Sejarah BMW : Kontroversi Sejarah Pemilik Perusahaan

Posting Komentar

Siapa yang tidak tahu dengan mobil keluaran BMW (Bayerische Motoren Werke), perusahaan otomotif yang berasal dari Jerman? pasti kita akan sering jumpai orang-orang kaya memiliki salah satunya, seperti Rolls-Royce, X 3, X 5 atau X 7 - series.

Tapi apakah kalian tahu bagaimana sejarah dari BMW ?


versi Wikipedia mengatakan :
BMW mengawali bisnisnya setelah restrukturisasi dari perusahaan pembuat mesin pesawat terbang Rapp Motorenwerke tahun 1917. Akhir dari Perang Dunia I tahun 1918, BMW dipaksa untuk berhenti memproduksi mesin pesawat terbang karena adanya Perjanjian Versailles.[2] Perusahaan ini beralih untuk memproduksi sepeda motor tahun 1923 setelah perjanjian itu mulai dilonggarkan,[3] dan mulai memproduksi mobil tahun 1928/29.
Tahun 1992, BMW mengakuisisi perusahaan studio desain industri di California DesignworksUSA, dan mengakuisisi penuh tahun 1995. Tahun 1994, BMW membeli perusahaan otomotif Inggris Grup Rover[7] (dimana pada saat itu ada merek RoverLand Rover dan MG dan juga hak atas merek yang sudah tidak lagi diproduksi yaitu Austin dan Morris) dan memilikinya selama 6 tahun. Tahun 2000, Rover mengalami kerugian besar dan BMW pun menjualnya. Merek MG dan Rover dijual ke Phoenix Consortium untuk membentuk MG Rover, sedangkan Land Rover diambil alih Ford. BMW akhirnya mendirikan merek sendiri yang ia namai MINI, yang diluncurkan tahun 2001.
versi lengkapnya lihat disini : wikipedia

Void History ( Sejarah yang Hilang dari Keluarga Quandt dan BMW)

Ada hal aneh yang disajikan dari sejarah perusahaan di Wikipedia, pelompatan sejarah dari tahun 1928-1929 ke tahun 1992 dan tidak dituliskan apa yang terjadi selama 66 tahun berjalannya perusahaan ini.

penulis tidak dalam menyudutkan perusahaan BMW atau pihak lainnya, karena memang bukan tentang sejarah perusahaan namun tentang pemilik saham mayoritas dari BMW itu sendiri.

Disclaimer:
sejarah ini hanya sebagai bentuk opsi penambahan yang belum dimuat, pada 2007 kelurga Quandt sebagai pemegang saham mayoritas BMW meminta maaf akan kejadian di masa lalu.

Awal Mula Kehidupan Gunther Quandt dan Herbert Quandt


Sejarah ini dimulai dari Gunther Quandt seorang konglomerat yang memiliki keterlibatan dengan nazi, dia memiliki paham sosialisme namun secara resmi tidak tergabung dalam pergerakan Nazi pada waktu itu, pada awalnya Gunther Quandt hanyalah seorang pengusaha tekstile yang menjual seragam kepada pemerintah, dan menjalani kehidupan biasa seperti pengusaha lainnya.
Hingga suatu ketika istrinya Antonie "Toni" Quandt meninggal karena flu, akhirnya dia memutuskan menikah dengan Magda Goebbels, dan sejujurnya penulis jadi teringat dengan sebuah karakter kartun yang memiliki kekayaan melimpah pada serial disney, yaitu Paman Gober yang sangat kaya raya pada serial kartun Donald bebek.
kesamaannya adalah pada segi kekayaan, berlanjut dengan kenyataan pernikahan dengan Magda tidak berlanjut lama, tidak lama berselang setelah perceraian dengan Magda, Magda menikah lagi dengan Joseph Gobbels yang ternyata adalah seorang mentri propaganda Nazi.

Titik Balik Dari Kehidupan Keluarga Quandt dan Sisi Kelam Yang Tidak Diungkap

Inilah awal semua keadaan berubah, Gunther Quandt tidak memutuskan hubungan persahabatan dengan Magda, malahan menjadi teman baik dan menawarkan mansionnya menjadi gedung pernikahan bagi kedua mempelai, berkat kepiawan Magda dalam berelasi dengan kelompok Nazi, Gunther mendapatkan keuntungan hingga akhirnya Nazi memimpin Jerman dan memulai perang dunia 1.
Gunther dengan kekuatan finansialnya dan industrialisasi yang bagus, mendapatkan banyak keuntungan seperti pekerja yang sangat murah, bahkan bisa dibilang sebagai perbudakan karena banyak pekerja yang meninggal dan Gunther memiliki andil dalam membangun kamp-kamp konsentrasi Nazi.
Hingga akhirnya Jerman kalah, dan banyak orang jerman yang ditahan dan diasingkan ke kamp-kamp konsetrasi termasuk Gunther dan anaknya Herbert Quandt.
1 tahun berselang, Gunther dibebaskan karena tidak ditemukan bukti kuat bahwa Gunther memiliki hubungan kuat dengan Nazi dan kebutuhan Jerman dalam membangun ekonomi negara, namun berbeda dengan anaknya yang secara resmi ikut dalam partai Nazi, tapi dengan diplomasi yang bagus pula anak Gunther yaitu Herbert Quandt dibebaskan.

Herbert Quandt Sang Penyelamat Perusahaan BMW

Pada Tahun 1952 BMW mulai memproduksi mobil dan ternyata gagal, ditahun 1954 Gunther Quandt meninggal di Kairo dan mewariskan kepada Herbert kekayaan yang berlimpah, dengan perlakuan khusus yang diberikan pemerintah terhadap keluarga Quandt sebagai salah satu orang terkaya waktu itu, Herbert memiliki 30% saham BMW, yang sayangnya kekayaan itu diperoleh dari penderitaan perang dunia 1 dan korban-korban yang bekerja di industri-industri keluarga Quandt.
Di Tahun 1959 BMW hampir mengalami kebangkrutan, dan pahlawan yang menyelamatkan perusahaan otomotif itu adalah Herbert Quandt dengan melakukan akuisisi 50% Saham BMW dan mulai dengan menjual BMW tipe 700 yang berubah menguntungkan perusahaan. lebih Lanjut Baca di Wikipedia : Herbert Quandt
Mungkin banyak orang yang paham dengan investasi akan segera meninggalkan perusahaan yang diambang kebangkrutan itu, alasan yang membuat Herbert Quandt mengakuisisi 50% BMW adalah atas saran banker-banker yang dipekerjakan Herbert sebagai analisis, yang artinya di balik akuisisi yang fantastis akan perusahaan yang akan bangkrut itu ada bankers.
Pada tahun 2007 keluarga Quandt meminta maaf atas apa yang terjadi di masa lalu, tetapi tidak mempengaruhi bahwa keluarga Quandt hingga saat ini menjadi keluarga terkaya di negara Jerman.

Refrensi Menarik Untuk Keluarga Quandt : BMW Dynasty Wants to Uncover Nazi Ties

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter