakukan feedback di email marketing, padahal menurut saya feedback pada email marketing adalah hal yang sangat bagus, mengapa?
  1. karena dapat dijadikan testimoni
  2. bisa memperoleh feedback yang lebih jujur sesuai pengalaman tanpa dipengaruhi oleh feedback-feedback lainnya
  3. memiliki hubungan yang lebih kuat antara konsumen dan entitas bisnis

walaupun kita akan mendapatkan lebih banyak keuntungan saat kita meminta umpan balik menggunakan email, tetapi ada satu permasalahan yang sering di hadapi, yaitu adalah kita sulit untuk mendapatkan umpan balik, karena kebanyakan mereka yang mengacuhkan email permintaan feedback.

ya, saya dulu juga seperti itu, tidak mau mengisi umpan balik, namun sekarang saya sadar bahwa umpan balik untuk sebuah perusahaan, produk, dan entitas bisnis sangat diperlukan, karena untuk bahan evaluasi dan testimoni.

Namun, ada kala juga kita menyisipi permintaan feedback kita dengan hadiah, agar mereka mau mengisi permintaan kita, kita tidak membayar mereka untuk memberikan review tak jujur, namun apa pun jawaban dari konsumen itu lah yang akan kita terima, alasan untuk perbaikan bisnis online yang dijalankan ke depannya.
"hubungan kita dengan konsumen layaknya jual beli pada umumnya, bukan berarti virtual menganggap mereka seperti sapi perah, maka menjaga hubungan adalah kunci sukses dalam pemasaran langsung, dan memberi perhatian adalah kunci untuk diperhatikan"
Oke, mungkin saya cukupkan untuk artikel kali ini, masih ada banyak trik dan tips yang bisa saya bagi, namun karena kita perlu belajar dasarnya terlebih dahulu, kita akan menyambung di kesempatan berikutnya.

Kritik dan saran bisa disampaikan melalui kolom komentar, dan untuk anda yang ingin bertanya, kolom komentar pun bisa dijadikan sarana atau anda dapat mengirim email ke saya dengan melihat kontak di halaman tentang kami.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter