Apakah Produk Baru Bisa Laku Tanpa Pemasaran?

Posting Komentar


Seberapa pentingkah Pemasaran untuk sebuah produk?


saya akan menjawab itu, namun sebelumnya, saya ingin melihat bagaimana Coca Cola atau Perusahaan rokok dapat meningkatkan penjualan produk mereka.

siapa yang tidak kenal dengan Coca-Cola? atau Gudang Garam?

semuanya pasti tau bukan akan kedua produk tersebut, lalu hubungannya dengan strategi pemasarannya? keduanya memiliki strategi pemasaran yang sangat bagus, karena dapat melakukan penetrasi ke dalam pasar yang sangat sulit untuk dimasuki bagi kedua produk.

mereka merencanakan strategi terbaik untuk dapat menguasai pasar, seperti Coca Cola yang dapat meguasai pasar minuman ringan dengan cara mengampanyekan kebahagiaan pada setiap iklannya, anda dapat melihat study kasus tersebut pada postingan saya di sini: Kesuksesan Di Balik Strategi Pemasaran Coca Cola yang Tidak Relevan

Melihat kesuksesan dari Coca-Cola yang saya tuliskan pada artikel di atas, maka saya memiliki kesimpulan tersendiri akan pemasaran, namun saya memperkuat kesimpulan saya dengan teori dari kotler, sang bapak pemasaran modern.

beliau mengatakan bahwa : "pemasaran adalah salah satu kunci sukses dari perusahaan" dan saya juga sependapat, bahwa pemasaran memiliki peran penting dalam menggenjot penjualan perusahaan.

Produk Baru Tidak Dikenal

Pada dasarnya produk baru yang dibuat oleh perusahaan, memiliki baseline sebagai produk yang tidak diketahui, jadi perusahaan perlu memperkenalkan produk baru itu menjadi salah satu pilihan dalam pembelian konsumen.

maka, bidang pemsaran memiliki peran besar dalam berbagai tahapan, dimana produk tidak dikenal menjadi terkenal hingga menjadi market leader.

Bagaimana Memperkenalkan Produk Baru?

banyak yang mengeluhkan tentang masalah produk baru, bagaimana mereka dapat memperkenalkan produk baru mereka di pasaran.

untuk menjawab itu, sebenarnya lebih kompleks lagi, karena tidak hanya menjawab sebuah mekanisme pasar dan perusahaan dalam pemasaran, namun juga menjawab hal-hal detail yang harus dipersiapkan dan dilakukan, dari awal, pelaksanaan, hingga post marketing.

untuk mempersingkat jawaban yang saya utarakan, anda bisa melihat beberapa materi yang telah saya buat di bawah ini:

Materi pertama itu Tenang Produk, bagaimana produk dapat unggul dari kompetitor, dan bagaimana membuat produk yang dapat menarik konsumen atau pasar, ini link materi berikut: 
menjawab dasar-dasar tentang produk dan bagaimana membuat keunggulan dari sisi produk.

Lalu materi selanjutnya itu tentang perencanaan marketing, jadi dalam marketing pun, kita juga harus memiliki plan, untuk mengatur dan mengevaluasi, di dalam markting plan, kita perlu mendahului dengan riset pasar, bagaimana kita meriset pasar?

saya punya materinya juga, telah saya tulis tuntas, dengan cara akademik mau pun dengan cara mudah yang hanya menggunakan metode SWOT, tapi untuk kali ini, mengkin saya pilihkan yang lebih profesional yaitu dari metode akademis, silahkan bisa dibaca agar lebih memahami kerangka riset pasar : Bagaimana Cara Meriset Pasar Yang Baik?

Seperti yang saya sudah tuliskan, setelah kita meriset kita perlu merencanakan bagaimana produk yang baru dapat dikenal oleh pasar dan laku, silahkan anda baca artikel tentang perencanaan pemasaran atau marketing plan di sini: Panduan Lengkap Membuat Marketing Plan Untuk Bisnis Anda

setelah anda membaca materi-materi di atas, setidaknya anda memiliki gambaran apa yang akan saya sampaikan tentang produk baru agar laku di pasaran.

dalam prosesnya kita akan melakukan pemilihan ide agar produk dapat sustain dalam ganasnya terjangan pasar.

setelah pemilihan ide kita dapat membuat rencana branding melalui desain kemasan, atribut fungsi yang melengkapi, dan berebagai hal yang disusun untuk mencapai branding produk kita nantiya.
lalu setelah itu kita riset pasar yang akan kita masuki dengan segmentasi, kita dapat menerapkan strategi targeting setelah segementasi pasar sudah selesai

bagaimana kita dapat melakukan targeting? coba anda lihat pada artikel ini, bagaimana kita dapat melakukan targeting pasar: Apa Yang Dimaksud Dengan Targeting Dalam Pemasaran?

jika kita telah mendapatkan target pasar yang sesuai dengan produk baru kita, kita dapat melanjutkan dengan melaksanakan kegiatan strategi pemasaran, seperti:


  • kampanye di internet
  • penyebaran brosur produk baru
  • mengirimkan kepada kosumen potensial
  • membangun infrastruktur komunikasi marketing dengan konsumen
  • memasang iklan di saluran pemasaran
  • membuat promo yang dapat menjangkau target pasar


yah, masih banyak yang lainnya, saya menulis tentang strategi pemasaran agar dapat meningkatkan penjualan produk, anda dapat melihat artikel lengkapnya pada link ini: 15 Strategi Pemasaran Produk Untuk Meningkatkan Pendapatan Bisnis

yang terakhir adalah dengan mengevaluasi capaian target tentang produk baru. 

terakhir, apakah bisa laku produk baru tanpa pemasaran? saya rasa tidak bisa, kecuali kamu adalah orang yang paling beruntung di dunia ini.

mekanisme pemasaran tidak akan pernah hilang dari produk yang ingin dijual, kegiatan pemasaran mencakup kegiatan yang luas untuk masalah penjualan produk.

Ingin mendapatkan jawaban yang lebih baik lagi untuk kasus produk dan pemasaran anda? bisa komen di bawah dan ceritakan, saya akan membalas dan mencoba menjawab pertanyaan anda dengan sebaik mungkin.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter