Mengapa Pemasaran Penting Untuk Masyarakat?


Banyak orang yang mungkin membenci tentang marketing, atau banyak orang yang mungkin tidak suka dengan kata marketing.

Frame Buruk Marketing Karena MLM

Sejauh ini yang saya ketahui, marketing dianggap sebagai hal yang negatif karena: 
  • berhubungan dengan MLM
  • Manis di mulut saja
  • Tidak Menepati Janji
  • Suka merayu berlebihan

Itu lah sebabnya banyak masyarakat yang tidak suka kata marketing, padahal jika kita paham akan pemasaran atau marketing, kita akan tau, pemasaran bukan tentang nawarin produk ke orang-orang.

Itu yang nawarin produk ke orang-orang namanya salesman, atau SPG (sales promotion Girl) yang kerjaannya memang wajib menawarkan produk ke calon konsumen.

Jadi, MLM itu apakah juga memiliki marketing? MLM itu sistem marketing, bukan lagi sebuah bisnis, itu sebuah sistem, salah kaprah kalo kita malah menyebut MLM itu sebuah bisnis.

Dari artinya saja kita sudah tau, kalo MLM itu (multi level marketing) jadi sistem marketing yang memiliki pelevel-an, dan apakah itu buruk? tentu saja tidak.

Dalam perusahaan yang memang ingin menggenjot penjualan, mereka membutuhkan man power atau membutuhkan banyak tenaga kerja untuk dapat memasarkan produk mereka, tapi seperti kebanyakan dari perusahaan yang ada, mereka akan mencari cara agar cost dari masing-masing divisi dapat diminimalisir, maka bisa saja mereka memilih MLM, karena dapat membuat kampanye yang besar dengan cost yang kecil.

Apakah MLM itu tidak boleh? tentu saja tidak, asal tidak menipu, yang ada saat ini bukan MLM, tapi praktik penipuan dengan wajah MLM, MLM itu sebuah ilmu dan konsep marketing yang bagus, malah disalahgunakan untuk penipuan dengan cara harus membeli produk setelah itu bisa kaya?. Gak Masuk Akal!!

Karena tidak masuk akal, kalo saya membeli sebuah produk tiba-tiba saya jadi kaya raya, mungkin  saja bisa tapi yang saya beli harusnya produk keuangan, bukan produk abal-abal yang biasa ditawarkan.

Kembali lagi dalam bahasan inti, yaitu tentang pentingnya pemasaran untuk masyarakat.

Saya berpendapat, bahwa pemasaran di tengah masyarakat itu penting, bukan hanya untuk perusahaan agar penjualan meningkat tetapi juga menjadi edukasi bagi masyarakat untuk memilih mana yang paling baik untuk dipilih.

Alasan Pemasaran Penting Untuk Konsumen

Alasan mengapa pemasaran penting untuk masyarakat:
  1. sebagai pemberi pesan informatif tentang produk untuk masyarakat
  2. menjadi media klarifikasi sehingga tidak menyesatkan pemikiran masyarakat
  3. sebagai pembeda antara produk lain, sehingga masyarakat tidak terkecoh akan produk abal-abal.
  4. sebagai negosiator di tengah masyarakat agar produk pun dapat menyesuaikan kondisi masyarakat
  5. sebagai media timbal balik agar perusahaan dapat mempertimbangkan masukan dari masyarakat
Masih banyak lagi yang bisa menjadi alasan, mengapa pemasaran penting untuk masyarkat?, karena secara objektif, semua kegiatan memiliki positif dan negatif, di awal saya sedikit bercerita tentang negatifnya salesman yang mengatasnamakan MLM, karena merusak citra sebuah sistem pemasaran.

Tapi, ada sebuah kabar buruk juga ketika marketing itu over dan menjadi racun untuk dikonsumsi masyarakat, yaitu ketika marketing sudah menjadi hal yang tidak mengatakan kejujuran, artinya kampanye dari marketing itu sudah menjerumus kepada pembohongan publik.

Seperti kasus susu kental manis yang ternyata itu adalah bukan susu sapi asli, tapi lebih banyak gula yang dilarutkan untuk terasa manis dan seakan-akan seperti susu.

Padahal seharusnya itu dinamakan creamer atau pemanis rasa susu saja, karena itu jatuhnya tidak membohongi publik bertahun-tahun, tapi jika sudah seperti ini, kita sebagai penikmat marketing pun jadi tidak enak, karena merasa dibohongi.

Namun, lebih lanjutnya kita akan membahas, konsekuensi kita sebagai masyarakat dalam menghadapi pemasaran.

Tanggapan Kita Sebagai Masyarakat Terhadap Marketing

Bagaimana kita sebagai masyarakat bertindak untuk semua kegiatan pemasaran yang kita hadapi?

  1. pertama kita menimbang secara logis akan benefit yang ditawarkan oleh perusahaan
  2. kita menguji produk dengan cara melihat review atau bisa dengan mengujinya secara langsung akan produk yang ditawarkan
  3. memberikan penilaian yang objektif agar bisa digunakan oleh orang lain sebagai pengambil keputusan saat pembelian
  4. silahkan memutuskan sendiri untuk membeli atau tidak produk yang ditawarkan


Sampai di sini tulisan saya, akan saya lanjut di kesempatan berikutnya, jika anda memiliki pertanyaan atau tanggapan akan tulisan saya, anda bisa menaruh komentar di bawah, dan saya akan membalas komentar anda sebaik mungkin, yang penting bukan spam atau menyebar link.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter