6 Penyebab Kegagalan Usaha Yang Sering Dilakukan Beserta Contohnya

cover artikel penyebab kegagalan usaha

Dalam usaha, tidak ada kata langsung berhasil, atau bahkan sebagian orang mengalami banyak kegagalan terlebih dahulu untuk mencapai keberhasilan.

Namun, tidak sedikit dari kita yang malah melakukan sikap-sikap yang dapat mengantarkan kita menuju kegagalan, sehingga kita malah menyesal.

Anda sebagai seorang pembisnis seharusnya dapat menghindari penyebab kegagalan ini sedini mungkin, agar anda tidak mengalami hal serupa dengan beberapa orang di luar sana yang tidak sedikit pun menikmati keberhasilan.

Apa Saja Penyebab dan Contoh Sikap Yang Membawa Kepada Kegagalan?

#1 Tidak Memiliki Perhitungan Matang Dalam Berbisnis

Bisnis seperti proses pendewasaan seseorang, prosesnya adalah tempaan terhadap kondisi dan situasi yang dia alami.

Semakin banyak cobaan yang menimpa, semakin baik pula dia dalam mengambil keputusan yang matang, dan sekali lagi, dalam berbisnis perlu sebuah perhitungan yang matang.

Contohnya adalah dengan mempertimbangkan secara matang rencana bisnis (bisnis plan), hingga perencanaan dalam mengalokasikan modal usaha, semuanya harus diperhitungkan secara matang.

#2 Sikap Terburu-Buru Untuk Mengambil Keputusan

Pada faktor yang kedua ini, masih ada hubungannya dengan yang pertama, seorang yang melakukan segala hal secara terbutu-buru akan mengahasilkan sebuah keputusan dan output yang tidak maksimal.

Sikap terburu-buru juga akan mengakibatkan sebuah keputusan yang tidak dewasa dan tidak tepat, sedangkan keputusan yang lamban juga berakibat fatal, sehingga sebenarnya Anda sebagai pembisnis perlu melakukan tindakan yang tepat dan benar dalam hal-hal yang krusial.

Jangan Terburu atau pun jangan terlalu lamban.

Contoh dalam pengambilan sikap yang terburu-buru adalah dengan melakukan perluasan bisnis tanpa dasar kebutuhan atau melakukan penambahan karyawan tanpa memikirkan produktivitas.

#3 Sikap Mudah Putus Asa 

Yang satu ini adalah sikap yang sering dilakukan oleh para pemula dalam bisnis, sikap putus asa dan tidak sabar untuk menunggu, padahal bisa jadi kesuksesan sudah di depan mata, hanya butuh beberapa langkah lagi untuk mendapatkan hasil maksimal.

Kebanyakan sikap putus asa ini dilakukan oleh pemuda-pemuda yang baru terjun dalam dunia bisnis tanpa ada motivasi kuat di balik pembuatan usaha.

Dan poin penting yang ingin digarisbawahi pula adalah, motivasi di balik membuka bisnis dan mindset yang tertanam, karena ini adalah landasan awal agar tetap mencari cara terbaik untuk menghasilkan formula bisnis paling bagus.

Contohnya adalah para pembeli bisnis franchise dari kalangan anak muda, banyak sekali anak muda yang mengalami hal seperti ini, karena mereka tidak memiliki motivasi, motivasi dia hanya keuntungan dan ikut-ikutan trend, ketika mereka melihat tidak ada keuntungan, motivasi mereka akan hilang.

#4 Ambisi Besar Namun Dibarengi Aksi Kecil

Selain sebuah ambisi dan motivasi, Anda perlu melakukan bisnis dengan sepenuh hati, karena layaknya membesarkan anak, anak yang tidak dicintai akan menjadikan nya anak yang tidak kenal cinta dan totalitas.

Begitu juga dengan usaha, mencurahkan cinta, asa, dan usaha adalah kunci keberhasilan banyak bisnis.

Lalu bagaimana kita membangkitkan cinta, asa, dan usaha yang proporsional dalam mengelola bisnis? mudahnya jadikan usaha tersebut sebagai hobi atau jadikan hobi menjadi bisnis, anda akan menemukan indahnya bekerja tanpa bebannya mengurus bisnis, walaupun rintangan dan masalah terus silih berganti.

Contohnya adalah Bill Gates dan Microsoft, Bill Gates cinta dengan program komputer yang mengantarkan dia membangun raksasa bisnis teknologi abad ini.

#5 Kolaborasi Dengan Banyak Orang

Hal lain yang membuat banyak orang gagal adalah karena mereka tidak mau melakukan kolaborasi, seakan-akan bisnis adalah hanya tentang mereka dan bisnisnya.

Jika Anda sudah lama terjun dalam bisnis, mungkin Anda akan sadar sendiri, pada awal mulanya Anda sendirian, lalu ada teman anda yang membantu, dan konsumen anda bertambah.

Seiring bertambahnya konsumen berarti semakin banyak Anda berhubungan dengan orang, dari situlah Anda membangun kolaborasi, mencari apa yang mereka inginkan agar ada perubahan yang lebih baik.

Mendengarkan saran dari banyak arah akan menambah wawasan Anda, maka dari itu jika kita melihat contoh paling sederhana saat ini, yaitu para pembisnis yang berhasil di Indonesia, maka jika anda ingin melihat lebih dalam lagi, mereka punya lingkaran yang sama, teman-teman yang sama, dan punya karakteristik yang sama yaitu saling membantu.

Sikap acuh dan tidak ingin berkolaborasi dengan orang lain adalah sikap buruk yang banyak orang lakukan, karena mereka masih memiliki ego yang tinggi.

#6 Kebergantungan Terhadap Ketidakpastian

Sikap selanjutnya yang sering dilakukan dan menyebabkan bisnis gagal adalah memiliki ketergantungan kepada yang tidak pasti.

Pernahkah Anda berfikir, mengapa banyak orang salah prediksi tentang usaha mereka?, padahal mereka sudah sering berurusan dengan bisnis mereka, atau bahkan sudah hafal dengan baik karakterisitik bisnis mereka.

Jawabannya karena mereka bergantung kepada yang tidak pasti, dua prinsip yang harus anda ingat adalah:

  1. Tidak ada pasar yang pasti, kadang sepi kadang ramai, dan cendrung tidak pasti
  2. Resiko adalah kepastian, sehingga meminimalisir resiko dengan memperhitungkan faktor-faktor bisnis adalah tindakan yang lebih tepat dilakukan.

Akhir kata, tetap sukses dan terus berjuang dalam membangun bisnis dan usaha Anda, jauhi sikap yang dapat menyebabkan bisnis Anda gagal, dan perbaiki psikologi menjadi pembisnis yang handal.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter