Cara Mudah Untuk Mengatasi Pengunjung Blog Turun Drastis

Posting Komentar

Memahami Masalah Blog Tidak Banyak Dikunjungi Orang

Trend menjadikan blog sebagai usaha mencari uang dari internet dimulai setelah ada orang-orang yang mendapatkan uang dari adsense, memang hingga sekarang program periklanan yang masih membayar besar publishernya adalah adsense dibanding dengan jenis program iklan mana pun.

Walaupun itu relatif, karena jika kita menilik kembali lagi ke masing-masing blog apalagi yang sudah memiliki jam terbang yang tinggi, CPC Adsense untuk keyword-keyword tertentu tidak cukup besar, bahkan ada yang mencapai Rp. 50 per klik! 

Bayangkan, anda sudah capek-capek buat konten tapi, anda masih tetap mendapatkan bayaran sekecil itu? tapi jika anda memilih kata kunci yang tepat untuk blog anda, tidak ada kata CPC anjlok, kadang bisa mencapai Rp. 20.000 Per klik!!



Oke, pada artikel ini, tidak sedang membicara CPC, maupun adsense, tapi lebih akan membicarakan alasan dibalik 'kenapa blog tidak banyak pengujung?'

Memahami Jenis Kunjungan Pada Blog

Untuk mengetahui itu kita bahas terlebih dahulu dari mana pengunjung itu datang.

Dari mana pengunjung blog datang?

Banyak media yang dapat mendatangkan pengunjung, tapi lebih banyak karena mereka mencari informasi dari mesin pencari, sebut saja Google sebagai media utama untuk mengarahkan pengunjung ke blog.

namun, pada teknis yang lebih luas lagi, pengunjung bisa saja datang dari media sosial, karena tahu dari pembicaran secara offline, menjadi top of mind di tengah masyrakat, dan sistem referal langsung dari email dan perpesanan online.

Jika melihat secara kualitas ekonomisnya pengunjung dari mesin pencari memiliki kualitas lebih baik dari pada dari sumber mana pun.

karena pada dasarnya pengunjung yang diarahkan oleh mesin pencari akan dicatat oleh cookie browser, history penelusuran dari user akan dikoleksi atau dikumpulkan untuk dipadukan dengan sistem periklanan, sehingga kata-kata kunci yang dikumpulkan menjadi alat melakukan penetrasi kepada masing-masing user.

Sehingga, jika dilihat dari segi ekonomis blog yang ditemukan mesin pencari mempunyai nilai ekonomi yang lebih tinggi, itu-lah mengapa banyak orang rela untuk mengeluarkan uang lebih untuk ada dipuncak klasmen "SERP" a.k.a search engine result page.

Tapi, jika pun pengunjung anda datang dari media sosial, apakah itu buruk? tentu saja tidak, pengunjung media sosial mungkin saja memiliki nilai ekonomi dari segi periklanan yang rendah, namun jika dapat diolah, tetap saja emas.

Ibarat Bijih Emas, masing-masing bijih emas memiliki potensi yang sama, namun cara mencampurkan bahan kimia yang berbeda agar menjadi emas.

Karena pengunjung dari mesin pencari secara nilai ekonominya lebih tinggi, maka evaluasi kali ini difokuskan untuk mencari pengunjung dari mesin pencari, tetapi tidak mengesampingkan hal lainnya, jadi masing-masing sub bahasan akan tetap di bahas.

Memahami Cara Kerja SEO dan SEM Dalam Mengarahkan Pengunjung Internet

Seperti yang kita ketahui, internet terdiri dari jutaan website, bahkan triliunan halaman yang dapat kita akses, namun secara demand (permintaan) sebuah mesin pencari akan memberikan hasil paling relevan kepada user.

Layaknya sebuah perpusatakaan yang sangat besar, mesin pencari menghimpun data melalu beberapa proses yaitu:

  • Crawling
  • Indexing
  • Ranking

Secara singkatnya, crawling adalah proses review, indexing adalah tahapan sorting, dan rangking adalah tahapan pemberian ranking (mencari yang paling baik).

Dengan demikian proses yang terjadi untuk mendapatkan posisi tinggi juga memakan waktu yang lama, semenjak proses crowling hingga ranking bisa saja membutuhkan 1 tahun agar mendapatkan posisi yang diharapakan.

Lalu bagaimana blogger dalam menyikapi hal tersebut?

Sudah jelas adalah memberikan hal terbaik untuk komunitas internet dan menyampaikannya dengan metode yang tepat.

