Apa Yang Dimaksud pemasaran afiliasi? Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Posting Komentar
pemasaran affiliasi

Pengertian Pemasaran Affiliasi

Pemasaran affiliasi adalah program pemasaran yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan atau bisnis untuk mengingkatkan cakupan pemasaran dengan memberikan komisi kepada seorang pemasar yang dapat menjual suatu produk.

Jadi Anda akan dibayar ketika Anda bisa menjual sebuah produk perusahaan yang mengadakan affiliate marketing program.

Perusahaan-perusahaan yang menyediakan affiliasi program


  • Amazon
  • Mizan
  • Bukalapak
  • Tokopedia
  • Shopee
  • ClickBank
  • Lazada

Dan masih banyak lagi, namun pada saat ini, biasanya penyedia affiliate marketing lebih banyak yang bergerak di bidang online dari pada offline, karena mungkin lebih mudah untuk disebarkan dan digunakan oleh para marketer.

Cara kerja Dari Pemasaran Affiliasi

Untuk mulai mengikuti program pemasaran affiliasi anda harus mengikuti beberapa cara ini yaitu:

1. Memilih Program affiliasi yang tersedia

Anda harus memilih program dari perusahaan mana yang bagus, tidaknya hanya kita melihat komisi yang akan diterima semata, namun juga harus melihat dengan baik kredibelitas dari perusahaan tersebut, tanyakan kepada orang-orang yang pernah menggunakan program pemasaran affiliasi tersebut, apakah membayar atau tidak?

2. Daftar Keanggotaan Dalam Program Affiliasi

Biasanya untuk dapat mengikuti program affiliasi marketing anda perlu mendaftar terlebih dahulu sebagai anggota yang diakui dari program pemasaran affiliasi perusahaan tersebut.

Biasanya setelah Anda mendaftar menjadi anggota, anda akan diberikan link atau tanda pengenal lainnya yang membuktikan bahwa anda adalah orang yang merefrensikan orang tersebut dalam pembelian, sehingga memudahkan pencatatan komisi dan penjualan.

3. Mulai Untuk Memasarkan Produk Yang Diminta Untuk Dipasarkan

Selanjutnya Anda perlu memasarkan produk yang ada, misalnya di mizan store anda bisa menjual buku-buku pilihan yang telah disiapkan oleh pihak mizan untuk anda jual.

Anda dapat menjual dan memasarkan produk anda melalui media online atau internet dengan menaruhnya di website Anda atua pun kanal media sosial yang Anda miliki, yang terpenting dari pemasaran affiliasi adalah seberapa banyak anda dapat menjual sebuah produk.

4. Terakhir, Tunggu Komisi Yang Akan Anda Dapat

Jika Anda sudah berhasil memasarkan produk-produk pilihan dari perusahaan penyedia program pemasaran affiliasi, hal terakhir yang bisa anda lakukan adalah menunggu komisi penjualan Anda dibayarkan oleh pihak penyelenggara kegiatan.

Dan pastikan antara hasil penjualan yang Anda hitung sudah benar dan pas, sehingga tidak ada selisih paham di kemudian hari.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter