5 Cara Mendapatkan Modal Usaha Yang Mudah dan Instan

cover tentang cara mendapatkan modal

Dalam memulai usaha, sering kali kita mendapatkan masalah di awal membangun, salah satunya masalah finansial, yaitu tidak ada modal usaha atau bahkan tidak memiliki modal usaha untuk memulai sebuah bisnis.

Namun, bagaimana sih anda sebagai founder atau pendiri sebuah bisnis mendapatkan modal untuk membangun usaha?

oke mari langsung saja kita ke cara-cara mendapatkan modal usaha.

#1 Pinjam Uang Ke Teman Atau Keluarga

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah mencari modal usaha dengan meminjam uang dari teman atau keluarga, caranya mudah kok :

  1. beritahu mereka tentang rencana bisnis anda
  2. perlihatkan besaran anggarannya
  3. jika dikasih, berterima kasih lah

Namun, jika anda mendapatkan hutang dari teman anda, jangan kasih harapan, tetapi berikan sebuah rencana anda mau mengembalikan uang mereka kapan.

Jika bisnis anda bermasalah, beritahukan sedini mungkin ke teman anda, jangan anda simpan, terlebih lagi, sebenarnya teman anda membantu secara tulus, jadi jangan kecewakan mereka.

#2 Pinjam Uang Dari Bank

Iya, anda bisa meminjam uang dari bank, tapi enggak bisa sembarangan loh untuk pinjam uang dari bank untuk modal usaha, kenapa? karena banyak syaratnya.

Sehingga orang-orang yang bisa mendapatkan kucuran modal itu orang-orang tertentu saja, misalnya yang sudah memiliki usaha atau terdaftar dalam sebuah program yang sudah bekerja sama dengan bank tertentu seperti program KUR.

Jika anda masih berstatus pegawai, mengajukan pinjaman ke bank untuk modal usaha sangat mudah, malah mungkin anda malah dibantu untuk mendapatkan pinjaman.

#3 Meminjam Uang Dari Koperasi

Untuk mendapatkan modal dalam memulai usaha, anda bisa meminjam dari koperasi, karena biasanya koperasi memiliki kemudahan dalam meminjamkan dana mereka.

namun sayangnya, meminjam uang dari koperasi memiliki kekurangan, yaitu bunga dari koperasi yang lebih tinggi dari bunga bank, jika misalnya di bank bunga pinjaman hanya 5-6% saja, tapi di koperasi bisa sampai 7-10 %, itu lah sebabnya banyak orang gagal bayar.

Jika, dilihat dari opsi pilihan paling pertama, meminjam ke teman itu tidak ada bunganya, sehinga bebas untuk bayar kapan saja, sesuai kesepakatan saja, sedangkan dari bank, itu hanya beberapa persen bunga pinjamannya, jika di koperasi bisa sampai sebesar itu, yang notabanenya hampir sama dengan pinjaman online saat ini.

Tapi, ini hanya sebagai opsi anda sih untuk mendapatkan modal.

#4 Mencari Investor Yang Mau Membiayai Bisnis Anda

Cara selanjutnya anda dapat mengajukan proposal kepada orang-orang yang memiliki uang lebih untuk membiayai modal usaha anda.

Cara mengajukan proposal hampir sama seperti proposal kegiatan, seperti harus ada :

  • Pembukaan
  • Visi & Misi
  • Tujuan
  • Nama Produk
  • Kegiatan Produksi
  • Anggaran
  • Rincian Strategi Bisnis
  • Marketing Plan
  • Return Yang Akan Diperoleh
  • Penutup

Jika ada yang tertarik dengan bisnis anda atau ada investor yang tertarik, sarannya adalah jangan terlalu kaku dengan konsep awal, mungkin investor juga tertarik untuk memberikan saran dan pertimbangan sebelum mereka memberikan uang mereka kepada anda.

#5 Menggalang Dana Dari Internet atau Secara Offline

Ketika semua cara untuk mencari modal di atas tidak ada yang berhasil, cara kelima ini wajib kamu coba, yaitu dengan melakukan penggalangan dana untuk usaha anda.

yang penting penggalangan dana yang anda laksanakan harus :

  • Jujur, Katakan uang yang anda kumpulkan untuk apa saja dan bagaimana keadaan anda sekarang sehingga memerlukan penggalangan dana
  • Transparan, Hasil yang anda dapatkan, anda laporkan kepada orang-orang yang menyumbang dengan melakukan annual report.
  • Bermanfaat, Bisnis yang anda jalankan sebaiknya bermanfaat bagi masyarakat sehingga dalam menggalang dana pun anda mendapatkan dukungan
  • Tentukan Batas Waktu, Untuk menggalang dana anda perlu memutuskan kapan dimulai dan kapan berakhirnya pembukaan donasi sehingga anda punya target untuk mengeksekusi bisnis yang anda sampaikan.

Percayalah, jika satu jalan tidak membuahkan hasil, mungkin anda akan mendapatkan hasil  terbaik dengan jalan lainnya.

Pesan terakhir untuk anda, yaitu jangan lupa untuk mengaudit hasil usaha yang anda jalankan nantinya, karena sering kali setelah mendapatkan dana yang terjadi malah terlena.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter