Strategi Pemasaran Adalah
Strategi pemasaran adalah alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai
tujuan perusahaan dengan
mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang
dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran
tersebut.
Strategi pemasaran
adalah logika pemasaran, dan berdasarkan itu, unit bisnis diharapkan untuk
mencapai sasaran-sasaran pemasarannya. Strategi pemasaran terdiri dari
pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan, bauran
pemasaran, dan alokasi pemasaran dan berbagai macam kegiatan lainnya yang
menyangkut dengan pemasaran.
Inti Strategi Pemasaran
Dalam pemasaran
perusaha akan melakukan kegiatan strategi pemasaran dengan lebih memfokuskan
pada kebutuhan konsumen. Karena itulah, konsep pemasaran pada intinya adalah
untuk memberikan penawaran terbaik agar mendapatkan keunggulan di mata.
Pandangan umum untuk
perusahaan dalam menerapkan strategi pemasaran
- Orientasi dan perencanaannya untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
- Aktivitas strategi pemasaran yang dilakukan secara terpadu dan berkesinambungan untuk membangun strategi terbaik.
- Tujuan akhir dari penerapan strategi pemasaran adalah mendapatkan untung dari penjualan dan menempatkan produk pada suatu pandangan positif (brand Image).
Gambaran ideal untuk
perusahaan yang memiliki strategi pemasaran yang baik adalah dapat memenuhi
kebutuhan pasar.
Untuk dapat memberikan
hasil yang maksimal dalam penerapannya, perusahaan perlu untuk menerapkan
sebuah riset terlebih dahulu.
Rencana dan Riset Pemasaran
Menerapkan strategi
pemasaran dapat dilakukan dengan menganalisa secara keseluruhan dari situasi
perusahaan analisis yang awam dilakukan pada perusahaan saat ini adalah analisis
SWOT:
- Kekuatan (Strengths) meliputi kemampuan internal, sumber daya, dan faktor situasional positif yang dapat membantu perusahaan melayani pelanggannya dan mencapai tujuannya.
- Kelemahan (Weaknesses) meliputi keterbatasan internal dan faktor situasional negatif yang dapat menghalangi performa perusahaan .
- Peluang (Opportunities) adalah faktor atau tren yang menguntungkan pada lingkungan eksternal yang dapat digunakan perusahaan untuk memperoleh keuntungan .
- Dan ancaman (Threats) adalah faktor pada lingkungan eksternal yang tidak menguntungkan yang menghadirkan tantangan bagi performa perusahaan.
Lebih lanjut, anda
juga perlu fokus kepada pelanggan atau calon pelanggan Anda. Untuk melakukan
itu, anda harus benar-benar memahami mereka, mulai dari karakteristik, sifat,
perilaku, dan yang lainnya.
Mulailah dengan
melakukan riset dan mengumpulkan informasi apa pun tentang target pelanggan
yang dituju, seperti:
- Usia
- Jenis kelamin
- Status pernikahan
- Pendidikan
- Profesi
- Hobi
Dalam penelitian, Anda
mungkin akan menemukan beberapa kesamaan pola di antara pelanggan.
Kesamaan ini dapat
dikelompokkan bersama untuk membantu membuat persona pembeli, atau pola dasar
seperti apa pelanggan ideal anda, dan bagaimana mereka berperilaku.
Dengan cara ini, Anda
dapat berfokus pada pemasaran terhadap satu jenis pembeli.
Setelah perusahaan
mengetahui kondisi pasar dengan menggunakan analisis, perusahaan dapat menerapkan
Penerapan strategi pemasaran pada tahap yang lebih baik mendalam lagi yaitu
dengan mempertimbangkan penggunaan teori STP (segmentasi, targeting,
positioning).
Mari membahas
satu-satu dari STP itu sendiri.
Segmentasi Pasar, Targeting pasar, dan Positioning Produk
Identifikasi Pasar Yang Ingin Dimasuki Dibagi Menurut Segmentasi (Segmentation)
Segmentasi pasar merupakan tindakan membagi pasar
menjadi kelompok pembeli-pembeli berdasarkan perbedaan seperti: kebutuhan,
karakteristik atau perilaku yang berbeda
mungkin memerlukan produk atau bauran pemasaran yang terpisah.
Penargetan Pasar Yang Telah Dipilih (Targeting)
Targeting adalah Merupakan
proses evaluasi dari masing-masing segmen pasar. Bisa saja perusahaan memasuki
semua pasar yang telah diriset sebelumnya, namun dalam pandangan strategi
pemasaran, efesiensi cost juga perlu menjadi bahan pertimbangan sehingga
targeting menjadi salah satu prosedur yang tidak bisa dilewatkan dalam
implementasi strategi pemasaran.
Posisi Produk Di Pandangan Pasar (Positioning)
Posisi produk adalah
tempat yang diduduki produk relatif terhadap pesaingnya dalam pikiran konsumen.
Oleh karena itu, Anda harus mengembangkan posisi pasar yang unik untuk produk.
Jika sebuah produk dianggap sama persis dengan produk lainnya di pasar, maka
konsumen tidak mempunyai alasan untuk membeli nya.
Bauran Pemasaran atau Marketing Mix 4P
Strategi Pemasaran Produk
Setiap Perusahaan atau
Bisnis harus bisa menentukan produk apa yang menjadi andalannya dan bagamana
cara mengembangkan produk andalannya tersebut.
Misalnya dengan
menambah varian rasa, varian ukuran, varian bentuk dan juga varian kemasannya.
Hal yang paling penting dan krusial yang harus dijaga adalah kualitas dari
produk andalan.
Perusahaan dan bisnis
seharusnya jangan pernah melakukan perubahan rasa, bentuk, warna, ukuran dan
kualitas tanpa melakukan info atau pemberitahuan ke pelanggan sebelumnya.
Karena perubahan
produk yang tiba – tida akan menyebabkan pelanggan kecewa dan apabila pelanggan
kecewa hal tersebut akan berlanjut dan akan berakibat ke penurunan penjualan.
Strategi Pemasaran Harga
Penentuan harga produk
sangat menentukan dalam kesuksesan proses penjualan. Harga adalah sejumlah uang
yang harus dibayar konsumen untuk mendapatkan sebuah produk atau jasa. Dalam
bauran pemasaran, harga merupakan salah satu faktor penting yang
mempengaruhi pemasaran suatu produk.
Tinggi rendahnya harga
selalu menjadi perhatian utama para konsumen saat mereka mencari suatu produk.
Sehingga harga yang
ditawarkan menjadi bahan pertimbangan khusus, sebelum mereka memutuskan untuk
membeli barang maupun menggunakan suatu jasa.
Dari kebiasaan para
konsumen, dapat disimpulkan bahwa strategi penetapan harga sangat berpengaruh
terhadap penjualan maupun pemasaran produk yang ditawarkan.
Strategi Pemasaran Tempat
Dalam strategi
pemasaran, adanya pemilihan lokasi usaha yang strategis menjadi salah satu
faktor yang mempengaruhi kesuksesan pemasaran dari sebuah usaha.
Semakin strategis
lokasi usaha yang dipilih, semakin tinggi pula tingkat penjualan dan
berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah usaha. Begitu juga sebaliknya, jika
lokasi usaha yang dipilih tidak strategis maka penjualan pun juga tidak akan
terlalu bagus.
Untuk itu sebelum Anda
memulai sebuha usaha, pilih terlebih dahulu tempat usaha yang paling tepat
untuk pemasaran usaha Anda.
Lakukan riset dan
bandingkan beberapa pilihan tempat sebelum akhirnya Anda menentukan lokasi yang
paling strategis bagi usaha Anda.
Strategi Pemasaran Promosi
Kegiatan promosi
bisnis merupakan bagian dari strategi pemasaran yang sangat dibutuhkan sebuah
usaha, baik usaha kecil maupun usaha yang sudah berkembang besar.
Sebelum mengetahui
metode ataupun strategi promosi yang sering digunakan para pelaku bisnis, yang
dimaksud dengan promosi adalah kegiatan
pendukung strategi pemasaran yang sengaja diadakan untuk mengingatkan para
konsumen mengenai produk atau jasa dengan brand tertentu.
Strategi promosi
sering digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan permintaan atau
penjualan barang dan jasa yang ditawarkan, sehingga dapat meningkatkan laba
yang diperoleh.
Selain itu kegiatan
promosi juga memberikan kemudahan dalam merencanakan strategi pemasaran
selanjutnya, karena biasanya kegiatan promosi dijadikan sebagai cara
berkomunikasi langsung dengan calon konsumen.
Sehingga kita dapat
memperoleh informasi akurat dari para konsumen, mengenai respon produk yang
kita tawarkan. Berikut beberapa manfaat lain dari adanya kegiatan promosi
:
- Mengetahui produk yang diinginkan para konsumen.
- Mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan suatu produk.
- Mengetahui cara pengenalan dan penyampaian produk hingga sampai ke konsumen. Mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran.
- Mengetahui strategi promosi yang tepat kepada para konsumen.
- Mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasinya. Menciptakan image sebuah produk dengan adanya promosi.
Posting Komentar
Posting Komentar