Pemasaran Melalui Media Sosial Untuk Bisnis


Media Sosial adalah situs jejaring yang dapat menghubungkan antara orang dengan orang lain yang jauh atau dekat disambungkan melalui internet, media sosial ini sebenernya sangat bagus untuk bisnis, karena bisa menjangkau orang secara personal.

oke, mari kita lihat terlebih dahulu urgensi atau kegunaan dari media sosial untuk bisnis
  • meningkatkan penjualan
  • meningkatkan visibilitas produk
  • mengarahkan target pasar ke website
  • mengonversi penjualan
  • menjadi sarana pendekatan dengan target pasar
  • media costumer service


oh iya, ini adalah tulisan kedua dari seri memulai bisnis online yang saya tulis kemarin, jika anda ingin melihat materi sebelumnya, tentang bisnis online tanpa modal, anda dapat mengunjungi link berikut: Yuk Mulai Bisnis Online, Tanpa Modal Pun Bisa!

tapi bagaimana cara kita dapat memaksimalkan sosial media sesuai dengan kegunaan yang dituliskan di atas.

sebelum sampai di sana, saya ingin membedakan terlebih dahulu karakteristik dari setiap media sosial, karena setiap media sosial pun memiliki karakteristik pasar yang berbeda-beda, jadi sebagai contoh anda jangan jualan barang branded di facebook, jarang yang mau beli, kecuali anda jualnya ke luar negri, tapi jual-lah di instagram, soalnya para sosialita pada nunggu di instagram.

karakteristik dari masing-masing media sosial.

saya akan membahas 3 media sosial terbesar yang ada di Indonesia saja, karena potensinya lebih baik dibandingkan media sosial yang lain, oke langsung saja bisa dicek:

Facebook

ini adalah media sosial yang sudah senior, jadi pasarnya juga pasar orang-orang senior, berikut karakteristik media sosial facebook:
  • kebanyakan orang tua
  • kabanyakan orang yang jualan (grosir khususnya)
  • banyak orang yang nyari konten berita
  • tidak cocok untuk yang jualan dengan gambar-gambar bagus, soalnya loading lelet
  • demografi lebih banyak diisi oleh akun fake dan bapak-bapak pencari hiburan.
  • dan diisi oleh ibu-ibu yang baru aja kenal internet.

Instagram

media sosial yang dimiliki facebook ini pun punya karakteristik yang berbeda dari facebook, jadi tidak sama, dari caranya pun berbeda, platform instagram dimaksudkan untuk sharing photo dan "Quote".
  • diisi oleh anak muda
  • memiliki demografi cendrung ke atas, seperti om-om berduit (sugar dady)
  • tempatnya sosialita memamerkan barang
  • cocok untuk jualan barang branded
  • cocok untuk yang punya produk makanan
  • dikhususkan untuk yang ada photo menarik + caption unik
  • menambahkan quote pada caption dapat meningkatkan interaksi
  • ada fungsi hashtag (#) sebagai pembantu pemasaran

Twitter

adalah media sosial yang masih digandrungi oleh anak muda, karena simple dan bisa ngocek secara sedikit-sedikit, jadi enggak kayak facebook, yang bikin cerita pun bisa, ya kalo untuk jualan itu sangat tidak disarankan, karena tidak memiliki dashboard seperti etalase jualan, twitter itu bagus untuk:
  • bikin produk jadi viral (viral marketing)
  • bikin gosip yang mengarahkan kepada produk kita
  • bisa jadi tempat untuk mendengarkan konsumen mengadu
  • dapat dijadikan media sosial untuk mencari anak muda yang suka diskon

Strategi Marketing Melalui Media Sosial

kita udah tau kan tentang kegunaan media sosial untuk perkembangan bisnis, saya ingin membahas tenang strategi agar kita dapat memaksimalkan media sosial kita untuk marketing.

bagaimana caranya?

Rencanakan Strategi Pemasaran Yang akan Kita Lancarakan di Media Sosial

kalo kita mau marekting, kita terlebih dahulu tau tentang target marketing kita, kenapa kita harus tau? karena agar tidak sia-sia kita pemasaran, jadi penargetan itu dilakukan agar nilai efesiensi dari manajemen yang kita lakukan tercapai.

jadi, secara singkat, jika kita menargetkan secara tepat, pasar yang kita sasar, kita akan menghemat waktu dan biaya, karena sudah dapat hasilnya dengan baik, tanpa harus capek-capek menawarkan satu-satu ke orang yang memang tidak tertarik.

Membuat Konten Pemasaran ( Content Marketing)

contoh fun fact

Sayangnya, banyak bisnis yang tidak menyadari bahwa banyak calon pelanggan mereka yang tidak menyukai promosi atau penawaran secara langsung, karena banyak yang mengira itu adalah spam.

tapi, dengan konten pemasaran (content marketing) anda bisa membuat engangement terlebih dahulu dengan calon konsumen anda, banyak sekali caranya, sebagai contoh:

jika anda menggunakan instagram sebagai platform media sosial pemasaran anda, anda bisa membuat infografik atau dengan fun fact yang memberikan gambaran tentang hal-hal yang berkaitan dengan produk anda, seperti fun fact kain pertama kali ditemukan pada abad berapa, dibuat lah gambar visual dan caption untuk menambah wawasan dari calon konsumen kita.

atau dengan twitter anda bisa membuat beberapa tweet yang berkaitan dengan produk anda, dan me-retweet akun-akun besar yang berhubungan dengan content marketing anda.

kalo dengan facebook, anda buat postingan yang bercerita tentang bagaimana anda membangun bisnis anda, sisipkan pandangan betapa bagusnya anda menjamin konsumen anda.

Mempercantik Profile Media Sosial Bisnis Anda

contoh dari profil instagram yang bagus

Salah satu yang membuat orang tidak yakin untuk berbisnis dengan anda adalah karena profile bisnis anda tidak meyakinkan, seperti foto profile yang tidak menggunakan logo bisnis sendiri, atau postingan-postingan anda yang tidak original dibuat oleh anda sendiri.

yang paling kelihatan itu kalo anda membuat media sosial instagram, anda harus benar-benar mengisi profile anda dengan baik, conatumkan dengan jelas:

  • Nama bisnis anda
  • Berjalan di bidang apa bisnis anda
  • Alamat bisnis anda
  • Contact dari bisnis anda
  • website bisnis anda (jika diperlukan)


banyak orang yang tidak menyadari, dengan mengisi profile dapat meningkatkan kepercayaan diri kosnumen anda untuk membeli produk, sehingga jika tidak diisi dengan baik maka kemungkinan banyak calon konsumen yang tidak jadi membeli.

Update Kegiatan Bisnis Anda

salah satu bentuk transparansi dari bisnis anda, anda dapat memberikan bukti-bukti kegiatan bisnis anda, misal anda melakukan seminar atau pelatihan untuk karyawan anda, anda bisa sisipkan agar menjadi nilai tambah.

mengapa diperlukan? 

sama halnya dengan point kedua, yaitu agar konsumen yakin kegiatan bisnis yang kita lakukan dapat menjamin dan meningkatkan kepercayaan diri konsumen, jangan melupakan hal kecil seperti ini, karena bisa saja bisnis anda kalah dengan yang lain jika anda tidak melakukan transparansi.

strategi ini dapat anda lakukan dengan contoh terkecil, seperti ketika ada yang order anda minta testimoni dari sang pembeli dan memasang testimoni tersebut dalam media sosial bisnis kita, tapi jangan langsung diambil secara langsung, bisa anda desain dulu tamplatenya untuk diposting, agar profile anda juga cantik nantinya.

Promo Diskon Untuk Followers dan Yang Mau Mem-follow

kampanye lainnya yang dapat kita terapkan untuk media sosial kita, adalah dengan membuat promo, dan jangan lupa sertakan persyaratan untuk mendapatkan promo, karena saya yakin kalo banyak yang melihat dan khususnya di media sosial, kamu bakalan dapat insight yang luas ke calon-calon konsumen.

insight ini perlu, pertama untuk kredibilitas media sosial kedua untuk menambah peluang penjualan, jadi jangan sia-siakan menggunakan promo tanpa bersyarat.

bagaimana contohnya?


Jangan Lupa Untuk Beriklan Di Media Sosial

salah satu yang membuat saya bingung itu adalah pelitnya pembisnis sekarang ini, kenapa mereka tidak berkembang? karena mereka tidak bisa mengukur bagaimana potensi dari kampanye beriklan di media sosial dan hasil penjualan yang mereka dapatkan nantinya.

jika kita beriklan, sebenarnya kita punya banyak opsi tujuan kampanye iklan kita, antara lain:
  • untuk meningkatkan visibilitas
  • untuk meningkatkan brand awarness
  • untuk mengarahkan pengunjung untuk membeli produk kita
  • untuk meningkatkan jumlah partisipasi dalam media sosial
  • untuk memperkenalkan produk baru tanpa banyak waktu yang keluar

jadi, banyak sekali manfaat yang kita dapatkan ketika kita beriklan di media sosial, jangan andalkan semua dengan tangan kita sendiri, kita perlu agensi yang kuat, seperti facebook yang dapat menjangkau banyak daerah agar banyak orang yang mau membeli produk kita.

dan seperti twitter yang dapat membuat produk kita viral, memberikan kewenangan untuk beriklan pada salah satu platform media sosial, bisa menjadi langkah baru dalam penetrasi pasar yang kita inginkan dan memperluasnya.

saya yakin, anda tidak harus mengeluarkan kocek besar, jika anda tahu bagaimana menerbitkan iklan yang baik di masing-masing platform, karena banyak platform sekarang yang sudah menyediakan jasa untuk meningkatkan penjualan sesuai dengan target yang kita inginkan.

jadi kesimpulan dari poin ini adalah ....

"Jangan Pelit! untuk beriklan di media sosial, karena banyak yang gagal karena mereka tidak bisa menjangkau pasar yang lebih luas".

Selalu Layani Pelanggan Walaupun Permintaannya Aneh-Aneh

jadi, fungsi lain dari media sosial adalah menjadi penghubung antara seller dan calon buyer yang memiliki kendala agar dapat dipertemukan dengan produk yang pas.

nah, karena tujuan itulah, banyak juga calon konsumen yang ingin tes atau coba-coba layanan, mereka juga kadang iseng, untuk mengetest apakah produk kita ini sudah cocok atau belum dengan keinginan mereka.

dan banyak juga terkadang yang memiliki pertanyaan yang aneh dan bahkan meminta produk yang aneh untuk kita sediakan, misalnya produk layanan tv kabel yang harus ada tv luar negrinya, kalo tidak mereka tidak mau pasang, dan itu diutarakan lewat media sosial.

jadi kita ketika bangun bisnis dan mau sukses di media sosial, kita juga harus siap untuk mendapatkan serangan-serangan yang aneh atau bahkan hinaan dari calon konsumen, namun ketika ada yang berani untuk memberikan review buruk karena mereka merasa tidak menemukan produk yang diinginkan oleh mereka, contohnya seperti harga yang kurang pas, nanti ada juga konsumen yang akan membela.

jadi tugas kita di media sosial juga melayani mereka dengan sopan dan baik.

Media Sosial Yang Terus Berkembang

media sosial layaknya orang yang baru memasuki dunia remaja, terus bertumbuh dan belum terlihat akhir dari media sosial ini, mungkin ketika internet sudah tidak ada, maka media sosial sebagai alat komunikasi jarak jauh juga tidak ada lagi.

tapi, untuk saat ini berjualan online dengan media sosial sangat lah menguntungkan, dengan adanya tips di atas, saya harap dapat memberikan manfaat kepada perkembangan bisnis online anda, jika anda memiliki saran dan masukan bisa anda berikan komentar di bawah.

atau anda memiliki masalah tentang promosi produk anda di media sosial, bisa anda tanyakan melalui kolom komentar atau email saya langsung di halaman tentang kami.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter