Apa Tugas Dari Seorang Public Relation?

Posting Komentar
tugas public relation

Tugas Public Relation Dalam Marketing

Apa sih tugas public relation? dalam organisasi entah itu organisasi sosial, organisasi bisnis, dan bahkan pemerintahan pasti ada bidang public relation atau biasanya disebut dengan humas (hubungan masyarakat).

Dalam organisasi bisnis, public relation sangat berkaitan erat dengan bidang pemasaran, walaupun fokusnya berbeda, namun bisa dibilang public relation bisa masuk ke dalam bidang pemasaran, karena memiliki tugas yang hampir mirip ya itu membuat brand image perusahaan tetap baik dan disenangi oleh masyarakat.

Tetapi, lebih dari itu, public relation tidaknya hanya memiliki tugas untuk membangun dan mempercantik brand image perusahaan saja, namun juga memiliki tanggung jawab sosial yang lebih besar, berbeda dengan marketing yang lebih fokus kepada, sales oriented.

Lalu, apa tugas dari public relation sesungguhnya?

Public relation (Humas) memiliki tugas:

1. Menyampaikan Informasi Kepada Publik Tentang Perusahaan

pada tugas ini bidang public relation harus dapat menyampaikan pesan yang ingin disampaikan perusahaan kepada seluruh elemen masyarakat, bukan pada penyampaian informasi tentang produk saja, tetapi kepada hal-hal yang lebih umum, seperti laporan kegiatan yang telah diselenggarakan oleh perusahaan.

selain itu juga, salah satu kegiatan yang mencolok yang paling sering dilakukan oleh PR sebuah perusahaan adalah dengan mengadakan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) atau tanggung jawab sosial perusahaan yang biasanya dilakukan dengan mengadakan acara pelatihan, pendanaan modal usaha, dan penggantian kerugian lahan akibat pembangunan pabrik dan kegiatan produksi lainnya.

2. Mencatat Timbal Balik (Feedback) Masyarakat Kepada Organisasi

Selanjutnya adalah mencatat apa yang diberikan kembali kepada organisasi, seperti misalnya saran masyarakat yang disampaikan dengan beberapa saluran media, seperti hearing opinion, diskusi, kelas-kelas training, dan sebagainya dan lalu disampaikan kepada organisasi apa yang public relation dapatkan dari masyarakat.

Tujuannya adalah agar organisasi dapat menentukan arah baru atau menjadikan saran dan masukan yang diterima dari public relation sebagai pertimbangan yang membuat keputusan organisasi lebih bermasyarakat.

3. Menjalin Hubungan Dengan Pihak-Pihak Terkait

Selanjutnya tugas public relation yang harus dilakukan adalah mengenal orang-orang yang memiliki kaitan dengan keberjalanan organisasi, seperti contohnya adalah ketika sebuah perusahaan memiliki bidang public relation meraka setidaknya mempunyai kontak-kontak media untuk dapat melakukan kegiatan promosi, kegiatan press rilis, dan kegiatan yang menunjang perusahaan dengan menggunakan media.

Orang yang paling bertanggung jawab agar perusahaan memiliki akses ke media adalah public relation dan selain itu, tugas public relation tidak hanya harus  mencari kontak-kontak orang tersebut, tetapi juga harus membangun hubungan yang baik, dengan cara melakukan tukar informasi dan mengadakan acara gathering dan mengundang mereka.

4. Membangun Citra Positif Di Tengah Masyarakat

Selain itu, tugas penting lain yang harus dilakukan oleh seorang public relation adalah membuat citra positif oragnisasi di masyarakat, ini bukan pekerjaan yang mudah karena sangat kompleks, pertama adalah seorang public relation atau Humas harus tahu mana saja berita, informasi, dan desas-desus yang ada di masyarakat, yang baik dan tidak baik dilakukan oleh organisasi, dan juga apa pandangan masyarakat tentang organisasi.

Kemudian, selain mereka harus update berita dan informasi yang berkaitan dengan lingkungan organisasi mereka, mereka juga harus dapat menyaring atau memfilter berita dan informasi yang perlu dikeluarkan ke masyarakat tapi dengan syarat tidak boleh memperburuk keadaan organisasi.

Ketiga adalah mengakomodir secara langsung dan memonitor arus informasi yang disampaikan dan mengecek efek dari informasi yang diberikan kepada masyarakat.

5. Menarik Keuntungan Dari Setiap Elemen Masyarakat Untuk Organisasi

Tugas ini lah yang dapat membedakan antara public relation yang biasa saja dan yang memiliki kualitas yang baik, karena informasi dan hubungan yang dibangun dari tugas mereka sebagai public relation tidak akan bermanfaat kecuali dapat menjadi keuntungan organisasi, pada khususnya perusahaan.

Keuntungan itu juga beragam, bisa berbentuk kerjasama, bisa berbentuk kemudahan akses, bisa berbentuk data eksklusif yang hanya dimiliki oleh organisasi, dalam oraganisasi bisnis, peran dan tugas public relation sangatlah berat, karena harus dapat menjadikan segala informasi, berita, dan hubungan menjadi keuntungan bagi perusahaan dan ditambah harus membuat perusahaan baik di mata masyarakat.

Sehingga, Anda harus mahir dalam bertutur-kata, menjalin hubungan, bersosialisasi, memberikan manfaat kepada masyarakat dan juga harus menjadi penyalur maksud perusahaan.

Apakah Anda berminat untuk bekerja sebagai public relation?

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter