Yuk Mulai Bisnis Online, Tanpa Modal Pun Bisa!

Posting Komentar

Apakah bisa memulai bisnis online tanpa modal? 

bisaaaaa!!

tunjukan saya caranya!

well, sebenarnya lumayan rumit untuk menunjukan segala resep rahasia untuk memulai bisnis online tanpa modal, yah, mungkin saat ini anda masih stuck dalam memikirkan apa dan bagaimana bisnis online anda dibangun.

jadi, saya mulai dari inti masalahnya, core problem yang sedang anda hadapi saat ini, yaitu anda bingung dengan produk apa yang akan anda jual di online dan anda tidak memiliki modal.

saya akan menjawab yang pertama terlebih dahulu produk online apa yang bisa kita jual.

6 Produk Yang Akan Terus Laku Dijual Online

semua produk pada dasarnya bisa dijual, tinggal yang bermasalah itu marketingnya, misalnya anda memiliki gelang yang unik, bisa dibuat jadi sovenir untuk hadiah kepada sang kekasih, dengan online anda bisa dengan mudah menjualnya, tapi beda kalo kondisinya sekarang, anda tidak tau apa yang anda akan jual di internet.

saya punya beberapa list produk yang paling ngetrend di tahun 2020, dan mungkin masih cocok untuk anda jual di tahun-tahun kemudian, karena masa berlaku produk tersebut yang lama, barang apa saja itu?

1. Gamis

saya punya 4 custumer yang mempunyai rentan pembelian yang sangat tinggi pada produk gamis, saya juga sadar bahwa, trend fashion untuk muslimah juga sangat meningkat, jadi istilahnya barang ini sangat laku, pertama karena murah, kedua karena target pasarnya itu wanita, jadi cocok untuk dikembangkan.

2. Legging

ada hal menarik, tentang legging ini, mengapa saya taruh pada urutan kedua? pertama alasannya produk legging masih memiliki kesempatan untuk dikembangkan dari segi fashion, jarang yang punya inovasi akan produk legging, tetapi jika kita mengukur tentang pasar yang ada, anda mungkin akan bingung, kenapa jarang orang mau jualan legging dengan serius? yang artinya punya arah mode dan trend fashion sebagai kiblat nantinya, karena pasarnya itu bukan seperti pasar gamis, yang hanya memiliki target muslimah, tapi hampir semua pasar wanita pasti akan membeli.

tinggal kita sebagai penjual yang nantinya melakukan penjualan secara online itu dapat menarik dan membuka arah baru dari fashion legging.

3. Podcast

selanjutnya ada produk podcast yang bisa anda jual, karena produk podcast ini sangat menarik saya di era digital yang bahkan menjadikan youtube lebih dari TV.

mengapa produk virtual podcast ini menarik untuk kita jual? alasannya karena banyak pasar di Indonesia yang membutuhkan podcast,karena banyak sekarang anak muda yang ingin bersedih ria, salah satunya dengan podcast, karena lebih intim, dan juga banyak masyarakat Indonesia juga yang membutuhkan motivasi, makanya mereka nyari podcast agar gak banyak orang yang tau kalo mereka lagi down atau lagi sedih.

bisa anda mulai dengan mendaftar di spotify atau di anchor.fm, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari penjualan podcast anda (iklan di dalam podcast).

4. Barang Branded

selanjutnya itu anda bisa menjual barang branded secara online, ya bisa anda lakukan secara dropship agar anda tidak mengeluarkan modal sama sekali.

barang branded ini, menurut saya menjadi lambang konsumtifnya masyarakat Indonesia, dan karakteristik dari manusia-manusia rasis, mengapa? karena lebih banyak yang memikirkan gaya dari pada kehidupan sosial (memberi ke yang lain) mereka.

tapi, sebagai pembisnis online nantinya, hal seperti itu tidak usah dipikirkan, karena ya kita nyari untung saja dari kenarsisan masyarakat Indonesia.

5. Jilbab

jilbab itu sekarang seperti kebutuhan bulanan, ada saja cewek-cewek yang mencari jilbab untuk dipakai, padahal kalo kita teliti, permintaan yang banyak ini dikarenakan banyak orang yang ingin bergaya dengan jilbab mereka.

sedikit sekali yang mencari jilbab itu karena dia butuh dan sudah tidak ada jilbab lain yang bisa dipakai, makanya tren dari jilbab ini sendiri, memiliki potensi yang besar dalam pasar online, karena kebanyakan juga orang mencari jilbab itu di online, bukan pada pasar offline.

6. Aksesoris Handphone

Entah mengapa, aksesoris itu jadi banyak peminatnya,saya mungkin maklum jika aksesoris itu berupa casing yang dapat menempel pada kaca speedometer atau casing yang dapat dicantolkan di dekat driver, karena perkembangan transportasi online melesat kencang.

tapi, yang jadi aneh bukan aksesoris seperti itu yang banyak dicari, malah hanya casing yang bergambar saja yang banyak dicari, saya yakin dikontribusikan dari permintaan couple anak muda, para konsumen wanita, dan banyaknya kredit handphone yang membuat mereka takut handphone mereka jatuh atau hilang.

melihat fenomena ini, saya jadi melihat peluang bisnis online besar, karena setiap orang menggenggam handphone, hampir semuanya, dan bayangkan kita punya porsi 10% saja dari para pemegang handphone, kita bisa meraup hingga 10 juta unit aksesoris handphone yang terjual dari online, dan itu angka yang fantastis.

Bagaimana Menjual Produk Di Online Tanpa Modal?

itu 6 produk yang saya yakin memiliki masa depan yang bagus, tinggal saya coba untuk menyelesaikan masalah kedua, yaitu bagaimana kita dapat menjual produk di Internet tanpa modal, alias gak pake duit!

dalam hal ini, saya mencari solusi hingga otak saya lumayan mau pecah, gimana saya dapet modal atau jualan gak pake uang, akhirnya saya punya ide, yang mungkin anda pun sudah memikirkannya.

apa itu?

mencari produsen produk yang ingin kita jual, apakah itu menyelesaikan masalah ketidakadaan modal? hampir setengahnya selesai.

apa hubungannya produsen produk yang ingin kita jual dengan bisnis online tanpa modal?

gini deh, yang perlu dilakukan setelah anda menemukan produsen coba minta list harga dan foto masing-masing produk yang dia produksi.

setelah itu coba anda upload ke internet dengan media sosial anda atau situs anda, cari pembeli di internet dan anda ambil untungnya, begitu kira-kira kalo anda bisa menemukan produsen dari suatu produk.

ada dua cara agar anda tidak mengeluarkan uang untuk berjualan online, pertama dengan dropshipping kedua dengan menjadi supplier.

apa yang membedakan kedua cara tersebut? jika dropshipping kita pun hanya perlu mencari penyedia barang dari internet, jika jadi supplier kita cari produsennya dari dunia nyata bukan dunia maya.

Checklist Kesiapanmu Untuk Berjualan Online

agar mempersingkat, saya ingin menanyakan kepada anda terkait prospek bisnis  online ini, yang saya utarakan tanpa modal, silahkan anda jawab agar anda paham seberapa jauh anda siap untuk memulai bisnis online anda.
  1. produk apa yang anda ingin jual?
  2. dimana produk anda akan anda jual, media sosial, situs, atau market place?
  3. kapan anda memulai, kapan anda meningkatkan pernawaran produk anda, kapan anda akan ekspansi?
  4. siapa target pasar produk anda nantinya?
  5. kenapa anda memilih produk tersebut dan kenapa anda memilih saluran pasar tersebut (misal media sosial)?
pertanyaan terakhir yang nanti saya bantu jawab
  • bagaimana anda mencapai itu semua?

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal (Study Case : Jualan Gamis)

  1. pertama-tama, saya hanya perlu sebuah nama produk saya, karena daerah tempat tinggal saya sudah penuh dengan produsen konveksi, mereka menyediakan banyak produk konveksi yang saya lihat memiliki kualitas yang baik, namun sayangnya penjualannya tidak maksumal, jadi saya memutuskan untuk mencari produsen konveksi yang memiliki harga murah dan bagus dari segi produk.
  2. kedua, saya menentukan produk konveksi apa yang saya pikir berjangka panjang, dan consumable. saya putuskan produknya gamis, karena lumayan besar marginnya jika dibandingkan dengan produk dari market place seperti buka lapak, tokopedia, shoppe, lazada, atau bli bli.
  3. ketiga, saya pasarkan melalui dua saluran, pertama adalah situs website dan kedua itu dengan media sosial, tapi awal-awal lebih ke media sosial, karena saya belum pede dengan situs saya yang masih pakai blogspot.
  4. keempat, setelah terjadi beberapa penjualan, saya mulai bangun situs yang lebih serius jadi pada website tersebut, pelanggan saya bisa langsung memesan produk saya, dan sekaligus memonitor perkembangan penjualan dari sana.
  5. kelima, jangan pernah bilang enggak sama costumer, karena penjualan bisa saja turun, dan yang saya pernah alami, jadinya kurang solid dalam menawarkan produk serta service kita nantinya, lebih baik ditawarkan ulang dengan produk lainnya.
berapa modal yang keluar? yang keluar hanya waktu dan tenaga, tapi kalo secara realnya, ongkos ojek mah pasti keluar, gak mungkin enggak, tapi saya anggap aja jadi ongkos silaturahim, biar gak kerasa ngeluarinnya.

oh iya, mungkin masih terlalu luas untuk membahas bisnis online tanpa modal, karena prosesnya juga lumayan lama sih. sabar dan konsisten tuh sudah jadi modal tambahan yang gak bisa ditawar-tawar lagi.

nanti kalo ada materi selanjutnya akan saya taruh di bawah linknya, agar bisa belajar bareng tentang bisnis dan marketing, karena kan belum tuntas juga materi yang saya sampaikan, saya belum menyampaikan bagaimana pemilihan produk yang bagus atau gimana cara saya main medsos, pokoknya masih banyak lagi.

kalo anda masih punya pertanyaan tentang bahasan kita kali ini, silahkan komentar ya di bawah, dan beritahu saya tentang masalahnya, saya akan coba bantu menjawab dengan jawaban terbaik yang saya bisa.

materi berikutnya tentang media sosial : Pemasaran Melalui Media Sosial Untuk Bisnis

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter