Pengertian dan Cara Melakukan Targeting Pasar Online

targeting pasar online

Pengertian Targeting Pasar Online

Targeting pasar online adalah sebuah proses pemasaran yang biasa dilakukan oleh perusahaan dengan media pemasaran online agar mendapatkan konsumen yang lebih tepat, jika kita mengecek pengertian targeting, secara harfiah adalah sebuah proses penargetan, menyasar, mengincar, dan membidik sasaran.

Secara konteks yang dikhususkan pada bagian pemasaran adalah usaha penargetan sasaran pasar yang telah disegmentasikan dalam beberapa kategori untuk mendapatkan hasil penjualan yang lebih maksimal, efektif, dan efisien.

Dalam menggunakan media, bagian pemasaran dapat memilih beberapa saluran yang dianggap memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, salah satunya adalah dengan menggunakan media online.

Menentukan Target Pasar Online

Menargetkan pasar online adalah hal yang tepat pada zaman ini, karena transformasi teknologi membuat potensi pasar yang tadi tertutup dan tidak terlihat menjadi lebih jelas dan mudah.

Jika kita mengecek data, pengguna internet, di tahun 2020 akan diproyeksikan mencapai 119 juta jiwa, dibandingkan pada tahun 2019 yang hanya mencapai 107 juta jiwa, yang artinya akan ada peningkatan pengguna 12.5%. cek datanya di sini.

Namun, bagaimana kita dapat melakukan targeting pasar online dengan benar?
Menurut Tjiptono, targeting pasar dapat dilakukan dengan mengambil strategi ini:

Spesialisasi Terpilih

Yaitu dengan menetapkan target pasar yang hanya memiliki satu ketertarikan yang sama, yaitu misalnya menargetkan pasar yang hanya tertarik dengan produk-produk buatan korea, karena mereka punya ketertarikan yang sangat kuat dengan korea.

Spesialisasi Pasar

Anda dapat juga menerapkan strategi targeting pasar online berdasarkan segmetasi pasar yang menyasar satu pasar pilihan saja, yaitu misalnya pasar elektronik, anda menawarkan berbagai macam produk namun semua berhubungan dengan elektronik, bisa berupa chip komputer, motherboard, keyboard, CPU, dan berbagai macam produk yang hanya tertarik dengan pasar elektronik.

Spesialisasi Produk

Spesialisasi produk adalah strategi dengan membuat produk yang paten untuk semua kalangan pasar dan ketertarikan, misalnya anda membuat produk susu sapi terbaik dengan menyasar banyak pasar, seperti pasar orang tua, pasar anak, pasar pembisnis restoran yang membutuhkan susu, dan banyak lagi.

Full Market Covarage

yaitu sebuah penerapan strategi targeting pasar dengan membuat banyak produk dengan target pasar yang luas, contohnya adalah produk indofood yang menyasar target pasar makanan dengan menyediakan berbagai macam produk untuk kebutuhan pasar yang sangat luas, bisa semua kalangan, dan produknya macam-macam.

Di atas adalah strategi dan contoh praktek targeting pasar online yang dapat dilakukan oleh para pemasaran dalam menentukan targeting pasar.

Namun, bagaimana implementasi sesungguhnya dalam media online?

Implementasi Targeting Pasar Online

Agar Anda maksimal dalam menargetkan pasar, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan, apa langkah-langkah yang bisa Anda terapkan?

Menentukan Positioning Produk Anda Di Pasar Online

Artinya Anda tentukan terlebih dahulu letak posisi produk Anda di mata warganet, bagaimana brand image yang akan dibangun, karena sebelum melangkah lebih lanjut langkah ini adalah sebuah langkah penting yang sebaiknya Anda lakukan.

Melakukan Segmentasi Pasar

Setelah Anda menentukan posisi produk Anda, langkah yang dapat Anda ambil adalah melakukan pengklasteran masing-masing segmen pasar, Anda dapat melakukannya dengan melihat data konsumen di pasar dunia nyata atau dengan melakukan diferensiasi di market online, dengan menentukan pembagian yang baru, jika Anda belum faham betul bagaimana melakukan segmentasi Anda dapat mengunjungi halaman segmentasi pasar.

Memilih Strategi Targeting Pasar Online

Di atas Anda sudah membaca tentang strategi penentuan taget pasar secara umum, namun di pasar online anda perlu menggunakan strategi khusus penargetan pasar seperti strategi SEO, SEM, Social Media, Beriklan di situs tertentu, dan masih banyak lagi, gunanya adalah untuk mencapai targeting pasar yang lebih mengkrucut.

Bangun Insfrastruktur Pemasaran Online Yang Baik

Sebelum berlanjut ke penerapannya dalam targeting pasar online, Anda perlu membangun insfrastrukturnya telebih dahulu, seperti membuat website yang dapat menjadi bahan mereka mencari info, sosial media untuk menganalisis pasar media sosial, Google Ads agar anda tahu mana keyword potensial untuk di target, dan mengenal situs-situs yang dapat mendukung targeting pasar Anda.

Hasilnya jika kita bisa memaksimalkan cara-cara di atas, kita bisa dapat memaksimalkan potensi pasar online sebagai salah satu strategi dalam meningkatkan penjualan produk yang kita miliki.

Tapi, tetap evaluasi adalah jalan terbaik agar membuat targeting pasar online kita semakin jitu dan tepat, karena pada dasarnya penargetan pasar adalah hal yang terus berubah-ubah dan unik.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter