Apakah Program Marketing Offline Tidak Efektif Lagi?

Posting Komentar
efektivitas marketing

Apakah program marketing offline sudah tidak efektif? program marketing offline masih efektif, buktinya masih ada perusahaan yang menggunakan cara offline ketimbang online dan mereka juga sukses.

Seperti warmindo, indomaret, dan banyak usaha-usaha kecil hingga besar yang masih menggunakan cara-cara lama dan sukses.

Ini tergantung dari kita sebagai pemasar untuk memandang lapangan dan target pasar yang sedang kita buru, bukan tentang modern atau tidaknya cara.

Mungkin dengan cara online, marketing bisa lebih mudah dan mencakup daerah yang luas, tapi apakah itu dibutuhkan oleh perusahaan dan pasar yang sedang kita sasar?

Maka, sebagai seorang pemasar perlu sebuah analisis lapangan yang sangat baik, bisa dengan bantuan marketing plan dan penelitian untuk mengetahui dengan baik kondisi yang sedang dihadapi.

Efektif Mana Marketing Online VS Marketing Offline?

Jawabannya sudah pasti relatif, seperti yang sudah dikatakan di atas, semua tergantung dengan kondisi yang sedang dihadapi.

Misalnya begini, Apakah pabrik tahu akan menjual tahu mereka yang disasar untuk konsumsi lokal akan di taruh di Internet atau harus dipasarkan dengan menaruh produk di pasar-pasar tradisional?

Jawabannya sudah pasti lebih baik dipasarkan melalui pasar-pasar tradisional, namun jika kondisi dan produk sudah disesuaikan untuk export, mungkin cara onlin juga dapat meningkatkan pemasaran dan kesadaran akan merek produk, tapi itu kan juga butuh proses.

Jadi, memang sebaiknya kita perlu memikirkan dengan cara seperti ini:

  • Apa yang akan kita produksi dan kita pasarkan?
  • Kepada siapa kita memasarkan produk?
  • Berapa target yang ingin kita capai?
  • Bagaimana cara paling efektif untuk memasarkan produk tersebut?
  • Langkah-langkah apa agar rencana yang kita buat bisa berhasil?

Marketing Dengan Cara Offline Terbilang Kuno?

Dalam pandangan kita sebagai pemasar dan terlebih jika kita seorang entrepreneur tidak ada kata "KUNO" atau tidak up to date.

Meskipun itu cara kuno jika memang bisa mencapai target dan tujuan tidak menjadi masalah, karena kita bekerja berdasarkan purpose oriented atau berdasarkan tujuan yang ingin kita capai.

Jangan Sampai kita kita termakan omongan bahwa "cara offline sudah kuno siapa yang tertarik dengan cara kuno", karena omongan seperti itu tidak berdasar, cara kuno tidak bisa bersaing dengan cara baru adalah hanya omongan yang belum terbukti.

Memang zaman terus berganti, namun cara-cara lama bisa jadi ampuh, karena mungkin itu dapat menjadi hal baru karena cara-cara baru sudah sesak memenuhi media sosial, internet, dan berbagai macam saluran online lainnya.

Jadi, menurut penulis program marketing offline masih bisa dilakukan dan efektif.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter