Bagaimana Cara Memasarkan Produk Baru Di Pasaran?

Posting Komentar
cara memasarkan produk baru di pasaran

'Bagaimana Cara Memasarkan Produk Baru Di Pasaran?' Kita dapat memasarkan produk baru di pasaran dengan cara mempromosikan produk kita.

Promosi yang dapat kita lakukan untuk memasarkan produk baru kita adalah :

1. Mempersiapkan Produk Yang Layak Untuk Dibeli

Orang membeli sebuah produk karena produk tersebut layak untuk dibeli, yang pastinya memiliki menfaat untuk mereka, misalnya anda menjual produk minuman, buat produk minuman anda layak untuk dibeli, dengan cara menjual minuman dalam sebuah wadah yang dapat dibawa kemana saja, bisa menggunakan plastik atau cup agar bisa dibawa kemana saja.

Selain itu, selain manfaat ada juga sebuah nilai unik yang harus diperkenalkan dalam sebuah produk, misalnya seperti contoh di atas anda sedang menjual produk minuman, maka nilai unik apa yang anda tawarkan menjadi pembeda antara produk anda dengan yang lainnya, misalnya dengan menambahkan varian rasa, menggunakan blender dan disajikan dengan es.

Mempersiapkan produk untuk layak dijual adalah hal wajib anda lakukan, agar banyak orang yang kenal dengan produk anda dengan brand yang berbeda dengan produk lainnya.

2. Pasarkan Produk Anda Kepada Orang Yang Anda Kenal

Setidaknya jika anda tidak memiliki jaringan yang luas untuk memasarkan produk, anda bisa memasarkan produk anda dengan menawarkan produk anda ke orang yang anda kenal dulu.

Misalnya teman, kerabat, saudara atau keluarga, cara ini agar orang yang anda kenal bisa mendukung produk yang anda jual, jika anda mengamati, memasarkan produk kepada orang yang kita kenal bisa menjadi potensi yang lebih baik lagi ketimbang hanya memasarkan produk secara acak, karena mereka membeli juga karena memiliki ikatan dengan anda, sehingga jika memang memuaskan, mereka tidak akan segan untuk memasarkan ulang kepada kerabat mereka.

Terlebih banyak orang yang akan merasa memiliki bisnis tersebut karena mereka merasa anda hargai untuk menjadi pelanggan pertama dari produk anda.

3. Pasarkan Produk Sesuai Target Dengan Saluran Pemasaran Yang Tepat

Ada hal penting yang sering dilupakan oleh para pembisnis dalam memasarkan produk baru mereka, yaitu mereka tidak mengenal dengan targeting dan lewat mana saluran yang tepat untuk menarik pembeli.

Semua orang adalah pembeli potensial produk baru anda, tapi tidak semua orang memiliki ketertarikan dengan produk baru anda, maka anda perlu memilih dan memilah orang-orang seperti apa yang akan membeli produk anda.

Misalnya anda punya produk baru berupa tas punggung yang sangat bagus, tapi anda jualan di forum IT, mungkin saja anda bisa menjual produk baru anda kepada mereka tapi berapa persen orang dari forum tersebut akan tertarik? tapi coba anda jual produk tersebut di facebook atau instagram dengan menggunakan iklan dan targetkan ke remaja yang masih sekolah, pasti banyak yang mau, karena mereka selain butuh tas untuk dibawa ke sekolah, mereka juga butuh kepuasan memiliki tas baru.

Jadi, lebih baik menebar jaring kecil di kolam yang penuh ikan, dari pada menebar jaring besar di kolam yang sedikit ikannya.

Hukum itu juga berlaku untuk kita dalam memasarkan produk apa pun itu, mau baru atau pun sudah lama.

4. Pasarkan Produk Anda Secara Online

Anda juga perlu memasarkan produk anda dengan cara online:

  • Membuat website resmi untuk order atau sekedar menjadi situs pemberitahuan seperti launching dsb.
  • Membuat fans page facebook resmi produk baru anda
  • Membuat Profile instagram untuk memajang produk baru anda, atau sebagai etalase produk
  • Membuat konten marketing yang dapat anda mengarahkan kunjungan kepada pembelian produk
  • Menaruh iklan di internet seperti membuat artikel bayaran di media online (rilis launching), membeli slot iklan di sebuah situs besar, menaruh iklan di media sosial, menaruh iklan di mesin pencarian dsb.
  • Minta seseorang untuk meng-endorse produk baru anda

5. Buat Komunitas Khusus Untuk Produk Anda

Jangan lupa untuk membangun komunitas produk baru anda, kita bisa melihat seberapa banyak orang yang menyukai produk anda dengan perkembangan komunitas produk anda, produk-produk yang terkenal dan banyak dibeli itu selalu mempunyai komunitas.

Misalnya Apple memiliki komunitas tersendiri untuk bisa memaksimalkan fitur-fitur produk apple, microsoft sebagai perusahaan yang menjual produk software windows juga memiliki komunitas tersendiri yang fokus membahas tentang windows.

Semakin loyal orang dalam mengembangkan komunitas produk baru anda, semakin banyak juga orang yang akan membeli dan membuat produk anda lebih laku di pasaran, sehingga jika kita melihat secara lebih baik lagi, membangun komunitas adalah cara pemasaran yang perlu dilakukan oleh semua orang yang ingin sukses memasarkan produk baru mereka.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter