Faktor Yang Menentukan Iklim Bisnis

Posting Komentar

Dalam berbisnis, sering kali kita mengalami kondisi naik-turun yang membuat harus berjuang untuk mempertahankan kelangsungan bisnis.

Apa Faktor yang Mempengaruhi Bisnis?

Iklim bisnis dapat dipengaruhi oleh beberapa sebab, dapat disebabkan dari internal mau pun eksternal, namun yang paling besar adalah :

  • Investasi
  • Tabungan
  • Kebijakan Pemerintah

Dari 3 faktor di atas, faktor pemerintah memiliki peranan besar dalam kelangsungan bisnis, selain faktor internal, seperti kebijakan internal yang mempengaruhi banyak sektor.

Mari kita bahas satu-per-satu dari faktor di atas, untuk memahami lebih baik tentang bagaimana faktor-faktor di atas dapat mengakibatkan perubahan iklim.

Investasi

Investasi adalah penggunaan sumber-sumber keuangan untuk menciptkan modal baru.
Bentuknya dapat berupa uang atau fasilitas yang dapat meningkatkan produktivitas sebuah bisnis, namun pada umumnya investasi dikaitkan erat dengan uang.

Uang yang berikan dari investor kepada sektor-sektor bisnis yang telah ditentukan dipergunakan untuk penambahan modal dalam membeli peralatan, meningkatkan promosi, dan meningkatkan kualitas produk.

Tabungan

Adalah sebuah jumlah uang yang diputuskan oleh suatu organisasi bisnis untuk disimpan dengan tujuan menyiapkan modal untuk menghadapi masa sulit di masa depan.

Sehingga sebenarnya tabungan adalah salah satu alat defensif untuk mempertahankan bisnis di masa yang akan datang, karena sudah dijelaskan pada paragraf-paragraf awal, bisnis bisa saja mengalami naik-turun karena kondisi sekitar, semakin besar tantangan dan halangan di masa depan, maka semakin banyak yang harus di tabung agar tidak terjadi kebangkrutan atau collapse.

Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah memiliki pengaruh yang besar dalam mengarahkan dan mengubah iklim bisnis, karena peran pemerintah yang besar maka banyak sekali yang terpengaruhi akan hal ini, ada 2 kebijakan pemerintah yang dapat membuat iklim bisnis berubah drastis:

  • kebijakan moneter
  • kebijakan fiskal

Kebijakan moneter lebih dititikberatkan pada kebijakan arus kas, sehingga dapat menimpulkan inflasi atau deflasi secara langsung.
Kebijakan fiskal, adalah kebijakan yang diperlakukan dengan menungurangi atau menambahkan pajak pada suatu sektor bisnis atau pada semua jenis bisnis.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter