Strategi Pemasaran Online: SEO untuk Bisnis Kecil


Mungkin banyak dari pembaca yang tidak paham apa itu SEO, dan apa kegunaan SEO dalam membangun bisnis.

dalam beberapa kesempatan saya sudah pernah menulis bagaimana cara dan strategi pemasaran online yang baik, di dalam situ saya sertakan tetang SEO juga, lalu apa yang menjadi pembeda antara artikel itu dan yang sekarang anda baca?

perbedaannya fokus, karena di artikel yang lain saya tidak membahas dengan lengkap apa itu SEO dan bagaimana diterapkan dalam bisnis kecil.

ini adalah seri ke-3 dari tulisan saya yang bertema membangun bisnis kecil dari internet tanpa modal, jadi banyak cara yang saya ulas tidak membutuhkan uang sama sekali, jadi istilahnya free tanpa ada biaya sepeserpun.

kalo anda mau melihat dari awal tentang tema bisnis online tanpa modal, anda dapat akses melalui link-link di bawah ini:

iya, itu dua tulisan saya yang bertemakan membangun bisnis online tanpa modal, kita akan lanjut ke strategi pemasaran yang bisa kita terapkan di dunia maya, khususnya menyasar pengguna Google.
Oke, kita akan bahas dulu konsep SEO.

apa itu SEO?

secara harfiah, SEO adalah search engin optimization, atau optimasi mesin pencarian.

secara istilah adalah segala cara optimasi yang dilakukan oleh webmaster (pemilik website), agar website mudah ditemukan di mesin pencarian.

Mendefinisikan Permasalahan Strategi Pemasaran Online dan SEO

saya ingin membahas tentang permasalahan kita terlebih dahulu, agar sama-sama clear, tentang tujuan kita menggunakan SEO.

sama seperti saya dulu yang memiliki masalah tentang pemasaran dan peluang pemasaran dengan cara online, keinginan saya dan kenyataan yang saya hadapi tidak bisa bertemu, saya perlu dan harus menyelesaikan masalah pemasaran online ini dan bagaimana caranya meningkatkan visibilitas website agar banyak dikunjungi.

Akhirnya muncul pertanyaan yang seharusnya ada di benak anda juga, yaitu:

apakah SEO dapat menyelesaikan masalah pemasaran online?

pada faktanya, mesin pencarian digunakan hampir 80% pengguna internet untuk berselancar dan menemukan apa yang mereka inginkan.

dan ada 90% pasar mesin pencarian yang dimiliki oleh Google dan menobatkan Google sebagai raksasa mesin pencarian, yang artinya kita akan lebih banyak berbicara cara melakukan SEO berdasarkan algorithma Google dan sesuai dengan banyak pakar internet marketing.

Tujuan Kita Menggunakan SEO Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Online

apa tujuan kita menggunakan SEO untuk melakukan strategi pemasaran online?

jawabannya tentu saja beragam, saya dulu hanya ingin website bisa banyak dikunjungi, tapi seiring berjalannya waktu, saya berfikir, ternyata bukan hanya itu saja kegunaan yang didapat dengan SEO, lalu apa saja kegunaannya?
  1. meningkatkan visibilitas website
  2. membuat kampanye terselubung tanpa merusak kealamian ekosistem internet
  3. menambah dan meingkatkan pengunjung dari internet ke website kita secara natural
  4. untuk membentuk brand di mata pengguna internet
  5. meningkatkan konversi pembelian produk kita

Meriset Pasar Internet Agar SEO Dapat Bekerja Maksimal Pada Website Kita

lalu bagaimana kita memulai?

selalu dimulai dengan riset, apa pun itu strateginya anda perlu sebuah riset untuk membuat langkah-langkah anda beraturan dan tujuan pemasaran anda mantap untuk diterapkan.

riset juga bisa menjadi sarana untuk mempertemukan antara keinginan kita dengan realita pasar, dan dalam hal ini kita akan melakukan riset pasar untuk strategi pemasaran online dengan SEO.

ini kata blog-blog yang tersebar di internet ya, "kalo kita melakukan riset harus sesuai kata kunci yang rame tapi enggak punya saingan, long tail keyword, atau bahkan Laten Semantic Index", yang pada saat itu saya pun tidak paham.

jadi, bagaimana kita melakukan riset kata kunci dan riset pasar internet yang baik?
  1. memposisikan brand bisnis kita dapat dikenal
  2. meriset tentang interest netizen akan produk kita dan bagaimana kita dapat mempresentasikan website kita di depan mereka
  3. mencari kata kunci yang dapat kita akomodir dengan produk kita dan membuatnya menjadi keunikan tersendiri untuk website kita
  4. jangan pernah mengincar kata kunci atau kebutuhan pengguna internet yang tidak bisa kita penuhi
apakah long-tail keyword dan laten semantic index diperlukan untuk kita riset? tidak untuk anda dan saya sebagai pembisnis yang memiliki produk-produk yang dapat ditawarkan dan dapat dibuktikan.

Praktik SEO yang Baik Untuk Website kita

Apakah SEO itu dilarang? dan dianggap curang?

tidak sama sekali, SEO adalah hal yang wajar bahkan disarankan oleh Google agar mudah ditemukan orang, namun penyalahgunaan SEO untuk kepentingan pribadi, seperti membuat website terlarang dan mengarahkan pengunjung mesin pencarian ke website terlarang tersebut, baru yang dianggap dilarang dan melanggar.

maka, pada kesempatan kali ini, saya ingin berbicara bagaimana menggunakan SEO secara benar agar mesin pencari menaikan posisi website kita.

Off-Page

jadi, konsep dasarnya adalah validitas, ketika anda dapat membuktikan sebuah argumen, anda akan dianggap benar, dalam contoh kasus SEO yang sedang kita pelajari, ketika anda memberikan statement tentang "website resmi (produk) juki, Roti lezat, Kenyal, dan Paling Murah" maka, untuk membuat valid statement tersebut anda perlu membuktikan:
  1. itu adalah website resmi Juki (Salah satu produk roti)
  2. roti yang di sajikan lezat dan kenyal
  3. bahwa roti yang dibuat adalah yang paling murah.
bagaimana dapat membuktikan hal tersebut?

Backlink Dari Situs Lain

pertama yang paling kuat adalah anda direfrensikan oleh orang lain dengan menggunakan link tertaut ke website anda.

sebagai contoh ada sebuah blog yang merekomendasikan tentang roti, tulisannya seperti ini "saya baru saja mengunjungi sebuah toko roti dan mereknya itu "Juki", dan saya rasa rotinya itu sangat lezat, kenyal, dan paling murah se-Jakarta, so buat kamu yang mampir ke jakarta, kamu bisa cobain roti dari "Juki" karena gak ada duanya".

kata yang saya bold "paling murah se-jakarta" itu di isi link ke website resmi roti juki, dan itu meningkatkan popularitas website sebagai website untuk membeli roti termurah.

Penyebutan Kata Kunci Utama Website

Selain penautan langsung ke website, ada cara lain untuk membuat website kita naik, yaitu dengan menggunakan kata-kata yang sangat mudah dituliskan, jadi saya misalnya buat website itu namanya (tuliskan.com), jadi kalo ada orang yang menuliskan "tuliskan" maka mesin pencari dapat mengidentifikasi bahwa itu adalah kata refrensi ke website kita.
oh iya, saya hanya ingin mengingatkan bahwa strategi pemasaran digital dengan SEO harus mempunyai website, media sosial, atau google bisnisku!
"Wajib punya website untuk pemasaran dengan SEO, atau minimal kanal media sosial, atau google bisnis ku!"

Membangun Social Signal Di media Sosial

selanjutnya, cara pembuktian lain untuk konten kita adalah , kita bisa membuat kampanye media sosial, agar menggambarkan demografi netizen yang membicarakan produk kita sebagai produk yang sangat relevan dengan suatu kata kunci.

media sosial dianggap menjadi salah satu sinyal bahwa kehadiran suatu produk itu ada, maka tidak jarang juga, bisnis yang tidak memiliki website resmi itu diarahkan langsung ke media sosial, karena pada dasarnya mesin pencari ingin merekomendasikan hal yang paling akurat dan paling baik untuk penggunanya.

seperti yang saya utarakan di atas, tentang tujuan kita untuk membuat pengguna internet mengunjungi website bisnis kita, saya memasukan tujuan melakukan kampanye terselubung, apakah itu bisa?

tentu saja bisa!!

media sosial dan SEO memiliki keterkaitan, dimana ketika orang ramai dalam membahas sebuah fenomena, maka mesin pencari akan mencari hasil yang paling banyak dibicarakan, banyak contohnya tapi untuk kasus ini saya tidak mau menampilkan contohnya, karena sangat sensitif dengan aroma politik, jadi nanti saja di lain waktu.

SEO Localize (SEO Lokal)

Selanjutnya anda dapat melakukan optimasi dengan SEO Lokal, yang dimaksud dengan SEO lokal adalah anda menargetkan dan membuat website yang cocok untuk daerah anda.

misalnya anda menjual jasa bengkel di sekitar jakarta, maka anda dapat menargetkan kata kunci "bengkel terbaik di jakarta", anda dapat mendukung hal tersebut dengan membuat akun Google Bisnisku dan membuat sebuah halaman listing tentang keberadaan dari bisnis anda.

semakin lengkap dan spesifik informasi yang anda berikan, maka semakin mudah pasar yang anda target untuk menemukan bisnis anda.

SEO lokal adalah hal yang wajib -menurut saya- untuk anda terapkan dalam menaikan popularitas bisnis kecil anda di mata pengguna internet.

On-Page (Optimasi yang dilakukan saat membuat konten)


kita bisa sebut off-page sebagai rekayasa sosial untuk pengguna internet dari luar, maka kita sebagai pembisnis perlu menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan apa yang kita targetkan dari dalam.

mengapa kita perlu melakukan optimasi dari dalam?

untuk menjawab ekspektasi dari calon konsumen dan memberikan pelayanan yang baik kepada mereka di website kita.

Jangan Ada Broken-link Di dalam Website

cara pertama yang harus anda lakukan adalah, membuat semua link tautan bekerja, jangan ada yang tidak terisi atau tidak ada tujuan linknya, alias blank atau menuju kepada halaman 404.

saya kalo menemukan hal seperti itu, saya akan sedikit kecewa, karena saya punya ekspektasi untuk melihat apa yang dituliskan, ternyata link yang ditautkan tidak bisa dibuka.

maka, pastikan website kita bekerja sepenuhnya tanpa ada yang kosong, jika anda memiliki website yang baru dibuat dan masih ada link yang tidak bekerja, anda bisa menyelesaikan terlebih dahulu semua link yang diinginkan atau tidak mempublikasikan website tersebut.

link rusak, tidak hanya mengganggu para konsumen anda nantinya, tetapi juga mengurangi kepercayaan mesin pencari dalam merekomendasikan website anda, karena bot (mesin) mesin pencari menganggap bahwa website anda sedang dalam perbaikan atau memiliki kerusakan.

Isi Konten Sesuai Produk Yang Anda Tawarkan

kesesuaian konten adalah hal yang utama dalam melakukan optimasi di dalam on-page, kenapa saya bilang yang utama, karena sesungguhnya yang dicari oleh semua orang di internet adalah isinya, bukan tampilan atau bukan hanya sekedar link.

maka, urutan pertama dalam optimasi on-page adalah konten yang disajikan oleh kita kepada pengunjung website, jika kita menjanjikan menjual produk jam tangan, maka kita perlu menyiapkan konten penjualan jam tangan.

jika kita menjanjikan menjual jasa pengiriman yang cepat, maka kita harus mengisi konten dengan menjual jasa pengiriman yang cepat, disertai bukti off-page seperti yang saya tuliskan di atas.

bisa dengan menambahkan review dari situs terkenal atau bisa dengan cara membuat keramaian di media sosial tentang produk anda, atau yang lainnya.

banyak juga orang salah dalam mendefinisikan hal ini, karena banyak orang yang tidak mengerti tentang website dan asal mengisi konten, padahal isi konten lah yang menentukan baik dan buruknya website di mata konsumen dan mesin pencari.

contohnya, dia itu menjual jasa pemasaran online, namun dia lebih banyak membuat tulisan  tentang Doraemon, maka sebagai pengunjung website kita akan bertanya-tanya apa hubungannya pemasaran online dengan Doraemon? tentu saja itu akan menjadi nilai minus di mata konsumen dan mesin pencari.

Untuk artikel lebih lanjut tentang hal ini anda dapat melihat di bantuan Google pada halaman ini : Kata kunci dan konten tidak relevan

Struktur Website Yang Baik


Struktur website juga berpengaruh untuk praktek SEO On-page pada website bisnis anda, karena pada dasarnya yang mengevaluasi website anda adalah sebuah robot atau mesin yang dirancang oleh mesin pencari untuk meng-crawl (meliput halaman secara otomatis) dan diperhitungkan dimasukan ke dalam index.

nah, untuk dapat dipahami dengan mudah konten yang ada di dalam website kita, kita harus membuat struktur yang baik untuk mesin, tidak hanya untuk manusia tapi juga baik untuk mesin.

karena, banyak juga situs-situs bagus tidak didukung oleh struktur website (HTML, XML, XHTML) yang baik, sehingga membuat situs tersebut usang ditelan beratnya persaingan pasar online.

jika anda tidak sanggup untuk membuat struktur website yang baik, anda bisa menggunakan bootsrap, template, atau jasa pembuatan website, agar meningkatkan kepercayaan mesin pencari.

ada beberapa struktur khusus yang harus anda perhatikan sebelum membuat website bisnis anda, seperti misalnya anda menjual produk jilbab, gamis, baju, celana, atau  yang berbentuk barang, maka anda perlu menambahkan sebuah mark-up agar mesin dapat mengenali jenis konten yang anda sajikan.

mark-up tentang produk dapat anda lihat pada halaman berikut ini: Struktur Data Untuk Produk

Praktek SEO Kepada Website Bisnis

Jika anda menemukan artikel lain yang berbicara SEO dan sangat banyak poin-poin yang disampaikan, sedangkan ketika anda lihat sekarang hanya sedikit, saya hanya ingin menyajikan hal-hal penting yang tidak berubah dari update algorithma Google.

Karena pada prakteknya SEO itu memerlukan waktu yang lama, dan sedangkan update berkala Google itu sangat sering, jadi karena hal itu-lah saya mengamati dan membuat guidelines (petunjuk SEO) yang saya rasa terbaik dan singkat untuk anda yang sedang membangun bisnis.

dan saya juga sadar, bahwa tidak semua orang mengerti tentang teknologi internet, jadi permasalahan itu juga menjadi pertimbangan saya, untuk tidak masuk ke daerah yang sangat spesifik dan memerlukan keahlian khusus dalam optimasinya.

mungkin, pada poin terakhir yang saya tuliskan, saya menyarankan untuk membuat struktur website yang baik, dan mungkin tidak relevan untuk pemula, maka saya menuliskan juga solusinya, dengan cara anda belajar sendiri, atau copypaste punya orang dalam bentuk templatenya saja, atau dengan mencari jasa pembuat website, jadi bisa anda pilih opsinya.

lebih jauh lagi, jika saya menuliskan tentang SEO untuk perusahaan besar, maka memiliki tingkat yang lebih sulit dan kompleks, jadi tidak mungkin saya membuat sebuah guidelines yang diperuntukan perusahaan besar, namun yang akan membaca adalah orang-orang awam, yang mungkin bersentuhan dengan SEO pun belum.

Terkahir namun belum berakhir, saya meminta umpan balik, berupa komentar atau share di media sosial, agar saya dapat mengevaluasi konten yang saya buat dan bisa bermanfaat untuk banyak orang.

Jika anda masih memiliki pertanyaan dan permasalahan seputar SEO untuk bisnis kecil anda, anda bisa mengontak saya di kolom komentar atau melalui halaman tentang kami

Related Posts

Subscribe Our Newsletter