Seperti yang tertulis pada sub bahasan ini, kita akan memahami tentang SEO dan SEM untuk sebuah halaman online, pada kasus yang sedang kita alami adalah pada blog.

Jika kita memahami kegunaan blog, kita akan bisa mensortir lebih baik lagi apa yang harus kita taruh dalam blog.

secara harfiah blog adalah web log, yang artinya log-log yang dipublikasikan ke dalam web, maka dari itu, fungsi web log atau blog lebih banyak kepada arah publikasi yang ingin disampaikan kepada pembaca.

Maka, jika bisa disimpulkan hal yang sangat bisa dimuat adalah
  • Postingan berbentuk artikel
  • Postingan berbentuk informatif
  • Postingan berbentuk pertanyaan dan jawaban
  • Postingan yang membicarakan review
  • Postingan yang memberikan kritik
Untuk memudah dalam proses crawling dan indexing, para webmaster dapat mengandalkan aturan baku yang sudah diimplemetasikan ke dalam hasil-hasil penelusuran dalam bentuk data terstruktur.

Maka, data terstruktur apa yang dapat dipergunakan oleh para blogger dan sekaligus cocok?

  • Data terstruktur articles
  • Data terstruktur how-to
  • Data terstruktur Q&N
  • Data terstruktur review

Apakah data terstruktur membantu kita dalam mendapatkan posisi bagus di SERP? Tidak sama sekali, data terstruktur berguna untuk proses crawling dan indexing, karena dalam data terstruktur tidak berkaitan dengan variable untuk menaikan sebuah blog, hanya memberikan kemudahan kepada mesin pencari untuk melakukan review.

Maka, SEO dan SEM bisa membantu blog anda mendapatkan lalu lintas kunjungan yang banyak.
karena SEO dan SEM berfokus pada mencari tahu pendekatan-pendekatan atau metode-metode apa saja yang dapat meningkatkan rangking sebuah blog di mata mesin pencari.

Singkatnya SEO adalah teknik alami yang dikhususkan untuk mengarahkan pengunjung dengan menggunakan metode yang disarankan oleh mesin pencari agar mendapatkan nilai tinggi di mata pencarian.

Sedangkan SEM adalah teknik marketing menggunakan mesin pencari untuk meningkatkan popularitas dengan cara membayar dan membuat pengunjung tertarik sehingga terciptanya SEO secara target.

Hmmmm, mendengar kata bayar mungkin sebagian besar pembaca akan langsung menarik diri untuk tidak ikutan menggunakan teknik SEM, tapi, memang kenyataannya begitu, tidak banyak blogger yang mau mengocek uang untuk mempopulerkan blog dengan SEM. karena mahal diongkosnya.

Padahal selama ini, jika melihat perusahaan-perusahaan besar sukses karena menggunakan kedua metode tersebut, ada SEO dan ada SEM, namun tergantung dari kesanggupan masing-masing untuk menggunakan teknik yang mana.

Strategi SEO yang Cocok Untuk Blog

Jika, kita membahas tentang SEO 'apa yang pertama kali terpikir dalam benak blogger atau webmaster?'

  • Cara singkat mendapatkan posisi pertama di Google?
  • Tulisan bagus yang langsung duduk di halaman Page one?
  • Atau sebuah cara yang dapat memberikan keajaiban untuk blog?

Hampir, tapi tidak seperti itu kenyataannya, jika dilihat, SEO memerlukan waktu yang lama, karena akan tetap melalui proses crawling, indexing, dan ranking.

Jadi, SEO bukan cara instan untuk blog masuk posisi pertama atau cara mudah masuk page one, SEO seperti yang dijelaskan di atas adalah sebuah teknik atau metode untuk mendapatkan nilai lebih agar menciptakan pengarah pengunjung alami dari mesin pencari.

Lalu apa yang menjadi penentu dari teknik SEO ini pada blog?

Backlink dan korelasi Blog terhadap sebuah keyword.

Mungkin saja, anda berfikiran cara itu sudah basi, atau tidak bekerja-lah dan berbagai alasan lainnya yang mungkin anda pikirkan dalam otak anda saat ini.

Jika, seperti itu anda mungkin salah dalam mengaplikasikannya.

Inilah mengapa pada artikel ini dimulai dari pembukaan yang sangat panjang, karena dalam hal ini anda sedang tidak tahu sama sekali tentang pasar yang sedang anda hadapi, sekali pun jika anda adalah blogger lama.

Kenapa? karena anda masih kesulitan mendapatakan sebuah pengakuan dari mesin-mesin pencari dan bahkan tidak bisa mendapatkan posisi yang pantas.

maka, pada artikel ini dianalogikan seperti belum kenal dengan SEO atau pun SEM atau jenis kunjungan yang ada, sehingga dalam caranya pun tidak tau benar atau salah.

Oke, mulai dari awal mula, yaitu riset keyword (riset pasar)

Anda sedang mau buat blog apa sih? jenis blog anda yang seperti apa sih? tipe news kah? tipe blog komunitas kah, tipe blog perusahaan kah? atau tipe apa?

Jika anda sudah mendapatkan jawabannya, sekarang, coba kata kunci apa yang anda target?

Misalnya "belajar SEO gratis dan lengkap" dua hal yang perlu diingat adalah search intent dan volume pencarian.

Jika, dianalisis kata kunci "belajar SEO gratis dan lengkap" adalah kata kunci kursus, kata kunci pengetahuan, kata kunci cara (how-to), kata kunci Q&N.

Maka, pasar anda seharusnya adalah :
  • orang yang ingin kurus SEO gratis
  • orang yang mau tahu cara SEO dengan lengkap
  • orang yang mau tahu cara SEO yang bagus
  • orang yang ingin tahu sebuah pertanyaan seputar SEO.
sehingga setelah search intent suatu kata kunci sudah anda ketahui, coba dikombinasikan dengan data terstruktur, jika anda menggunakan template blog bawaan atau template blog yang gratis dan disediakan oleh banyak developer, berarti secara default bisa pakai :
  • data terstruktur article
  • data terstruktur rich snippet
Untuk data terstruktur yang belum ada secara default, dapat anda tambahkan secara manual dengan menambahkan saat mengedit postingan.


Tujuannya agar postingan kita yang sudah memiliki relevansi yang kuat dengan suatu kata kunci mudah untuk dicrawl, diidentifikasi oleh mesin pencari jenis kontennya, dan dapat segera di index pada antrian yang tepat.

Lalu dalam melakukan teknik SEO, ada yang dinamakan on-page dan off-page, off-page adalah cara-cara optimasi yang dilakukan dari luar sedangkan on-page cara-cara optimasi yang dilakukan dari dalam.

SEO Off-Page

Oke, kita bahas off page terlebih dahulu.

SEO off page adalah cara optimasi yang dilakukan dari luar Blog, cara yang paling sering dilakukan adalah membuat backlink menuju blog.

Maka, pada saat ini, anda jangan gunakan cara lama, dengan mengaitkan blog langsung dari kolom komentar, karena algoritma saat ini tidak memperdulikan link nofollow dan dofollow, secara acak mesin pencari akan melakukan crawling dari halaman-halaman di luar blog anda yang mereka temukan.

Oke, hal yang harus anda ubah dari implementasi SEO off-page ini adalah cara pandang anda melihat off-page sebagai sebuah strategi promosi, jika anda melihat SEO off-page sebagai salah satu strategi promosi, maka ada sebuah tata-cara yang perlu diperhatikan.

Dalam strategi promosi, Anda harus melakukan beberapa taktis agar blog anda terkenal dan dapat otoritas, melakukan promosi senyap dan tidak dibareng oleh promosi masal akan mengakibatkan ketidakefektifan hasil.

Maka Strategi Off-page apa yang dibutuhkan?

Publisitas dan Kontrol Media Agar Menaikan Peringkat Blog

bagaimana caranya?

Cara termudah yang bisa dilakukan adalah melakukan tukar link dan tukar artikel dengan sesama blog yang sudah bereputasi atau pun belum, alasannya adalah untuk meningkatkan jumlah reffering domain dan kontekstual backlink secara masif.

Namun, perlu diingat, bukan berarti anda berhenti untuk mengupdate konten bacaan, karena masalah produk dan mayoritas pembaca Indonesia yang masih kurang loyal, sehingg update artikel pun tidak bisa ditinggalkan begitu saja.

Cara menautkan blog dari blog orang lain pun tidak seharusnya dengan menautkan secara tidak wajar, ketidak wajaran menautkan link ke Blog dapat menimbulkan efek yang malah memperburuk, jika ditanya Link building yang paling baik itu seperti apa maka begini jawabannya.

Jenis Backlink Tingkat  Hasil
Authority dan Contextual 5/5 Memperkuat Validitas isi
Contextual  3/5 Meningkatkan sugesti dalam ranking 
Promotional Backlink di Authority Blog 4/5Meningkatkan sounding blog
Promotional Backlink di Blog Sejenis 2/5Meningkatkan sounding blog secara tidak langsung
Supporting Backlink di Blog Kecil 1/5Meningkatkan Arah crawling mesin pencari
Unrelevan dan Spam Backlink 0/5Menambah negatif SEO

Mengetahui dan meningkatkan kinerja blog dengan backlink adalah hal yang cukup penting untuk mendapatkan kunjungan yang banyak, tujuannya selain untuk mendapatkan nilai tambah di mesin pencari, anda juga dapat menghindari negatif SEO.

Terkadang, ketika kita menambahkan backlink, bukannya menambahkan kunjungan secara langsung ke blog kita malah menjadikan blog kita turun peringkat, apakah anda pernah merasakannya? jika pernah berarti ada yang salah pada backlink anda.

Cara paling efektif yang bisa dilakukan adalah melakukan dissavow link atau membiarkan blog anda secara natural dievaluasi oleh mesin pencari.

Namun, perlu anda catat, bahwa hal tersebut tidak sepenuhnya instan, karena balik lagi kepada berapa cepat robot mesin pencari mengevaluasi ulang.

Strategi Promosi Public Relation Untuk Blog

Secara tidak langsung, sedikit demi sedikit blog anda akan dikenal melalui konten yang anda sajikan, lalu bagaimana audiens anda dapat menjangkau blog anda secara baik?

Hubungan masyarakat atau publik relation adalah cara yang tepat untuk menjangkau mereka dan mengembalikan kunjungan mereka menjadi pembaca tetap.

Hal tersebut dapat anda lakukan dengan beberapa cara yaitu:
  • Membuat fanspage
  • Mengkomunikasikan tentang jati diri blog dengan membuat akun-akun media sosial
  • Mengaitkan pada website yang menyediakan company profile
  • Mengkomunikasikan pembaca media-media non-pribadi yang dapat mereka jangkau.
  • Memberikan struktur yang jelas siapa yang bertanggung jawab dan siapa yang membuat
Hal ini dimaksudkan tidak hanya untuk membuat para pembaca anda kembali untuk membaca blog, tetapi lebih kepada menjalin hubungan antara produsen (konten) dengan pemirsanya.

Sudah Jelas, cara ini juga tidak instan, karena membangun reputasi adalah hal yang sangat sulit, karena banyak 'Guru' di Internet ini.

Terlebih, terkadang cibiran ketika anda baru masuk blog, mungkin lebih tepatnya dihina atau pun dicela, karena mengganggu eksistensi blogger lama, Jika dilihat dan ditelaah lebih lanjut ternyata banyak juga blogger atau webmaster yang tidak mau disangi.

Apakah hal itu adalah kenyataan atau bukan? silahkan dijawab masing-masing.

Strategi Promosi Pemasaran Langsung Untuk Blog

Yang terakhir untuk pembahasan SEO off page adalah, optimasi yang kurang maksimal dalam direct selling.

direct selling ini yang sangat jarang dan salah kaprah dipraktekan, mengapa jarang dilakukan?

karena direct selling butuh kematangan dalam segi penargetan, semisal blog anda adalah blog kesehatan, maka jangan sekali-sekali sebarkan linknya di grup blogger.

karena pasarnya bukan disitu, tapi coba disebar ke grup ibu-ibu yang pastinya mereka punya sense of care ke keluarga mereka lebih tinggi.

Sehingga mereka lebih excited untuk mengunjungi dan melakukan interaksi.

Dan untuk salah kaprah penerapan strategi direct selling adalah, dengan cara memberikan link-link spam di berbagai medsos atau bahkan menyasar ke dunia offline yang tidak sama sekali berkaitan langsung dengan niche blog.

Dalam strategi direct selling untuk blog anda perlu memperhatikan

  • Target Pembaca
  • Segmentasi pasar
  • Mengenal karakteristik pasar
  • Mulai mengumpulkan kontak pembaca
  • Menyasar orang-orang yang aksesable ke blog anda
  • Mengerti keadaan blog dan kualitas yang anda tawarkan

every detail makes everything different
Setelah melewati tahapan SEO off-page maka berlanjut dengan SEO on-page.

SEO On-Page

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, SEO on page adalah cara optimasi dari dalam, yang artinya, dioptimasikan dari dalam blog.

Untuk mempersingkat penjelasan dan agar anda paham akan on-page, mari analogikan blog sebagai sebuah produk media yang anda hasilkan.

Maka, selayaknya dalam pengelolaan produk, hal yang paling penting adalah anda mengetahui bagaimana produk anda dihasilkan dan bagaimana produk anda memberikan nilai tambah kepada pembaca.

Cukup mengecoh sebebarnya jika anda tidak paham dengan kualitas internal blog anda, mengapa?

Karena sering kali melakukan self-claiming 'blog saya tulisannya bagus, kok masih saja tidak dapat menduduki posisi teratas?, atau bahkan sepinya kayak kuburan kuno'.

Hal inilah yang menjadikan orang memiliki ego tinggi, tidak mau dibilang buruk atau apalah blognya namun, sebenarnya mereka tidak sadar bahwa  mereka sendiri lah masalah dari kualitas blog tidak memadai.

Memperbaiki Kualitas Produk Blog Anda

Seperti yang disampaikan di atas, bahwa blog yang biasa dibuat, biasanya dikhususkan untuk mengahsilkan produk informatif dan membantu pengunjung, atau setidaknya memiliki nilai menghibur.

Lalu bagaimana kita memperbaiki kualitas blog dan menerapkan SEO on-page di Blog kita?

Secara tidak sadar, sebenarnya kita sudah diajarkan menulis SEO on-page sejak dini, mulai dari SD, hingga tingkat yang lebih tinggi.

sebagai bukti kita bandingkan apa yang telah kita ajarkan di dunia pendidikan dengan anjuran SEO on-page yang sudah banyak ditulis oleh banyak blog.

SEO on page Pelajaran Sekolah Perbandingan
Identifikasi Judul Dengan H1 Membuat Judul Tulisan Pernah Diajarkan
Identifikasi Sub Bahasan dengan H2, H3 Membuat Sub Bahasan Pernah Diajarkan
Link Eksternal Yang Relevan Mencantumkan Sumber Tulisan Pernah Diajarkan
Artikel Mudah Dibaca SPOK dan Tata Bahasa Pernah Diajarkan
Tulisan Bermanfaat Tulisan Memiliki Maksud Pernah Diajarkan
Foto dan Alt Text Bukti Pendukung Tulisan Pernah Diajarkan

Bagaimana? apakah anda lupa akan pelajaran bahasa Indonesia, sejak dini kita sudah diajarkan untuk melakukan optimasi untuk produk tulisan dalam blog.

Hanya tautan internal saja yang tidak pernah diajarkan di kelas, karena itu adalah mekanisme tambahan yang dibuat untuk mengidentifikasi keseragaman niche blog dan bahasan yang ada pada seluruh blog.

Namun, sebetulnya kita sudah tahu SEO on page sebelum SEO on page itu sendiri hadir.

Lalu, jika kita membahas lebih dalam lagi, tentang analogi produk, bagaimana kita dapat meningkatkan kualitas produk yang kita hasilkan?

The Real SEO on-Page

Memandang blog sebagai sebuah produk, menghasilkan sebuah strategi baru yang jika kita mengkaji, mungkin ini adalah the real SEO on-page, kenapa?

karena blog dengan ciri-ciri strategi seperti yang nanti disebutkan akan lebih mudah untuk menduduki posisi page one, atau bahkan nomor satu.

Strategi nya adalah ...

  • Core of Product di blog mu, apa yang dimaksud dengan core of product? core of product adalah manfaat inti yang anda tawarkan, secara singkatnya adalah niche produk, semisal, jika anda membuat blog kesehatan maka core of product nya adalah tulisan informatif tentang kesehatan, tidak lebih dari itu.
  • Lalu strategi menentukan core of product itu dikembangkan lagi dengan menciptakan generic product, yang memiliki ciri khas tersendiri, semisal dari cara penyampaiannya, generic product adalah strategi untuk membedakan produk artikel anda dengan yang lain, misalnya dengan menambahkan fun fact sebuah bahasan.
  • Selanjutnya mengembangkan produk menjadi sebuah produk yang dapat ditingkatkan, jadi artikel anda menambahkan sebuah tawaran yang tidak ada di artikel lainnya, seperti bacaan eksklusif yang membahas suatu bahasan secara lengkap atau menambahkan konsultasi secara gratis dari artikel yang anda buat.

Sampai tahap ini pun tidak banyak yang dapat mengaplikasikan strategi-strategi di atas, karena memang sulit dapat menghasilkan produk artikel yang berkualitas pada blog.

Maka, sejatinya membuat blog yang SEO dinilai dari on-page nya itu memang sulit dan tidak sembarangan, sehingga jika dilihat pada posisi satu sangat jarang untuk digoyahkan oleh blog yang tidak mengatur strategi sejak dini.

Menyudahi bahasan SEO

Mari mengincar pengunjung dari Strategi Advertising (SEM dan Social Media Marketing).

Seperti yang dijelaskan bahwa, pengunjung blog tidak hanya yang berasal dari mesin pencari, atau organic traffic, namun masih ada cara lainnya yang dapat anda gunakan untuk mendapatkan kunjungan yaitu dengan cara beriklan.

Stretagi periklanan adalah strategi untuk mengarahkan kunjungan ke blog menggunakan media-media periklanan yang ada.

Di internet media yang umum digunakan untuk mendatangkan paid traffic adalah dengan beriklan pada mesin pencari yang terhubung langsung dengan mesin pencari atau blog dan website yang sudah terafiliasi dengan penyedia jasa periklanan dan media sosial.

keduanya sama-sama bagus, namun yang menjadi masalah adalah bagaimana cara yang efektif dan efisien dalam menjalankan kampanye periklanan.

Hal utama yang perlu kita ketahui adalah memahami dasar periklanan.
Periklanan adalah kegiatan untuk menaikan popularitas produk menggunakan media-media saluran yang dapat menjangkau banyak orang (mass communication).

Maka sudah jelas targetnya adalah banyak orang yang ingin dijangkau untuk meningkatkan popularitas blog, kunci untuk mendapatkan kesuksesan dalam beriklan di Internet adalah dengan

  • Menargetkan Tujuan
  • Menentukan Strategi Periklanan Yang Tepat
  • Mencari Kata Kunci Yang Tepat Untuk Blog dan Kampanye
  • Mengoptimasi Halaman Blog Agar Terlihat Bagus Saat Dikunjungi
  • Mengkalkulasikan Ulang Target Capaian

Masing-masing langkah memiliki sebuah prosedur sendiri-sendiri, SEM atau pun SMM sama-sama memiliki pengaruh yang sama, yang membedakan secara jelas adalah tujuan yang ditentukan dan hasil yang akan didapat.

SEM berguna untuk mendapatkan quick ranking untuk performa search engine, sedangkan SMM lebih mengedepankan untuk mendapatkan interaksi dan popularitas layanan dan feedback untuk bahan evaluasi kualitas konten.

Namun, Jika anda perhatikan lebih seksama SMM memiliki suatu efek multiplier pemasaran yang besar dibandingkan anda harus menggunakan SEM.

Mengapa itu bisa terjadi?

Karena dalam komunitas media sosial memiliki algoritma sendiri dan pembatasan jangkauan jika tidak menggunakan iklan sebagai media promosi, sebaliknya mesin pencari memiliki efek yang berjangka panjang jika mendapatkan popularitas.

Namun, paid reach pada media sosial dapat memberikan efek seperti konversi, feedback, review, crowd talk, dan dapat mengarahkan pengguna media sosial untuk dipaksa suka dengan produk kita.

Karena fitur feed dari media sosial yang sangat candu, anda akan melihat bapak-bapak, ibu-ibu, dan anak muda, yang kecanduan untuk melihat feed media sosial media mereka, mereka menunggu ada hal baru.

Pada saat itulah, pengelola platform media sosial lebih memilih untuk menempatkan iklan dalam jangkauan mata pengguna, yang akhirnya dapat mengarahkan kunjungan blog anda.

Anda bisa melihat tulisan khusus yang membahas media sosial pada blog Ookji ini

Kesimpulan Dari Masalah Blog Yang Sepi

Ketika blog sepi permasalahnya karena dua hal:

Pertama, blog anda kurang berkualitas dalam menyajikan artikel
Kedua, anda kurang mempromosikan blog pada banyak lini.

Untuk mengatasi hal tersebut anda perlu cara penyelesaian yang efektif dan efesien yaitu :

  1. Dengan mengevaluasi ulang blog anda
  2. Menentukan pasar sasaran blog anda
  3. Menentukan produk artikel yang cocok dengan target pasar
  4. Menentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan pengunjung
  5. kelola blog dengan menerapkan SEO Off-page dan On-page
  6. Jangan melupakan SEM dan SMM dalam strategi promosi
  7. Kembali mengevaluasi targetan yang telah anda buat (bisa mingguan atau bulanan)
  8. Jangan cemaskan pengunjung jika baru memulai blog

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter