Pengertian Strategi Pemasaran

Posting Komentar

Strategi Pemasaran Adalah

Strategi pemasaran adalah alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut.

Strategi pemasaran adalah logika pemasaran, dan berdasarkan itu, unit bisnis diharapkan untuk mencapai sasaran-sasaran pemasarannya. Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran dan berbagai macam kegiatan lainnya yang menyangkut dengan pemasaran.

Inti Strategi Pemasaran

Dalam pemasaran perusaha akan melakukan kegiatan strategi pemasaran dengan lebih memfokuskan pada kebutuhan konsumen. Karena itulah, konsep pemasaran pada intinya adalah untuk memberikan penawaran terbaik agar mendapatkan keunggulan di mata.

Pandangan umum untuk perusahaan dalam menerapkan strategi pemasaran
  • Orientasi dan perencanaannya untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
  • Aktivitas strategi pemasaran yang dilakukan secara terpadu dan berkesinambungan untuk membangun strategi terbaik.
  • Tujuan akhir dari penerapan strategi pemasaran adalah mendapatkan untung dari penjualan dan menempatkan produk pada suatu pandangan positif (brand Image).

Gambaran ideal untuk perusahaan yang memiliki strategi pemasaran yang baik adalah dapat memenuhi kebutuhan pasar.

Untuk dapat memberikan hasil yang maksimal dalam penerapannya, perusahaan perlu untuk menerapkan sebuah riset terlebih dahulu.

Rencana dan Riset Pemasaran

Menerapkan strategi pemasaran dapat dilakukan dengan menganalisa secara keseluruhan dari situasi perusahaan analisis yang awam dilakukan pada perusahaan saat ini adalah analisis SWOT:

  • Kekuatan (Strengths) meliputi kemampuan internal, sumber daya, dan faktor situasional positif yang dapat membantu perusahaan melayani pelanggannya dan mencapai tujuannya.
  • Kelemahan (Weaknesses) meliputi keterbatasan internal dan faktor situasional negatif yang dapat menghalangi performa perusahaan .
  • Peluang (Opportunities) adalah faktor atau tren yang menguntungkan pada lingkungan eksternal yang dapat digunakan perusahaan untuk memperoleh keuntungan .
  • Dan ancaman (Threats) adalah faktor pada lingkungan eksternal yang tidak menguntungkan yang menghadirkan tantangan bagi performa perusahaan.

Lebih lanjut, anda juga perlu fokus kepada pelanggan atau calon pelanggan Anda. Untuk melakukan itu, anda harus benar-benar memahami mereka, mulai dari karakteristik, sifat, perilaku, dan yang lainnya.

Mulailah dengan melakukan riset dan mengumpulkan informasi apa pun tentang target pelanggan yang dituju, seperti:
  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Status pernikahan
  • Pendidikan
  • Profesi
  • Hobi

Dalam penelitian, Anda mungkin akan menemukan beberapa kesamaan pola di antara pelanggan.

Kesamaan ini dapat dikelompokkan bersama untuk membantu membuat persona pembeli, atau pola dasar seperti apa pelanggan ideal anda, dan bagaimana mereka berperilaku.

Dengan cara ini, Anda dapat berfokus pada pemasaran terhadap satu jenis pembeli.

Setelah perusahaan mengetahui kondisi pasar dengan menggunakan analisis, perusahaan dapat menerapkan Penerapan strategi pemasaran pada tahap yang lebih baik mendalam lagi yaitu dengan mempertimbangkan penggunaan teori STP (segmentasi, targeting, positioning).

Mari membahas satu-satu dari STP itu sendiri.

Segmentasi Pasar, Targeting pasar, dan Positioning Produk

Identifikasi Pasar Yang Ingin Dimasuki Dibagi Menurut Segmentasi (Segmentation)

Segmentasi  pasar merupakan tindakan membagi pasar menjadi kelompok pembeli-pembeli berdasarkan perbedaan seperti: kebutuhan, karakteristik atau perilaku  yang berbeda mungkin memerlukan produk atau bauran pemasaran yang terpisah.

Penargetan Pasar Yang Telah Dipilih (Targeting)

Targeting adalah Merupakan proses evaluasi dari masing-masing segmen pasar. Bisa saja perusahaan memasuki semua pasar yang telah diriset sebelumnya, namun dalam pandangan strategi pemasaran, efesiensi cost juga perlu menjadi bahan pertimbangan sehingga targeting menjadi salah satu prosedur yang tidak bisa dilewatkan dalam implementasi strategi pemasaran.

Posisi Produk Di Pandangan Pasar (Positioning)

Posisi produk adalah tempat yang diduduki produk relatif terhadap pesaingnya dalam pikiran konsumen. Oleh karena itu, Anda harus mengembangkan posisi pasar yang unik untuk produk. Jika sebuah produk dianggap sama persis dengan produk lainnya di pasar, maka konsumen tidak mempunyai alasan untuk membeli nya.

Bauran Pemasaran atau Marketing Mix 4P

Strategi Pemasaran Produk

Setiap Perusahaan atau Bisnis harus bisa menentukan produk apa yang menjadi andalannya dan bagamana cara mengembangkan produk andalannya tersebut.

Misalnya dengan menambah varian rasa, varian ukuran, varian bentuk dan juga varian kemasannya. Hal yang paling penting dan krusial yang harus dijaga adalah kualitas dari produk andalan.

Perusahaan dan bisnis seharusnya jangan pernah melakukan perubahan rasa, bentuk, warna, ukuran dan kualitas tanpa melakukan info atau pemberitahuan ke pelanggan sebelumnya.

Karena perubahan produk yang tiba – tida akan menyebabkan pelanggan kecewa dan apabila pelanggan kecewa hal tersebut akan berlanjut dan akan berakibat ke penurunan penjualan.

Strategi Pemasaran Harga

Penentuan harga produk sangat menentukan dalam kesuksesan proses penjualan. Harga adalah sejumlah uang yang harus dibayar konsumen untuk mendapatkan sebuah produk atau jasa. Dalam bauran pemasaran, harga merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi  pemasaran suatu produk.

Tinggi rendahnya harga selalu menjadi perhatian utama para konsumen saat mereka mencari suatu produk.

Sehingga harga yang ditawarkan menjadi bahan pertimbangan khusus, sebelum mereka memutuskan untuk membeli barang maupun menggunakan suatu jasa.

Dari kebiasaan para konsumen, dapat disimpulkan bahwa strategi penetapan harga sangat berpengaruh terhadap penjualan maupun pemasaran produk yang ditawarkan.

Strategi Pemasaran Tempat

Dalam strategi pemasaran, adanya pemilihan lokasi usaha yang strategis menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan pemasaran dari sebuah usaha.

Semakin strategis lokasi usaha yang dipilih, semakin tinggi pula tingkat penjualan dan berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah usaha. Begitu juga sebaliknya, jika lokasi usaha yang dipilih tidak strategis maka penjualan pun juga tidak akan terlalu bagus.

Untuk itu sebelum Anda memulai sebuha usaha, pilih terlebih dahulu tempat usaha yang paling tepat untuk pemasaran usaha Anda.

Lakukan riset dan bandingkan beberapa pilihan tempat sebelum akhirnya Anda menentukan lokasi yang paling strategis bagi usaha Anda.

Strategi Pemasaran Promosi

Kegiatan promosi bisnis merupakan bagian dari strategi pemasaran yang sangat dibutuhkan sebuah usaha, baik usaha kecil maupun usaha yang sudah berkembang besar.

Sebelum mengetahui metode ataupun strategi promosi yang sering digunakan para pelaku bisnis, yang dimaksud dengan promosi adalah  kegiatan pendukung strategi pemasaran yang sengaja diadakan untuk mengingatkan para konsumen mengenai produk atau jasa dengan brand tertentu.

Strategi promosi sering digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan permintaan atau penjualan barang dan jasa yang ditawarkan, sehingga dapat meningkatkan laba yang diperoleh.

Selain itu kegiatan promosi juga memberikan kemudahan dalam merencanakan strategi pemasaran selanjutnya, karena biasanya kegiatan promosi dijadikan sebagai cara berkomunikasi langsung dengan calon konsumen.

Sehingga kita dapat memperoleh informasi akurat dari para konsumen, mengenai respon produk yang kita tawarkan. Berikut beberapa manfaat lain dari adanya kegiatan promosi : 
  • Mengetahui produk yang diinginkan para konsumen.
  • Mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan suatu produk.  
  • Mengetahui cara pengenalan dan penyampaian  produk hingga sampai ke konsumen.  Mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran.
  • Mengetahui strategi promosi yang tepat kepada para konsumen. 
  • Mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasinya. Menciptakan image sebuah produk dengan adanya promosi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter